Comscore Tracker

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!

Sehat dan bikin awet muda, lho

Yunani merupakan salah satu negara Eropa yang tak hanya kaya akan peninggalan sejarahnya, namun juga tempat wisata yang terkenal menakjubkan. Selain itu, negara ini populer dengan beragam kulinernya yang sukses menggoyang lidah.

Salah satu kekayaan kuliner yang dimiliki oleh negara ini adalah salad. Berbagai macam salad bisa dinikmati di sini yang tentu selain menyehatkan. Tak hanya itu, salad khas Yunani juga mempunyai rasa yang khas dan lezat.

Lantas, apa saja salad khas Yunani yang dapat kamu cicipi kala berkunjung ke sana? Yuk, cari tahu 7 macamnya di bawah ini.

1. Salad yunani atau horiatiki

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!Salad yunani atau horiatiki (instagram.com/blogtasteaway)

Horiatiki merupakan makanan paling terkenal yang tak hanya menjadi favorit vegetarian, namun juga sebagian pecinta daging. Makanan ini umumnya terdiri dari tomat, zaitun, mentimun, bawang, dan keju feta.

Kemudian, agar menambah cita rasa dibumbui dengan garam, oregano, minyak zaitun, cuka, dan terkadang jus lemon. Terlihat segar, kan?

2. Salad kubis dan wortel atau lahanosalata me karoto

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!Lahanosalata me karoto (instagram.com/kouzounaskitchen)

Lahanosalata merupakan salad yang biasanya dihidangkan saat musim dingin tiba. Hal tersebut karena penduduk lokal cenderung makan sesuai musim.

Umumnya, kubis menjadi menu utama selama musim dingin. Oleh karena itu, varian coleslaw tanpa saus krim ini sangat lezat. Untuk pembuatannya, salad ini menggunakan kubis dan wortel parut, minyak zaitun, jus lemon, garam, serta merica.

3. Dakos

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!Dakos (instagram.com/charlotte_collard)

Dakos atau juga populer disebut koukouvayia ini merupakan salad yang terbuat dari irisan rusk gandum yang dibasahi dengan tomat cincang atau parut, mizithra yang dihancurkan, dan minyak zaitun. makanan ini adalah makanan yang enak dan sehat karena bisa memberi tubuh kamu cukup asupan serat dan antioksidan.

Baca Juga: 5 Resep Salad Tradisional Khas Indonesia, Cocok untuk Sarapan

4. Mermizeli

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!Mermizeli (instagram.com/fitokuchnia)

Mermizeli adalah salad yang menggunakan bahan sejenis rusuk barley bundar lokal yang disebut krithini kouloura sebagai dasarnya.

Umumnya, keripik barley akan sedikit dilunakkan dalam air dan dirobek menjadi potongan-potongan kecil sebelum dicampur dengan tomat cincang halus, bawang bombai, krim keju atau feta, dan banyak minyak zaitun.

Untuk menambah cita rasa, biasanya salad akan ditambahkan bahan-bahan yang lainnya, seperti irisan sardeles yunani, caper, zaitun, mentimun, dan oregano atau throumbi.

5. Pantzarosalata

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!Pantzarosalata (instagram.com/2lovecooking)

Pantzarosalata menggunakan bit sebagai bahan utama dalam salad yang memiliki warna merah muda ini. Bit yang sudah dimasak akan dilapisi dengan saus berbahan dasar yoghurt atau pilihan lainnya yang hanya dibumbui dengan cuka.

Hasil akhir salad bisa terlihat dalam bentuk krim, atau sebagian salad biasanya terlihat dengan bit yang dipotong dadu.

Hidangan ini secara tradisional dihidangkan dengan menggunakan hiasan kenari utuh, dibelah dua, atau dihancurkan.

6. Tonosalata

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!Tonosalata (instagram.com/aroidxtian)

Tonosalata merupakan salad tuna yang mempunyai cita rasa khas Yunani. Bahan-bahan yang diperlukan adalah potongan tuna yang kemudian ditambahkan dengan beberapa macam sayuran yang dipotong dadu.

Hidangan ini juga bisa ditambahan dengan caper, zaitun, dan rempah-rempah lainnya. Salad ini bisa dilapisi dengan saus krim atau hanya dibumbui dengan minyak zaitun serta jus lemon.

7. Patatosalata

7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!Patatosalata (instagram.com/tillysgram)

Patatosalata merupakan salad kentang khas Yunani yang serbaguna dan dapat dijadikan pelengkap beragam hidangan Yunani. Umumnya, salad ini berisikan potongan kentang seukuran gigitan besar yang dilapisi saus beraroma yang terbuat dari minyak zaitun, mustard, yoghurt, atau mayones.

Penikmat salad ini bisa menambahkan beberapa tambahan bahan, seperti sayuran, telur rebus, zaitun, dan herba segar seperti dill atau peterseli. Jus lemon dianggap sebagai bahan yang cukup penting dalam setiap salad yang menggunakan kentang, karena memberikan kesegaran yang diperlukan. 

Yunani mempunyai banyak salad yang bisa dinikmati saat berkunjung kesana. Selain itu, jika tak memungkinkan mengunjungi negara ini, sebagian besar salad bisa mudah untuk dibuat di rumah. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 9 Fakta Urnebes, Salad Khas Serbia yang Mirip Sambal Kacang Indonesia

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya