Comscore Tracker

6 Makanan Nusantara yang Cocok untuk Vegetarian, Rasanya Enak!

Gak kalah enak sama olahan dagingnya, lho 

Terdapat beragam cara untuk memulai hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan menjadi vegetarian. Saat ini menu makanannya makin beragam dari hari ke hari dan mempunyai cita rasa yang tak kalah sedapnya.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi makanan berbahan sayuran dengan cita rasa khas Nusantara, 6 hidangan ini menarik untuk dicoba. Berikut makanan Indonesia yang cocok untuk kaum vegetarian!

1. Tempe orek

6 Makanan Nusantara yang Cocok untuk Vegetarian, Rasanya Enak!tempe orek (instagram.com/_melskitchen)

Tempe orek sering muncul sebagai menu untuk berbagai acara-acara di Indonesia. Namun juga seringkali menjadi menu andalan di rumah-rumah Indonesia.

Makanan ini dibuat dengan tempe yang telah dipotong kecil-kecil berbentuk kubus dan digoreng dengan kecap manis dan bahan-bahan seperti cabai, bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, lengkuas, air asam jawa, dan gula jawa.

Biasanya makanan ini paling umum dijadikan lauk yang didampingkan dengan nasi hangat. Tempe orek bisa juga menjadi lauk dari nasi uduk yang dapat dinikmati bersamaan dengan mi bihun, telur bumbu bali, dan buncis.

2. Pepes tahu

6 Makanan Nusantara yang Cocok untuk Vegetarian, Rasanya Enak!pepes tahu (instagram.com/nelzakitchen)

Pepes tahu biasanya digunakan sebagai lauk yang disantap dengan nasi hangat. Makanan ini dibuat dari tahu yang dibumbui, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Dalam proses pembuatannya, bahan yang diperlukan adalah tahu, daun pisang, daun bawang, bawang merah, bawang putih, gula, garam, dan cabai rawit.

Selain dikukus, pepes tahu ini juga bisa dipanggang untuk rasa yang lebih khas. Beberapa orang menambahkan bahan lainnya seperti jengkol dan tomat. Bahkan ada juga yang menambahkan dengan telur rebus utuh.

3. Tempe bacem

6 Makanan Nusantara yang Cocok untuk Vegetarian, Rasanya Enak!tempe bacem (instagram.com/mega_dingding)

Sesuai dengan namanya, tempe bacem menggunakan tempe sebagai bahan utamanya. Dalam proses pembuatannya, tempe direndam dalam santan, lengkuas, dan daun salam. Kemudian tempe direbus dengan bumbu dibuat dengan bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula aren, dan asam jawa.

Setelahnya, tempe digoreng dengan minyak panas. Namun jangan terlalu matang karena teksturnya akan menjadi kering atau renyah. Makanan ini dapat dihidangkan dengan cabai pedas atau nasi hangat.

Baca Juga: 7 Restoran Vegetarian di Bali, Sajikan Menu Sehat nan Lezat! 

4. Terong balado

6 Makanan Nusantara yang Cocok untuk Vegetarian, Rasanya Enak!terong balado (instagram.com/yolanlim)

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan dari terong balado? Makanan ini terkenal dengan kelezatannya yang bikin ketagihan.

Terong balado terbuat dari campuran terong dan saus cabai pedas yang disebut dengan balado. Biasanya terong yang digunakan adalah terong China karena teksturnya lebih lembut dari terong biasa.

Cara pembuatannya yaitu terong dipotong-potong, kemudian digoreng. Setelahnya ditumis dengan saus balado. Sementara itu, bahan-bahan pembuatan saus balado adalah kombinasi cabai merah, bawang merah, gula aren, air asam jawa, bawang putih, dan garam. 

5. Singkong goreng

6 Makanan Nusantara yang Cocok untuk Vegetarian, Rasanya Enak!singkong goreng (instagram.com/kyoto_cafeandkitchen)

Singkong goreng terbuat dari singkong, garam, bawang putih, ketumbar, minyak, dan air. Cara pembuatannya yaitu singkong diiris memanjang dan kemudian dikukus. Sementara itu, bawang putih ditumbuk.

Setelahnya singkong dicampur dengan air, garam, ketumbar, dan bawang putih yang sudah ditumbuh. Kemudian direndam sebentar. Lalu singkong digoreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan.

Makanan ini biasanya dimakan sebagai menu camilan atau digunakan sebagai lauk.

6. Kue nagasari

6 Makanan Nusantara yang Cocok untuk Vegetarian, Rasanya Enak!kue nagasari (instagram.com/luiskitchen2020)

Tak selalu makanan berat, vegetarian juga dapat memakan camilan khas Nusantara yang tak kalah enak. Camilan ini adalah kue nagasari.

Bahan-bahan untuk membuat jajanan tradisional ini adalah tepung beras, pisang matang, tepung tapioka, santan, ekstrak vanila, dan gula. Semua bahan tersebut dikombinasikan hingga membentuk adonan yang harus kental.  

Selanjutnya adonan dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dikukus. Setelahnya kue dapat dinikmati dalam keadaan yang hangat atau pada suhu kamar.

Banyak 'kan pilihan menu hidangan untuk vegetarian yang diambil dari masakan khas nusantara? Dengan begitu, gak perlu bingung deh menentukan pilihan untuk menjadi vegetarian!

Baca Juga: 5 Restoran Vegetarian Lezat di Tokyo, Dijamin Ketagihan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya