Comscore Tracker

5 Dipping Sauce Paling Populer di Lebanon, Bikin Makanan Makin Nikmat!

Tak lengkap rasanya jika tak pakai saus-saus ini!

Saus adalah salah satu menu yang biasanya digunakan sebagai pelengkap dari beragam hidangan. Hidangan ini bisa berupa ayam, roti, sandwich, hingga kentang goreng. Saus membuat makanan-makanan tersebut menjadi makin enak.

Lebanon adalah salah satu negara yang mempunyai aneka jenis dipping saus yang terbuat dari bahan-bahan pilihan. Saus ini digunakan sebagai saus cocolan yang membuat hidangan terasa lebih menggoda. Berikut lima jenis dipping saus khas Lebanon yang rasanya nikmat abis!

1. Baba ghanoush

5 Dipping Sauce Paling Populer di Lebanon, Bikin Makanan Makin Nikmat!baba ghanoush (Instagram.com/the_conscious_lam)

Baba ghanoush adalah saus yanh dibuat dengan terong yang mengalami proses pemanggangan dan lalu dihancurkan, bawang putih, minyak zaitun, jus lemon, dan tahini. Untuk memperkaya rasa, biasanya juga ditambahkan dengan mint, bawang bombay, dan beragan rempah pilihan.

Saus dapat  disajikan sebagai hidangan pembuka atau juga sering digunakan untuk saus cocol. Saus juga bisa dipakai olesan untuk membuat sandwich yang idealnya dengan peterseli, tomat, dan irisan mentimun.

2. Tahini

5 Dipping Sauce Paling Populer di Lebanon, Bikin Makanan Makin Nikmat!tahini (instagram.com/hummus.and.habibis)

Tahini tak hanya populer di Lebanon, namun juga terkenal di Syria dan juga Israel. Makanan ini terbuat dari biji wijen yang dipanggang dan digiling. Kemudian diencerkan dengan jus lemon dan air.

Saus merupakan makanan yang sangat serbaguna. Hal tersebut dikarenakan saus dapat dihidangkan sebagai bumbu yang menyertai beragam sajian daging dan sayuran dalam masakan Timur Tengah. Selain itu, saus juga dapat menjadi bahan utama dalam pembuatan sup.

3. Hummus Beiruti

5 Dipping Sauce Paling Populer di Lebanon, Bikin Makanan Makin Nikmat!hummus beiruti (instagram.com/bitsofkaju)

Hummus beiruti merupakan hummus versi Lebanon. Saus ini umumnya terbuat dari campuran buncis, minyak zaitun, bawang putih, yogurt, tahini, air dingin, jinten, jus lemon, cabai, peterseli cincang, dan paprika.

Setelah semua bahan tercampur secara merata, kemudian dilapisi dan dihias dengan minyak zaitun, peterseli cincang, dan daun mint. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan roti pita atau lavash yang baru dipanggang.

Baca Juga: Resep Saus Yoghurt Bawang Putih yang Praktis, Jadi Ide Saus Lezat!

4. Hummus kawarma

5 Dipping Sauce Paling Populer di Lebanon, Bikin Makanan Makin Nikmat!hummus kawarma (instagram.com/sarahgalasko)

Hummus kawarma merupakan hummus tradisional versi Lebanon. Hummus dibuat dengan buncis, tahini, jus lemon, bawang putih yang dihancurkan, dan air dingin. Sementara itu, kawaarma dibuat dengan domba cincang, cuka putih, dan minyak zaitun. Untuk memperkuat rasa, maka ditambahkan dengan rempah-rempah yang mencakup merica, allspice, kayu manis, pala, oregano atau za'atar, mint, dan peterseli.

Setelah semua proses selesai, sebagai hasil akhir, saus kemudian menggunakan peterseli cincang dan kacang pinus panggang sebagai hiasan. Saus juga dapat disantap bersamaan dengan roti atau salad segar.

5. Toum

5 Dipping Sauce Paling Populer di Lebanon, Bikin Makanan Makin Nikmat!toum (instagram.com/finding.feasts)

Toum merupakan makanan sejenis pasta bawang putih khas Lebanon. Saus ini terbuat dari siung bawang putih utuh, yang perlahan-lahan dihancurkan menggunakan lesung dan alu. Namun dijaman modern ini bahan tersebut hanya ditumbuk dalam food processor.

Pada saat proses ini, minyak ditambahkan dengan lembut untuk membuat pasta bawang putih tercampu merata dengan tekstur lembut yang tidak biasa. Kemudian, untuk membuat saus makin nikmat, maka ditambahkan dengan garam dan jus lemon. Saus dapat menjadi hidangan pendamping dari ayam panggang, sate ayam atau shawarma ayam.

Saus khas Lebanon ini dapat membuat makanan mempunyai rasa yang lebih nikmat. Selain itu terdapat banyak pilihan jenis saus. Kalian tertarik mencoba yang mana?

Baca Juga: 5 Pilihan Saus Cocol Khas Yunani yang Bikin Makanan Lebih Nikmat

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya