Comscore Tracker

5 Dessert Khas Valencia-Spanyol, Sajian Manis Pembangkit Mood!

Bagi pencinta manis, yuk merapat!

Kamu yang penggemar dessert, mungkin sedang mencari inspirasi menu baru. Oleh karena itu, kamu dapat mencoba beragam dessert yang berasal dari Valencia-Spanyol. 

Dessert yang berasal dari kota yang indah ini mempunyai rasa nikmat yang tak akan mengecewakan. Di antaranya juga dapat dinikmati dengan kopi atau cokelat panas. Berikut lima dessert asal Valencia-Spanyol yang bisa jadi mood booster.

1. Turrón de jijona

5 Dessert Khas Valencia-Spanyol, Sajian Manis Pembangkit Mood!turrón de jijona (instagram.com/platosfaciles)

Turrón de jijona merupakan kue lezat yang terbuat dari almond, madu, gula, dan putih telur. Kue ini mempunyai warna cokelat muda dengan bintik-bintik yang berupa potongan almond kecil. Semua bahan lalu dimasak, diubah menjadi pasta, dan kemudian dimasak kembali. Campuran ini selanjutnya dituangkan ke dalam cetakan sampai mengeras. 

Turrón de jijona juga dapat dibuat dengan beberapa jenis madu, seperti madu rosemary dan jeruk. Terkadang, ditambahkan pula almon yang berasal dari daerah Mediterania.

2. Fartons

5 Dessert Khas Valencia-Spanyol, Sajian Manis Pembangkit Mood!fartons (instagram.com/mariaoncloudnine)

Kue bolu bisa menjadi menu dessert yang nikmat. Salah satu yang bisa dicoba adalah fartons. Kue bolu berbentuk batangan manis ini terbuat dari campuran tepung, gula, air atau susu, minyak, ragi, dan telur yang kemudian diberi lapisan gula.

Fartons umumnya dicelupkan ke dalam orxata. Namun juga dapat dinikmati dengan minuman lain seperti kopi atau cokelat panas.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Khas Spanyol, Ide Menu Makan Spesial

3. Peladillas

5 Dessert Khas Valencia-Spanyol, Sajian Manis Pembangkit Mood!peladillas (instagram.com/clarabel_bcn)

Peladillas adalah makanan yang berupa kacang almon panggang yang dibungkus dengan lapisan gula keras. Terdapat pula varian yang terbuat dari kacang pinus yang disebut pinones. Makanan ini digambarkan dengan tekstur yang renyah dengan rasa yang manis dan pedas.

Dessert ini mempunyai beragam warna dan yang paling umum adalah biru, kuning, dan putih. Peladillas dihidangkan selama perayaan Natal di Spanyol.

4. Arnadí

5 Dessert Khas Valencia-Spanyol, Sajian Manis Pembangkit Mood!arnadí (instagram.com/forndelmoreno)

Arnadí adalah dessert yang secara tradisional disiapkan selama Pekan Suci di Valencia. Kue lezat ini menampilkan labu, almond, gula, dan kulit lemon. Beberapa orang juga menggantinya dengan kacang pinus dikombinasikan dengan almond atau ubi jalar yang dikombinasikan dengan labu. Adonan kemudian dipanggang dengan menggunakan api kecil selama sekitar dua jam.

Dessert manis ini kabarnya sulit dijumpai di luar Valencia, meski sangat terkenal di desa Xativa.

5. Pastissets

5 Dessert Khas Valencia-Spanyol, Sajian Manis Pembangkit Mood!pastissets (instagram.com/flavorcook)

Pastissets merupakan kue gula bubuk Spanyol yang terbuat dari campuran lemak babi, mentega, gula, kuning telur, tepung, kayu manis, dan kulit lemon parut. Adonan kemudian digulung dan dipotong menjadi bentuk yang diinginkan dan selanjutnya dipanggang hingga berubah warna menjadi keemasan. Ketika kue sudah dingin, kemudian kue diberi taburan yang berupa gula icing.

Kue ini disarankan untuk dihidangkan pada saat sore hari dengan ditemani oleh secangkir teh di sampingnya.

Dessert manis khas Valencia di atas mempunyai tampilan yang menggoda iman. Dari kesekian hidangan lezat tersebut, mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 6 Pantai Indah di Tenerife-Spanyol yang Cocok untuk Healing

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya