Comscore Tracker

5 Pancake Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Susah Milih! 

Bisa jadi inspirasi menu sarapan pagimu 

Jenis pancake atau panekuk sangat beraneka ragam di seluruh dunia. Banyak negara-negara yang mempunyai ragam olahan pancake, salah satunya adalah India.

Pancake khas negara ini terkenal lembut dan juga mempunyai rasa yang lezat. Hidangan tersebut juga tersedia dalam banyak rasa, saus, dan topping yang membuatnya menjadi menu favorit bagi banyak orang. Berikut lima pancake khas India yang paling terkenal.

1. Appam

5 Pancake Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Susah Milih! appam (instagram.com/corner_to_discover)

Appam merupakan pancake yang mempunyai bentuk yang menyerupai mangkuk India. Makanan ini dibuat dengan adonan tepung beras dan santan. Appam biasanya menjadi menu untuk sarapan atau makan malam.

Makanan ini paling terkenal di Tamil Nadu, Sri Lanka, dan Kerala, di mana secara budaya makanan ini terkait dengan orang Kristen Suriah yang bernama Nasrani. Mereka memanggang appam di atas batu. Appam pun secara tradisional dinikmati dengan bumbu pedas seperti kari santan.

2. Dosa

5 Pancake Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Susah Milih! dosa (instagram.com/food_connoisseur107)

Dosa menjadi salah satu makanan India yang paling populer. Makanan ini dibuat dengan beras yang direndam dan kacang gram hitam. Bahan tersebut digiling menjadi pasta dan dikombinasikan untuk membuat adonan kental. Campurannya umumnya dibiarkan berfermentasi semalaman.

Camputan tadi kemudian ditambahkan dengan segenggam biji fenugreek yang memberikan warna cokelat keemasan yang khas dan tekstur renyah yang lezat pada adonan ini. Adonan lalu dipanggang di atas wajan panas. Setelahnya hidangan ini siap untuk disajikan.

Baca Juga: 5 Pancake Khas Eropa Timur yang Paling Terkenal, Bikin Susah Milih!

3. Kallappam

5 Pancake Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Susah Milih! kallappam (instagram.com/keralaruchi2015)

Kallappam merupakan pancake kelapa tradisional yang tak hanya terkenal di India, tapi juga di Sri Lanka. Hidangan ini terbuat dari campuran nasi mentah dan matang, santan, kelapa parut, ragi, bawang merah, gula, garam, dan biji jintan.

Secara tradisional, kallppam terbuat dari kallu yang merupakan anggur kelapa tuak atau fermentasi. Bahan ini dimanfaatkan sebagai bahan pengembang sebagai pengganti ragi.

Adonan selanjutnya digoreng dalam wajan dan tak memerlukan waktu lama. Kallappam paling nikmat saat disantap dalam keadaan yang hangat dengan kari ayam atau daging sapi yang dimasak dengan santan.

4. Malpua

5 Pancake Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Susah Milih! malpua (instagram.com/chef_withatattoo)

Pancake manis bisa menjadi makanan yang membuat mood booster di pagi hari. Salah satu menu yang bisa dicoba adalah malpua. Hidangan ini dibuat dengan menggoreng adonan tepung beras, susu kental, dan bisa pula ditambahkan dengan kapulaga untuk meningkatkan rasa.

Setelah mengalami proses penggorengan, malpua umumnya dicelupkan ke dalam sirup gula. Hidangan ini secara tradisional disajikan pada saat perayaan dan acara meriah dan paling terkenal ketika musim dingin dan selama Ramadan dan Holi.

5. Neer dosa

5 Pancake Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Susah Milih! neer dosa (instagram.com/thefatchickdiary)

Hidangan ini mendapatkan namanya dari kata "neer" yang berarti air dalam bahasa Tulu. Sementara itu, kata "dosa" mengacu pada pancake tipis tradisional India. Bagi yang bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja, maka bisa mencoba neer dosa yang terbuat dari adonan tepung beras, air, dan garam yang sangat tipis.

Neer dosa menggunakan adonan yang tidak difermentasi dan berair yang disebarkan dan dimasak di atas wajan panas yang telah diolesi minyak sebelumnya. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan kelapa parut segar atau santan. 

Pancake khas India di atas terkenal lembut dan juga rasanya tak kalah dari jenis pada umumnya. Kamu harus coba untuk menu sarapan yang lebih bervariasi, nih.

Baca Juga: 10 Ragam Saus Khas India, Ada Saus Kacang dan Tomat Juga Lho!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya