Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Khas Portugal yang Sukses Bikin Ketagihan Sekali Coba

Kaya Protein! 

Portugal dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah, karena negara ini terletak di wilayah lautan dan samudera. Berbagai olahan ikan khas menjadi makanan yang wajib dicoba.

Terdapat berbagai menu yang sukses menggoyang lidah. Makanan ini juga mudah ditemukan di berbagai tempat makan yang tersebar di penjuru negeri. Berikut lima olahan ikan khas Portugal yang paling populer, kaya protein!

1. Bacalhau 

5 Olahan Ikan Khas Portugal yang Sukses Bikin Ketagihan Sekali Cobabacalhau (Instagram.com/gastronomiadojohn)

Bacalhau merupakan makanan yang berbahan dasar ikan kod. Jadi, selain bisa memanjakan lidah, juga kaya protein. Hidangan ini menjadi makanan pokok di Portugal. 

Cara pembuatannya yaitu, ikan kod asin direndam di dalam air. Kemudian ikan tersebut dapat dipanggang, digoreng, atau pun direbus.

2. Bacalhau à Brás 

5 Olahan Ikan Khas Portugal yang Sukses Bikin Ketagihan Sekali Cobabacalhau à brás (Instagram.com/_minnieeats_)

Bacalhau à brás merupakan hidangan sederhana yang terdiri dari kod asin yang dimasak dan diparut. Kemudian diberi tambahan kentang goreng, bawang, telur, dan zaitun. Kombinasi rasa dan tekstur yang lezat menghasilkan hidangan yang sangat memuaskan, sehingga membuatnya populer di seluruh negeri.

Makanan ini umumnya dihiasi dengan peterseli dan paling lezat saat disajikan dalam keadaan panas, dimana kentangnya masih renyah.

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Portugal Paling Populer, Teksturnya Lembut Banget!

3. Bacalhau Com Natas 

5 Olahan Ikan Khas Portugal yang Sukses Bikin Ketagihan Sekali Cobabacalhau com natas (Instagram.com/cozinhapraticadoleo)

Bacalhau com natas merupakan makanan khas Portugal paling terkenal yang berasal dari ikan kod asin. Makanan ini adalah kombinasi dari ikan kod yang direndam atau direbus dengan kentang goreng potong dadu. Kemudian bahan tersebut disiram dengan krim dan selanjutnya dipanggang sampai berwarna cokelat keemasan.

Hidangan ini sering kali ditambahkan dengan bawang bombay, saus béchamel sebagai pengganti krim, keju, white wine, dan berbagai rempah-rempah. 

4. Bacalhau Com Todos 

5 Olahan Ikan Khas Portugal yang Sukses Bikin Ketagihan Sekali Cobabacalhau com todos (Instagram.com/mercadonegro.to)

Bacalhau com todos merupakan hidangan yang biasanya disajikan pada saat makan malam. Tak hanya itu, hidangan ini juga seringkali muncul pada saat malam Natal. Makanan ini terdiri dari ikan kod yang direbus, irisan telur rebus, dan sayuran seperti wortel, kol, dan kentang.

Untuk menambah cita rasa, maka dibumbui dengan minyak zaitun, cuka putih dan bawang putih. Untuk hasil akhir, makanan ini dihiasi dengan peterseli cincang segar.

5. Bacalhau à Gomes de Sá

5 Olahan Ikan Khas Portugal yang Sukses Bikin Ketagihan Sekali Cobabacalhau à gomes de sá (Instagram.com/nicollicious_)

Bacalhau à gomes de sá merupakan olahan ikan yang secara tradisional disiapkan untuk setiap makan malam Natal di Portugal. Makanan ini terdiri dari ikan kod asin, kentang, dan bawang. Bahan-bahan utama tersebut kemudian diberi irisan telur rebus di atasnya dan dihias dengan zaitun dan peterseli cincang.

Hidangan populer ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat makan di negara ini.

Olahan ikan di Portugal terkenal dengan kelezatannya. Selain nikmat, makanan-makanan ini juga kaya protein yang tentu baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Portugal Berbahan Daging yang Lezatnya Menggoda!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya