Comscore Tracker

5 Ragam Olahan Sup Khas Kolombia, Awas Bikin Lapar!

Rasanya menggoyang lidah

Kolombia merupakan salah satu negara yang berada di Amerika Selatan. Negara dengan pemandangan yang eksotis ini dikenal memiliki beragam kuliner yang kaya rasa. Banyak hidangan yang disuguhkan di negara tersebut, mulai dari hidangan pembuka hingga camilan.

Salah satu makanan khas yang kerapkali mencuri perhatian wisatawan adalah sup. Sup khas Kolombia memiliki beragam rasa yang sukses menggoyang lidah.

Tak hanya itu, 5 ragam oalahn sup khas Kolombia di bawah ini bahkan memiliki tampilan yang menggoda. Apa saja?

1. Sancocho

5 Ragam Olahan Sup Khas Kolombia, Awas Bikin Lapar!sancocho (instagram.com/danielacevedofotografo)

Sancocho merupakan sup ayam yang juga bisa dibuat dengan menggunakan ikan, pisang raja, daging sapi, atau babi. Sup yang berasal dari wilayah El Valle ini ditambahkan dengan kentang, jagung, dan pisang raja.

Sup ini umumnya disajikan berdampingan dengan nasi putih, saus aji pedas, dan irisan alpukat. Untuk menambah cita rasa, sup bisa ditambahkan dengan ketumbar segar, bawang bombai, dan perasan air jeruk nipis secara berurutan. Sup ini sangat mengenyangkan dan dapat juga menjadi hidangan utama.

2. Ajiaco

5 Ragam Olahan Sup Khas Kolombia, Awas Bikin Lapar!ajiaco (instagram.com/pnmejia)

Ajiaco merupakan makanan nasional Kolombia. Ajiaco merupakan sup ayam dan kentang beraroma dengan tambahan bumbu serta jagung. Dahulu, sup ini dianggap sebagai "hidangan orang miskin".

Kentang terbaik untuk pembuatan sup adalah menggunakan varietas kentang lokal, seperti sabanera lilin, papas criollas kecil, dan pastusa lembut. Kentang ini memberikan tekstur yang kental dan lembut pada hidangan akhir.

Baca Juga: 5 Sup Lezat Khas Myanmar, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!

3. Sopa de patacón

5 Ragam Olahan Sup Khas Kolombia, Awas Bikin Lapar!sopa de patacón (Instagram.com/zujidi13)

Sopa de patacón merupakan sup yang menjadikan pisang raja hijau yang dihancurkan sebagai bahan utamanya. Sebagai penambah, sup juga diberi kaldu sapi, minyak, bawang bombai, paprika, daun bawang, bawang putih, jinten, dan achiote.

Daun ketumbar cincang digunakan sebagai hiasan pada sup. Disarankan untuk menghidangkan sup ini dengan nasi putih dan alpukat yang sudah dipotong dadu di sampingnya.

4. Changua

5 Ragam Olahan Sup Khas Kolombia, Awas Bikin Lapar!changua (Instagram.com/ana_pinzon_food_stylist)

Changua merupakan sup tradisional yang umumnya dihidangkan sebagai menu sarapan. Dalam pembuatannya memerlukan air matang, susu, bawang hijau, ketumbar, peterseli, dan telur yang dipecah menjadi cairan saat dimasak. 

Sup ini menjadi favorit bagi penduduk di bagian pegunungan Kolombia yang lebih dingin. Hal ini karena secara tradisional, changua dikonsumsi untuk sarapan dan bisa membantu menghangatkan tubuh.

5. Mazamorra Chiquita

5 Ragam Olahan Sup Khas Kolombia, Awas Bikin Lapar!mazamorra chiquita (Instagram.com/soy_zebrastian)

Mazamorra chiquita merupakan sup tradisional Kolombia yang berasal dari departemen Boyacá. Dalam pembuatannya, memerlukan bahan-bahan, seperti iga sapi, babat, kacang lima, bawang merah, kacang hijau, jagung, bawang putih, lada, jinten, dan beberapa jenis kentang.

Sebelum dihidangkan, disarankan untuk menyesuaikan bumbu sesuai dengan selera masing-masing. Meskipun tergolong sup, namun makanan ini cukup mengenyangkan. 

Kolombia memiliki berbagai sup yang lezat yang sayang untuk dilewatkan. Kamu tertarik mencoba yang mana, nih?

Baca Juga: 9 Sup Khas Rumania yang Cocok Disantap Saat Hujan, Menggugah Selera!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya