Comscore Tracker

5 Dessert Khas Islandia yang Bikin Kamu Gagal Diet, Cobain Yuk!

Siap-siap kalap ya

Islandia adalah salah satu negara yang mempunyai beragam makanan ekstrem, seperti hakarl yang merupakan fermentasi hiu, svið yang merupakan makanan berupa kepala kambing atau domba yang mengalami proses pemanggangan, hingga sviðasulta yang merupakan jeli dari kepala ikan.

Siapa sangka di balik beragam makanan ekstrem tersebut, ternyata negara ini mempunyai makanan penutup yang manis dan juga menggugah selera. Makanan ini juga memiliki tampilan yang cantik.

Berikut lima dessert khas Islandia yang bikin kamu gagal diet. Cobain yuk!

1. Kue keju Islandia

5 Dessert Khas Islandia yang Bikin Kamu Gagal Diet, Cobain Yuk!Instagram.com/summer_jewel

Biasanya, dessert di Islandia kebanyakan terbuat dari bahan-bahan populer yang khas asal negara ini seperti skyr yang merupakan produk susu yang berupa keju namun mirip dengan yoghurt kental dan rjómi yang merupakan krim kental. 

Sekarang ini, skyr dibuat secara eksklusif dari susu sapi dan umumnya dihidangkan dengan blueberry yang lezat dan bahan dasar biskuit yang mirip dengan kue keju.

2. Kue meringue

5 Dessert Khas Islandia yang Bikin Kamu Gagal Diet, Cobain Yuk!Instagram.com/pakchoisopot

Skyr yang begitu populer juga menyajikan hidangan penutup perayaan paling populer di Islandia yaitu kue meringue yang mempunyai lapis ganda dengan yoghurt kental dan topping beragam seperti buah berry, mangga, kiwi, hingga potongan cokelat.

Baca Juga: 5 Kudapan Manis dan Gurih Asal Islandia Ini Menggugah Selera Abis!

3. Hjónabandssaela

5 Dessert Khas Islandia yang Bikin Kamu Gagal Diet, Cobain Yuk!heneedsfood.com

Hjónabandssaela adalah kue pernikahan yang bahagia asal Islandia yang juga tak kalah populer yang dipercaya merupakan rahasia pernikahan yang tahan lama di Islandia.

Kue ini menggunakan oatmeal dan tepung di bagian dasarnya dan biasanya diisi dengan selai rhubarb, yaitu bahan yang umumnya banyak digunakan sebagai makanan penutup Islandia.

4. Es krim roti gandum hitam dengan sirup rhubarb

5 Dessert Khas Islandia yang Bikin Kamu Gagal Diet, Cobain Yuk!Instagram.com/sunshine_shawnee

Roti gandum hitam adalah salah satu makanan pokok penduduk Islandia. Roti ini mengalami proses pengukusan di dalam panci dengan suhu rendah dengan waktu yang cukup lama.

Sekarang roti ini dimakan dengan menggunakan es krim yang disajikan dengan sirup rhubarb yang tentu sangat menggugah selera di kala musim panas tiba.

5. Kue cokelat kematian

5 Dessert Khas Islandia yang Bikin Kamu Gagal Diet, Cobain Yuk!Instagram.com/robyndunlopcomedy

Penduduk Islandia sangatlah menyukai cokelat dan orang-orang mulai menyajikan olahan cokelat sebagai makanan penutup yang manis.

Meskipun bernama kue cokelat kematian, namun kue ini sangatlah enak dan umumnya dinikmati dalam porsi kecil. Kue ini menggunakan bahan-bahan seperti cokelat, kopi, gula, mentega dan telur, serta tepung almond sebagai pengganti tepung.

Islandia mempunyai banyak makanan penutup yang lezat dan nikmat. Dari tampilannya saja sudah sangat menggugah selera. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 9 Fakta Skyr, Keju Asal Islandia yang Mirip Yoghurt Yunani

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya