Comscore Tracker

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! 

Memanjakan lidah banget lho rasanya

Bakso mempunyai popularitas yang luar biasa di Asia. Hal tersebut membuat banyak negara mempunyai hidangan khas berupa bakso. Setiap bakso dari negara-negara tersebut tentu lezat dan menggugah selera.

Namun dari kesekian bakso enak tersebut, ternyata terdapat sepuluh bakso paling populer di Asia yang tentu membuat siapapa pun menjadi penasaran. Yuk, simak artikel berikut! 

1. Köfte

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! köfte (Instagram.com/mrs_irini)

Köfte merupakan bakso goreng yang berasal dari Turki. Bakso ini terbuat dari daging sapi giling atau domba, bawang putih, bawang bombai, pasta tomat, remah roti, bulgur, dan telur. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat.

2. Bakso Goreng

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! bakso goreng (Instagram.com/christabellenanetta)

Bakso goreng merupakan jajanan renyah yang berasal dari Indonesia. Bahan-bahab yang digunakan dalam pembuatannya adalah kombinasi ayam, sapi, ikan, udang, dan babi, atau salah satunya. Cara pembuatannya yaitu, daging giling dicampur dengan merica, bawang putih, minyak wijen, tepung, telur, pati, gula, dan garam.

Kemudian campuran tersebut digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Bagian luar bakso terasa renyah. Biasanya bakso akan dihidangkan dalam keadaan panas dengan saus cabai di sampingnya.

3. Bún Chả

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! bún chả (Instagram.com/make.happyy)

Bún chả merupakan makanan yang berupa daging babi dan mie yang berasal dari Vietnam. Bahan-bahan pembuatan bakso adalah babi panggang yang disajikan dalam kaldu dingin, bihun, daun perilla, selada, ketumbar, dan morning glory.

4. Lion's Head

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! ilustrasi kepala singa, salah satu bakso asal Cina (Instagram.com/wenhocanada)

Lion's head merupakan salah satu bakso paling populer di Tiongkok. Bakso ini terdiri dari bakso babi besar yang direbus dengan mie dan sayuran seperti kubis.

5. Kufteh Tabrizi

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! kufteh tabrizi (Instagram.com/chefshawnpanah)

Kufteh tabrizi merupakan bakso yang berasal dari Iran dengan ukuran yang besar. Bakso ini terbuat dari daging giling, kacang polong kuning, nasi, dan berbagai bumbu dan rempah segar.

Bakso ini mempunyai isi yang terdiri dari kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan terkadang telur rebus utuh.

Baca Juga: 5 Warung Spesial Bakso Jumbo di Jogja, Manjakan Lidah!

6. Kadınbudu Köfte

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! kadınbudu köften (Instagram.com/yildizlarsofrasi)

Kadınbudu köfte merupakan bakso yang berasal dari Turki. Bakso ini terbuat dari daging giling atau domba, nasi, bawang, telur, tepung, minyak, dan berbagai rempah-rempah. 

Bakso yang sudah dilumuri tepung dan telur yang sudah dikocok, digoreng dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan. Pada bagian dalam, daging harus tetap dalam keadaan yang empuk.

7. İnegöl Köfte

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! İnegöl köfte (Instagram.com/hamaratthatun)

İnegöl köfte adalah bakso Turki yang paling terkenal. Bahan pembuatan bakso mencakup remah roti dan campuran daging giling atau domba yang dibumbui hanya dengan bawang.

8. İzmir Köfte

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! İzmir köfte (Instagram.com/istanbul_shokudo)

İzmir köfte merupakan bakso yang berasal dari Turki. Bakso ini dibuat dengan daging giling, bawang, tepung, roti sisa, dan telur. Kemudian adonan tersebut dibumbui dengan berbagai rempah-rempah yang mencakup paprika merah, jinten, lada hitam, dan mint.

9. Bola-bola

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! bola-bola (Instagram.com/isangskitchen)

Bola-bola merupakan bakso yang berasal dari Filipina. Bakso ini terbuat dari daging sapi giling atau babi. Kemudian daging dicampurkan dengan bawang putih, bawang bombay, telur, kecap, dan berbagai bumbu. 

Biasanya bakso dijadikan sebagai menu utama yang disajikan bersama dengan saus asam manis, saus tomat, atau saus kari.

10. Beef Ball

10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! beef ball (Instagram.com/foodiswhyiexercise)

Beef ball atau bola daging sapi merupakan hidangan khas Tiongkok. Bakso dibuat dengan cara daging sapi yang ditumbuk halus.

Tendon kecil di setiap bola akan larut selama proses memasak yang lambat. Karena daging dalam bakso sapi dihaluskan dan tidak digiling, hal tersebut menghasilkan tekstur yang jauh lebih halus daripada bakso biasa.

Bakso yang mana nih yang sudah buat kalian penasaran dengan rasanya?

Baca Juga: Resep Bakso Tempe Tanpa Daging yang Enak, Cocok buat Vegetarian

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya