Comscore Tracker

5 Dessert Es Krim Asal Italia, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Italia tak hanya terkenal dengan pastanya saja

Italia adalah salah satu negara yang terkenal akan kulinernya yang lezat dan nikmat. Bahkan beberapa makanannya sudah mendunia. Beragam kuliner bisa dinikmati di sini, mulai dari es krim, salad, cokelat, keju, sup, hingga olahan daging.

Salah satu makanan yang populer dan mencuri perhatian adalah es krimnya. Es krim khas Italia beraneka ragam dengan aneka rasa yang menggoyang lidah. Berikut lima dessert es krim asal Italia, nikmatnya bikin ketagihan!

1. Gelato Al Pistacchio

5 Dessert Es Krim Asal Italia, Nikmatnya Bikin Ketagihan!gelato al pistacchio (Instagram.com/campaniafoodgirl)

Gelato al pistacchio merupakan salah satu rasa paling populer dari gelato Italia. Bahan-bahan pembuatan es krim antara lain susu, krim, telur, dan gula. Es krim ini memiliki tekstur dasar yang padat dan lembut.

Es krim ini dapat dinikmati dengan tambahan beragam topping, seperti almon, buah-buahan, serpihan cokelat. Dessert es krim ini tentu membuat mulut menjadi segar.

2. Gelato Cioccolato

5 Dessert Es Krim Asal Italia, Nikmatnya Bikin Ketagihan!gelato cioccolato (Instagram.com/paradiso_del_gelato)

Gelato cioccolato menjadikan krim, gula, dan susu sebagai bahan utamanya. Dalam proses pembuatannya, gelato diaduk dengan kecepatan rendah agar memiliki tekstur yang padat dan lembut, serta warna coklat tua yang kaya.

Untuk menambah cita rasa, biasanya es krim ini diberi tambahan topping seperti serpihan cokelat, kacang-kacangan, hingga buah-buahan.

3. Affogato

5 Dessert Es Krim Asal Italia, Nikmatnya Bikin Ketagihan!affogato (Instagram.com/sprudge)

Affogato otentik menggabungkan segelas espresso yang baru diseduh dan juga satu sendok vanilla atau fior di latte gelato. Affogato mempunyai arti tenggelam. Hal tersebut mengacu pada proses persiapan di mana espresso dituangkan dengan di atas satu sendok gelato.

Banyak variasi dari es krim ini yang bisa juga di beri campuran almond dan biscotti yang dihancurkan. Es krim ini dapat menjadi dessert lezat nan nikmat. 

Baca Juga: 5 Aneka Dessert Berbahan Greek Yoghurt untuk Ide Dessert di Rumah

4. Gelato Alla Vaniglia

5 Dessert Es Krim Asal Italia, Nikmatnya Bikin Ketagihan!gelato alla vaniglia (Instagram.com/gastroguru)

Gelato alla vaniglia merupakan gelato klasik yang memerlukan bahan-bahan seperti susu, krim, telur, dan gula yang diperkaya dengan rasa vanilla bean. Gelato ini dicirikan dengan teksturnya yang kental dan lembut. Gelato ini sering disajikan bersama kacang, buah, atau bahan lain untuk menciptakan rasa baru.

Walaupun salah satu jenis gelato asli, kenikmatan berbahan dasar vanilla beku ini tetap menjadi salah satu rasa gelato paling populer.

5. Stracciatella

5 Dessert Es Krim Asal Italia, Nikmatnya Bikin Ketagihan!stracciatella (Instagram.com/kathie.bielich)

Stracciatella merupakan gelato yang memerlukan bahan-bahan seperti susu, krim, dan gula, serta potongan cokelat yang diaduk di dalam campurannya dalam pembuatannya. Gelato ini awalnya ditemukan pada tahun 1962 di Ristorante La Marianna di Bergamo oleh Enrico Panattoni.

Gelato ini dicirikan oleh teksturnya yang halus dan sedikit crunch. Namanya berasal dari bahasa Italia stracciare, yang berarti merobek atau mencabik-cabik.

Italia mempunyai beragam es krim dengan rasa yang lezat. Es krim ini sangat cocok dihidangkan sebagai makanan penutup yang mampu menyegarkan mulut. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya