Comscore Tracker

Bikin Ngiler, 5 Dessert ala Malta Ini Terkenal Lezat Banget!

Kalau liburan ke Malta, jangan lupa dicoba ya

Malta adalah salah satu negara yang terletak di Eropa. Negara ini mempunyai pemandangan yang cantik karena dikelilingi oleh lautan. Negara dengan ibu kota Valletta ini terkenal mempunyai berbagai makanan khas yang sukses menggoyang lidah. 

Pengunjung bisa memilih sajian beberapa makanan yang lezat dan nikmat. Salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang adalah makanan penutup. Makanan ini sebagian besar memiliki rasa yang manis dan sukses membuat ketagihan.

Berikut lima dessert ala Malta yang terkenal lezat abis!

1. Buche de Nöel

Bikin Ngiler, 5 Dessert ala Malta Ini Terkenal Lezat Banget!Instagram.com/freakyblond

Buche de Nöel atau yang populer disebut log natal tradisional yang umum disajikan saat perayaan Natal. Bentuknya yang unik menyerupai log kayu menjadi daya tarik tersendiri. Di negara ini, kue mempunyai tekstur krispi yang menyerupai biskuit.

Untuk pembuatannya, kue ini membutuhkan regal yang dihancurkan terlebih dahulu, selanjutnya ditambahkan dengan kacang, susu kental, dan ceri. Adonan dibentuk menjadi gulungan yang kemudian disiram dengan cokelat yang meleleh. 

2. Kannoli

Bikin Ngiler, 5 Dessert ala Malta Ini Terkenal Lezat Banget!Instagram.com/foodblog.mt

Kannoli dapat dijadikan sebagai makanan penutup atau disantap menjadi makanan ringan. Meskipun tergolong makanan tidak berat, namun makanan ini dapat mengganjal perut saat lapar melanda. Makanan manis ini berupa ricotta yang menjadi isi dari roti kering yang mengalami proses penggorengan.

Untuk menambah tampilan kue agar lebih menarik, biasanya isi dari kue dapat lebih bervariatif seperti diisi dengan gula halus, kacang-kacangan, hingga krim lembut.

Baca Juga: 5 Hidangan dari Malta yang Unik dan Bikin Penasaran, Ada Daging Kuda!

3. Kwareżimal

Bikin Ngiler, 5 Dessert ala Malta Ini Terkenal Lezat Banget!Instagram.com/one.bite.at.a.time.malta

Kwareżimal ini umumnya disajikan sebelum perayaan Paskah karena banyak penduduk asli Malta yang melakukan puasa. Kue ini membutuhkan bahan-bahan seperti kacang almond, madu, tepung, gula, dan kulit jeruk. 

Kue lezat ini mempunyai tekstur yanh mirip dengan biskuit yang renyah. Warnanya yang cokelat dengan taburan kacang-kacangan, tentu membuat siapapun tergoda untuk mencobanya.

4. Timpana

Bikin Ngiler, 5 Dessert ala Malta Ini Terkenal Lezat Banget!Instagram.com/omgfoodmalta

Timpana umumnya disajikan saat Natal tiba, namun tetap bisa dengan mudah dijumpai di toko-toko kue. Untuk pembuatannya memerlukan tomat, macaroni, keju, telur, dan daging cincang. Makanan ini mengalami proses pemanggangan yang membuat warna pada kue menjadi cokelat keemasan yang menggoda.

5. Gagħaq tal-għasel

Bikin Ngiler, 5 Dessert ala Malta Ini Terkenal Lezat Banget!thetastetrail.com

Gagħaq tal-għasel juga bisa disebut sebagai cincin madu yang membutuhkan vanili, lemon, rempah-rempah, gula, jeruk, hingga selai dalam pembuatannya. Madu sendiri memberikan rasa yang manis pada kue. 

Dessert ini bisa mudah ditemui ketika musim karnaval dan saat Natal. Namun juga tetap bisa dibeli kafe atau toko roti sepanjang tahun. 

Malta mempunyai makanan penutup yang lezat dan menggugah selera. Hidangan ini juga mempunyai rasa yang autentik yang tentu saja makin membuat wisatawan penasaran. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesona

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya