Comscore Tracker

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Selera

Bikin nambah terus!

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Spanyol, tapi tak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu menu yang menjadi andalan negara ini adalah appetizer yang mereka miliki.

Hidangan pembuka khas Spanyol ini terkenal akan rasanya yang khas dan juga nikmat. Jika tidak ingin mencoba hidangan yang itu-itu saja, kalian bisa mencoba beberapa menu asal Spanyol seperti 7 rekomendasi di bawah ini.

1. Rabas 

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Selerarabas (instagram.com/elantojo_ok3)

Rabas atau cumi goreng adalah hidangan pembuka yang cukup simpel. Hal ini karena hanya memerlukan bahan-bahan, seperti cumi, minyak zaitun, tepung, telur, garam, dan juga lemon dalam proses pembuatannya.

Makanan yang berasal dari pantai Cantabria ini dibuat dengan cara memotong cumi-cumi yang diolesi sedikit adonan atau dilapisi tepung sebelum digoreng hingga renyah sempurna.

Makanan ini paling enak disajikan saat dibumbui sedikit dengan garam dan juga jus lemon segar.

2. Gambas al ajillo

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Seleragambas al ajillo (instagram.com/brindisaspanishfoods)

Gambas al ajillo merupakan sajian pembuka Spanyol yang cukup terkenal. Menu ini terdiri dari udang yang ditumis dalam wajan, kemudian ditambahkan dengan bawang putih cincang, jus lemon, paprika, dan minyak zaitun.

Untuk hasil akhir bisa ditambahkan dengan peterseli cincang dan mendampingkannya dengan roti kering.

3. Patatas Bravas

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Selerapatatas bravas (instagram.com/tapasibiza)

Kentang pedas atau dalam bahasa Spanyol berarti patatas bravas merupakan hidangan tradisional yang bisa juga kamu cicipkan.

Hidangan satu ini menggunakan kentang sebagai bahan utama yang disiram dengan saus tomat pedas, bawang merah, bawang putih, bubuk cabai, dan paprika. 

Baca Juga: 6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!

4. Gambas à la Plancha 

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Seleragambas à la plancha (instagram.com/debarenbarri)

Gambas à la plancha merupakan sajian tradisional Spanyol yang cara pembuatannya memerlukan udang utuh yang dibumbui dengan garam.

Selanjutnya, udang tersebut dipanggang dengan cepat di atas wajan besi dengan menggunakan api besar. Perasan lemon atau air jeruk nipis bisa ditambahkan di atasnya. Sedangkan lada hitam adalah tambahan pilihan sesuai dengan selera pribadi.

5. Pinchitos 

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Selerapinchitos (instagram.com/gastrobirro)

Tak hanya Indonesia saja yang mempunyai sate. Ternyata, Spanyol juga mempunyai sate tusuk yang mempunyai rasa khas nan lezat. Sate tusuk atau dalam bahasa Spanyol berarti pinchitos ini cukup populer di negara ini.

Pinchitos merupakan hidangan Andalusia dengan pengaruh Moor yang terdiri dari potongan ayam atau domba yang diasinkan. Kemudian, ditusuk dan dipanggang di atas arang.

Untuk pengolahan daging umumnya dibumbui dengan rempah-rempah, seperti jintan, ketumbar, kayu manis, kunyit, dan paprika.

6. Albóndigas en salsa

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Seleraalbóndigas en salsa (instagram.com/productosladona_)

Albóndigas en salsa merupakan hidangan pembuka yang terdiri dari bakso dengan saus tomat yang kental. Daging bakso biasanya dibuat dengan daging sapi, remah roti, peterseli, telur, bawang putih, tepung, dan dengan bumbu pilihan.

Sementara untuk sausnya dibuat dengan cara mencampurkan bawang putih, bawang bombai, tomat, minyak zaitun, paprika, garam, dan kaldu.

7. Croquetas  

7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Seleracroquetas (instagram.com/momosfoodmadrid)

Croquetas merupakan gorengan tradisional Spanyol yang memerlukan bahan-bahan, seperti telur, tepung, tepung roti, ayam, serta tambahan saus behamel dalam proses pembuatannya.

Saus behamel sendiri bisa dibuat dengan cara mencampurkan bahan-bahan seperti susu, mentega, tepung, garam, dan lada hitam.

Spanyol mempunyai banyak hidangan pembuka yang simpel dan juga lezat. Selain itu, cara pembuatannya juga praktis. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: Resep Sosis Panggang Saus Maple, Appetizer yang Simpel Banget!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya