Comscore Tracker

5 Ragam Rebusan Khas Iran yang Kelezatannya Tak Pernah Pudar 

Bumbunya meresap, bikin masakan makin sedap!

Menu rebusan bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh dan merilekskan badan. Iran adalah salah satu negara yang memiliki beragam pilihan rebusan yang siap memanjakan lidah.

Rebusan ini terbuat dari bumbu pilihan, sehingga membuatnya terasa begitu nikmat dengan aroma yang sedap. Berikut lima ragam rebusan khas Iran yang kelezatannya mengundang lapar.

1. Khoresh gheimeh

5 Ragam Rebusan Khas Iran yang Kelezatannya Tak Pernah Pudar khoresh gheimeh (instagram.com/urban_gate)

Khoresh gheimeh merupakan makanan yang dibuat dengan daging dan kacang kuning. Biasanya daging selalu menggunakan daging sapi atau domba.

Kemudian daging tersebut dipotong dadu. Di zaman modern ini, menggunakan dada ayam tanpa lemak menjadi variasi yang terbaru. Semua bahan lalu dikombinasikan dengan rempah-rempah tradisional seperti kunyit dan jeruk nipis kering.

2. Abgoosht

5 Ragam Rebusan Khas Iran yang Kelezatannya Tak Pernah Pudar abgoosht (instagram.com/myghosthost)

Abgoosht merupakana menu rebusan yang telah ada sejak zaman Persia Kuno. Makanan ini umumnya terbuat dari domba atau kambing, tapi terkadang menggunakan daging sapi dalam beberapa versi.

Tambahan lainnya adalah kentang, kacang-kacangan, dan beberapa rempah-rempah. Semua bahan lalu dimasak dalam kaldu yang memiliki aroma tomat. Abgoosht umumnya dihidangkan dalam dua bagian. Daging, sayuran, dan kacang-kacangan dikeluarkan dari kaldu dan dihidangkan secara terpisah.

Biasanya, kuah disantap terlebih dahulu selanjutnya diikuti dengan daging dan sayuran yang umumnya dihaluskan menjadi pasta bertekstur kasar. Abgoosht dapat dikonsumsi dengan nasi, sayuran segar, hingga roti.

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Iran yang Kelezatannya Mengundang Lapar 

3. Khoresh bāmieh

5 Ragam Rebusan Khas Iran yang Kelezatannya Tak Pernah Pudar khoresh bāmieh (instagram.com/the_slow_kitchen)

Khoresh bāmieh merupakan rebusan yang terbuat dari campuran daging sapi atau domba, pasta tomat, okra, bawang merah, bawang putih, tomat, minyak zaitun, kunyit, kayu manis, kaldu sapi, daun salam, garam, dan merica.

Menjelang proses akhir pemasakan, okra ditambahkan ke dalam panci dan dimasak sampai lunak. Khoresh bāmieh paling enak saat dihidangkan dalam keadaan hangat dan juga nasi disampingnya.

4. Khoresh

5 Ragam Rebusan Khas Iran yang Kelezatannya Tak Pernah Pudar khoresh (instagram.com/myghosthost)

Khoresh merupakan makanan yang biasanya terbuat dari daging seperti unggas, domba, atau sapi. Terkadang juga bisa menggunakan ikan, sayuran, dan lentil sebagai bahan utamanya. Meskipun terdapat banyak variasi, namun makanan ini memiliki tekstur yang kental dan saus yang sangat sedap.

Saus ini termasuk pasta tomat, rempah segar, atau kacang tanah. Rebusan beraroma ini seringkali disantap bersamaan dengan nasi safron dan sayur segar.

5. Ghormeh sabzi

5 Ragam Rebusan Khas Iran yang Kelezatannya Tak Pernah Pudar ghormeh sabzi (instagram.com/cooking.with.paris)

Ghormeh sabzi merupakan makanan yang dianggap sebagai hidangan nasional negara ini. Dalam pembuatannya, makanan ini memerlukan bahan, seperti kombinasi bumbu goreng, yang terbuat dari peterseli cincang, daun ketumbar, dan daun bawang.

Terdapat versi lain yang terbuat dari bahan-bahan seperti sayuran hijau yang mencakup daun bawang, kangkung, atau bayam. Bahan-bahan ini lalu dikombinasikan dengan kacang merah dan daging potong dadu untuk membuat rebusan menjadi kaya rasa dan bertekstur padat.

Rebusan khas Iran di atas dapat dinikmati ketika musim dingin atau musim hujan. Kelezatannya bikin tak berhenti kunyah lho!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya