Comscore Tracker

5 Aneka Olahan Daging Khas Nepal, Nikmatnya Bikin Lidah Berdansa 

Rasanya yang unik bisa bikin ketagihan

Ketika berlibur ke Nepal, tentu kamu wajib mencicipi aneka ragam hidangan khas yang menjadi andalannya. Salah satu makanan khas yang paling diburu oleh wisatawan adalah olahan dagingnya.
 
Makanan berbahan daging khas Nepal terkenal lezat dan menggoyang lidah. Terdapat berbagai varian hidangan dari daging yang dapat dinikmati sambil menghabiskan waktu liburan.

Berikut 5 sajian berbahan daging khas Nepal yang bisa dicoba oleh pencinta daging.

1. Choila

5 Aneka Olahan Daging Khas Nepal, Nikmatnya Bikin Lidah Berdansa choila (instagram.com/khurpa.production)

Choila merupakan makanan nikmat yang menjadikan daging sebagai bahan utamanya. Daging ini bisa berupa kerbau, ayam, atau kambing. Kemudian bahan-bahan pendukung lainnya adalah cabai hijau dan merah, serta rempah-rempah seperti kunyit dan biji fenugreek.

Choila mempunyai ciri khas rasa pedas dan umumnya menjadi lauk untuk nasi tumbuk. Biasanya makanan ini juga diberi hiasan yang berupa daun seledri dan daun bawang. 

2. Sekuwa

5 Aneka Olahan Daging Khas Nepal, Nikmatnya Bikin Lidah Berdansa sekuwa (instagram.com/sazufooddiary)

Sekuwa merupakan makanan khas Nepal yang dapat dibuat dengan pilihan daging domba, ayam, babi, atau kambing. Kemudian daging ditusuk dan mengalami proses pemanggangan. Sebelum dipanggang, dagingnya terlebih dahulu dibumbui dengan rempah segar.

Sekuwa berhasil menjadi salah satu street food paling terkenal di negara ini dan umumnya dihidangkan dengan nasi tumbuk dan acar tomat.

Baca Juga: 5 Fakta Yomari, Pangsit Manis Khas Nepal Berbentuk Ikan

3. Haku choila

5 Aneka Olahan Daging Khas Nepal, Nikmatnya Bikin Lidah Berdansa haku choila (instagram.com/bhintunathamel)

Ingin mencoba daging kerbau khas Nepal? Jika tertarik, kamu bisa mencicipi haku choila. Ini adalah hidangan tradisional  yang terbuat dari campuran daging kerbau, daun bawang, bawang putih, jahe, cabai, minyak mustard, ketumbar, jintan, fenugreek, garam, dan jerami gandum.

Cara pembuatannya yaitu daging dipotong-potong panjang. Kemudian dipanggang di atas api terbuka lalu dipotong-potong kembali menjadi ukuran yang lebih kecil. Selanjutnya dicampur dengan sisa bahan dan dihidangkan selagi panas. 

4. Kachilā

5 Aneka Olahan Daging Khas Nepal, Nikmatnya Bikin Lidah Berdansa kachilā (instagram.com/the.newars)

Hidangan kachilā terbuat dari daging kerbau yang masih mentah, ayam, atau domba. Kemudian dagingnya dicincang dan dikombinasikan dengan bawang putih, ketumbar, cabai, garam, dan biji fenugreek yang digoreng dengan minyak kunyit.

Fenugreek dan kunyit lalu disiramkan di atas daging dan rempah-rempah. Kemudian hidangan ini diberi hiasan yang berupa ketumbar dan bawang putih.

Kachilā bisa dinikmati bersamaan dengan roti.

5. Sukuti

5 Aneka Olahan Daging Khas Nepal, Nikmatnya Bikin Lidah Berdansa sukuti (instagram.com/mr.foodio_foodie)

Domba menjadi hidangan favorit di berbagai negara. Salah satunya adalah Nepal dengan makanan khasnya yang bernama sukuti. Sajian ini dibuat dengan daging domba kering yang dipotong tipis-tipis dan direndam dalam bumbu yang berupa jinten, kunyit, lada hitam, ketumbar, cabai, dan jahe, bawang putih, dan pasta bawang merah.

Sukuti bisa disantap apa adanya, namun juga dapat direbus dan dibumbui dan dihidangkan sebagai makanan pembuka atau camilan. Beberapa penikmatnya menambahkan acar, kari, atau mi untuk memperkaya rasa.

Ternyata, Nepal memiliki aneka olahan daging yang menggugah selera. Kamu tertarik mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 10 Pesona Kampung Nepal Van Java, Dijamin Bikin Mata Terpana! 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya