Comscore Tracker

5 Hidangan Berbahan Daging Giling Asal Turki, Nikmat dan Wajib Dicoba!

Tak selalu didominasi kebab

Turki merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang melimpah. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah olahan daging gilingnya. Makanan berbahan dasar daging giling ini diolah sedemikian rupa sehingga mampu membuat lidah penikmatnya bergoyang.

Berikut ini adalah lima hidangan yang terbuat dari daging giling asal Turki. Dari tampilannya saja sudah membuat tergoda lho! Yuk, cari tahu di bawah ini kreasi hidangan dari daging giling asal Turki.

1. Adana kebap

5 Hidangan Berbahan Daging Giling Asal Turki, Nikmat dan Wajib Dicoba!adana kebap (instagram.com/ziyade_et)

Tak seperti kebab pada umumnya dibungkus dengan tortilla, adana kebap diproses dengan cara ditusuk seperti sate.

Nama kebab ini berasal dari salah satu kota kebab paling populer di Turki, yaitu Adana. Makanan ini terbuat dari daging domba giling dan lemak ekor yang dikombinasikan dengan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, paprika, dan cabai merah.

Bahan tersebut menghasilkan warna merah tua dan rasa pedas. Setelah campuran bahan tersebut ditusuk dengan menggunakan tusuk sate logam besar dan datar, kemudian dipanggang.

Setelah semua proses selesai, hidangan ini ditempatkan di atas roti pipih, paprika, dan tomat. Selanjutnya dimasukkan ke dalam roti pita bersama dengan peterseli dan bawang merah.

2. Kadınbudu köfte

5 Hidangan Berbahan Daging Giling Asal Turki, Nikmat dan Wajib Dicoba!kadınbudu köfte (Instagram.com/vildannergin)

Kadınbudu köfte adalah makanan yang memerlukan bahan-bahan seperti daging giling, nasi, bawang, telur, tepung, minyak, dan berbagai rempah dalam proses pembuatannya. Daging giling ini biasanya menggunakan daging domba. 

Campuran bahan-bahan tersebut lalu dilumuri dengan tepung dan telur yang telah dikocok sebelumnya. Lalu digoreng menggunakan minyak panas.

Nama köfte mempunyai arti paha wanita. Nama tersebut diyakini berasal dari era Ottoman karena mirip dengan paha wanita pada saat itu.

Baca Juga: 5 Ragam Puding yang Bisa Dinikmati saat Berlibur ke Istanbul-Turki

3. İnegöl köfte

5 Hidangan Berbahan Daging Giling Asal Turki, Nikmat dan Wajib Dicoba!İnegöl köfte (instagram.com/comlekkurufasulye)

İnegöl köfte adalah bakso versi Turki. Bakso ini menjadi bakso yang paling terkenal di Turki yang ditemukan oleh Mustafa Efendi. Ia merupakan seorang imigran Turki dari Bulgaria yang datang ke İnegöl pada akhir abad ke-19. 

Bahan-bahan pembuatannya mencakup remah roti dan kombinasi daging giling yang diberi bumbu yang berupa bawang. Campuran tersebut lalu dipanggang dan setelahnya siap dinikmati.

Makanan ini biasanya menjadi hidangan utama yang cukup mengenyangkan.

4. Biber dolması

5 Hidangan Berbahan Daging Giling Asal Turki, Nikmat dan Wajib Dicoba!biber dolması (instagram.com/zeromelsfoodstories)

Perpaduan paprika dengan daging dapat menciptakan kelezatan yang mempu membuat siapapun ketagihan. Hidangan ini adalah biber dolması. Makanan ini dibuat dengan paprika yang diberi isian yang berupa campuran daging giling, nasi, dan bawang. Daging dapat menggunakan daging sapi atau domba. 

Biasanya, untuk menambah rasa, maka biber dolması diberi tambahan yang berupa kismis, kacang pinus, mint, dan bawang putih. Setelah paprika terisi bahan-bahan tersebut, lalu paprika direbus perlahan dalam air hingga melunak.

Biber dolması kemudian dinikmati bersama dengan roti segar dan yogurt. 

5. İzmir köfte

5 Hidangan Berbahan Daging Giling Asal Turki, Nikmat dan Wajib Dicoba!İzmir köfte (instagram.com/klasikturkyemekleri)

Pencinta bakso bisa mencoba kelezatan dari İzmir köfte yang merupakan bakso khas Turki. Makanan ini dibuat dengan köfte, paprika, dan kentang yang kemudian direndam dalam saus tomat. Selanjutnya kombinasi bahan tersebut biasanya dipanggang.

Daging bakso terbuat dari daging giling atau domba, bawang, tepung, roti sisa, dan telur. Kemudian bahan tersebut dicampur dan diberi tambahan rempah-rempah yang meliputi paprika merah bubuk, jinten, lada hitam, dan mint.

Beragam olahan daging khas Turki di atas sungguh menggugah selera. Gimana, ada yang ingin kamu coba atau ingin kamu buat di rumah?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik di Ankara-Turki

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya