Comscore Tracker

5 Dessert Lezat Khas Swedia Ini Siap Menggelitik Lidahmu! 

Manis dan pastinya bikin ketagihan

Swedia adalah salah satu negara maju yang terkenal mempunyai beragam kuliner lezat dan nikmat. Banyak hidangan yang dapat dinikmati di sini mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, hingga makanan penutup yang identik dengan rasa yang manis. 

Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah dessert. Selain diburu oleh wisatawan, dessert ini juga menjadi favorit penduduk. Rasanya yang manis dan yummy tentu saja membuat banyak orang yang ketagihan.

Berikut lima dessert lezat khas Swedia yang siap menggelitik lidahmu! 

1. Kanelbullar

5 Dessert Lezat Khas Swedia Ini Siap Menggelitik Lidahmu! Instagram.com/bakingbybennett

Kanelbullar atau roti kayu manis merupakan camilan manis yang terkenal di Swedia. Selain disajikan sebagai makanan penutup, roti ini juga bisa menjadi teman terbaik saat berkumpul bersama teman-teman sambil meminum kopi hangat. 

Saking populernya, terdapat Cinnamon Bun Day yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 4 Oktober. Resep roti kayu manis termasuk kapulaga bubuk di dalam adonan dan gula mutiara di atasnya yang rasanya menggugah selera.

2. Tujuh jenis kue

5 Dessert Lezat Khas Swedia Ini Siap Menggelitik Lidahmu! Instagram.com/fika_and_me

Tujuh jenis kue biasanya populer menemani penduduk Swedia saat mengadakan pesta minum kopi, di mana pada saat itu pembuat pesta sering diharapkan untuk menyajikan setidaknya tujuh jenis kue yang berbeda. 

Kue yang paling sering disajikan adalah drömmar, kue kelapa dan mentega, kue berlapis cokelat dan marzipan, kue dengan selai raspberry atau lingonberry di tengahnya, kue oatmeal bundar, kue bumbu yang mengandung pala, jahe, kayu manis dan cengkih, kue rasa karamel, serta kue vanila dan almond.

Baca Juga: 7 Oleh-oleh Unik dan Menarik Ini Hanya Bisa Kamu Beli di Swedia

3. Kladdkaka

5 Dessert Lezat Khas Swedia Ini Siap Menggelitik Lidahmu! Instagram.com/bakamedfrida

Kladdkaka atau kue coklat lengket mempunyai tekstur yang lengket di bagian dalam dan renyah di bagian luar. Kue ini umumnya dibuat dengan menggunakan kurang lebih 200 gram cokelat hitam pekat dan di atasnya sering diberi krim atau buah beri.

4. Princess cake

5 Dessert Lezat Khas Swedia Ini Siap Menggelitik Lidahmu! Instagram.com/bakewithcamille

Princess cake adalah kue khas Swedia yang sering dijumpai pada pesta ulang tahun. Kue putri atau dalam bahasa Swedianya disebut prinsesstårta ini mempunyai cita rasa yang lezat dan memiliki tampilan yang elegan dengan warna hijau yang identik.

Dengan lapisan spons, puding vanila dan selai raspberry, serta tambahan krim kocok yang menciptakan bentuk kubah pada kue. Selanjutnya ditutup dengan lapisan marzipan hijau muda dan biasanya diatasnya diberi hiasan mawar merah muda.

5. Semla

5 Dessert Lezat Khas Swedia Ini Siap Menggelitik Lidahmu! Instagram.com/selmasbakery

Semla merupakan hidangan penutup yang juga terkenal dan cocok untuk menemani saat bersanta. Roti tepung terigu ini diisi dengan pasta dan krim almon yang tentu terasa manis dan lumer di mulut. Di atasnya biasanya juga diberi taburan gula halus untuk membuat tampilan roti makin cantik.

Swedia mempunyai beragam dessert lezat yang siap memanjakan lidah. Dari tampilannya saja sudah sangat menggugah selera. Dessert yang mana nih yang sudah bikin kamu ngiler?

Baca Juga: 5 Olahan Dessert Lezat Khas Moldova, Bikin Nafsu Makan Jadi Bertambah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya