Comscore Tracker

5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!

Banyak yang bisa dibuat di rumah, lho

Salah satu kuliner yang diburu oleh wisatawan dan jadi favorit penduduk Estonia adalah dessert. Makanan pencuci mulut ini juga memiliki beraneka rasa yang khas dan juga menggugah selera. Sebagian besar dari mereka sangat cocok bagi pecinta manis.

Selain itu, banyak diantara mereka yang bahan-bahannya mudah dicari dan juga cara pembuatannya juga mudah dilakukan di rumah.

Berikut lima dessert lezat khas Estonia yang rasanya bikin nagih.

1. Vastlakukkel 

5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!instagram.com/kohviknop

Vastlakukkel adalah kue yang dibuat dari roti gandum yang di dalamnya terdapat krim kocok yang menambah kelezatan kue. Hal yang menarik, biasanya kue ini dihidangkan ketika Shrove Selasa, yang mana saat itu merupakan hari libur saat bulan Februari tiba.

Kue ini memiliki bahan-bahan seperti susu, ragi, gula pasir, telur, mentega, garam, kapulaga, dan juga tepung yang pastinya bahan tersebut mudah ditemukan dan juga cara pembuatannya pun mudah. Bisa dibuat di rumah, lho!

2. Leivasupp 

5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!instagram.com/setotsaimaja

Leivasupp adalah makanan sejenis sup yang umum dihidangkan sebagai makanan penutup. Hidangan ini umumnya dibuat dengan menggunakan roti gandum hitam padat yang menjadi favorit penduduk Estonia. Biasanya untuk menambah cita rasa, ditambahkan krim susu atau krim asam di atas sup. 

Untuk membuat kue ini cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan roti halus, apel, cranberry, gula, kismis, jus lemon, dan juga bubuk kayu manis. 

Baca Juga: Resep Sup Dumpling Khas Estonia yang Nikmatnya Melekat Banget!

3. Kringel 

5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!instagram.com/caiscakes

Kringel merupakan jenis makanan pencuci mulut yang memiliki cita tasa yang kaya akan rempah dan juga manisnya bikin kalian ingin terus mencobanya. Makanan ini juga cocok buat camilan karena tak terlalu mengenyangkan saat disantap. 

Selain itu, kue ini juga merupakan kue khas Estonia yang dibumbui dengan kapulaga dan kayu manis yang mengalami proses pemanggangan. Biasanya kue ini ada saat perayaan ulang tahun dan perayaan lainnya.

4. Mannavaht

5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!eleven.ee

Mannavaht adalah makanan penutup berbentuk krim yang terbuat dari semolina. Semolina sendiri adalah tepung yang mempunyai butiran tidak halus yang asalnya dari durum wheat.

Namun, krim ini bisa juga dibuat dari berbagai buah-buahan segar. Penyuka manis wajib mencoba hidangan lezat ini.

Bahan-bahan lainnya untuk menambah cita rasa antara lain, campuran minuman kental dari jus apel alami atau kismis merah. Cranberry, gula pasir, dan gula vanila juga bisa menjadi bahan pilihan lainnya.

5. Küpsisetort 

5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!instagram.com/naminamiretseptikogu

Küpsisetort adalah makanan sejenis kue yang cukup populer di Estonia sebagai makanan penutup. Kue lapis yang lezat dengan lapisan krim dan topping saus cokelat yang menggoda ini juga kerapkali menemani saat bersantai.

Menariknya, kue lezat ini juga mudah dibuat di rumah. Bahan-bahannya antara lain, susu atau kopi, krim kocok kental, cookie persegi, chocolate chip, gula mutiara, dan taburan untuk garnish.

Makanan penutup di Estonia memiliki rasa yang lezat dan juga tentunya menggugah selera. Selain itu, banyak diantara mereka yang mudah dibuat dan bahan-bahannya juga tak kalah mudah untuk ditemukan.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Estonia yang Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya