Comscore Tracker

5 Hidangan Berkuah Gurih Khas Cirebon yang Rasanya Mantap Abis!

Tak lupa, empal gentong pun masuk di dalamnya #LokalIDN

Cirebon menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan beragam kulinernya yang lezat. Salah satunya adalah hidangan dengan kuah yang gurih. Beberapa makanan tersebut mempunyai cita rasa yang khas dan menarik untuk dicicipi.

Berikut ini adalah makanan khas Cirebon dengan kuah gurih dan segar paling populer serta enak yang bikin lidah kamu berdansa. Mana yang menarik perhatianmu?

1. Bubur sup ayam

5 Hidangan Berkuah Gurih Khas Cirebon yang Rasanya Mantap Abis!bubur sup ayam (instagram.com/ojazman)

Bubur sup ayam menjadi menu sarapan favorit bagi banyak warga Cirebon. Seperti namanya, hidangan ini disajikan dalam bentuk bubur yang bernuansa sup karena diberi tambahan sayur kol dan soun. Yang membuatnya berbeda dengan bubur ayam lainnya adalah terletak pada kuahnya yang mirip dengan kuah bakso, akan tetapi dibuat dari kaldu ayam.

Untuk menambah rasa, kuliner ini diberi tambahan merica giling yang dapat memberikan sensasi rasa hangat yang khas.

2. Empal gentong

5 Hidangan Berkuah Gurih Khas Cirebon yang Rasanya Mantap Abis!empal gentong (instagram.com/imahbabaturan)

Empal gentong sekilas terlihat mirip dengan gulai. Bahan utama untuk empal gentong antara lain usus, babat, dan daging sapi yang dihidangkan bersamaan dengan kucai dan sambal yang terbuat dari cabai kering giling. Hidangan ini kemudian diolah dengan menggunakan kayu bakar di dalam gentong atau periuk. 

Rasanya sangat gurih dengan kuah yang menyegarkan. Biasanya kuliner ini disantap dengan nasi atau pun lontong. Acar mentimun dan wortel bisa menjadi pelengkap serta bawang goreng dapat menambah kenikmatannya.

Baca Juga: 5 Oleh-Oleh Kuliner Khas Cirebon yang Populer, Wajib Diburu!

3. Mie koclok

5 Hidangan Berkuah Gurih Khas Cirebon yang Rasanya Mantap Abis!mie koclok (instagram.com/mamam.noh)

Olahan mi memang tak pernah gagal untuk memanjakan lidah penikmatnya. Cirebon pun tak ketinggalan mempunyai jenis hidangan ini yang bernama mie koclok.

Kuliner ini dibuat dengan mi kuning yang dikombinasikan dengan kol, tauge, potongan kecil ayam, dan irisan telor. Mie koclok juga mempunyai kuah khas yang terbuat dari santan dan bubur beras sehingga terlihat berwarna putih dan sedikit kental karena diberi tambahan tepung maizena.

4. Doclang

5 Hidangan Berkuah Gurih Khas Cirebon yang Rasanya Mantap Abis!doclang (instagram.com/aboutcirebonfood)

Doclang adalah hidangan asli Cirebon. Makanan ini merupakan kombinasi antara sayur oncom dage atau oncom gembus yang dibuat dari ampas tahu yang dikombinasikan dengan bungkil kacang tanah dan parutan kelapa. Doclang mempunyai rasa yang gurih dan lezat serta sangat pas ketika dinikmati dalam keadaan yang masih hangat.

Bagi pencinta pedas, maka bisa menambahkan sambal dan biasanya kerupuk dijadikan sebagai pelengkap untuk makan doclang.

5. Pedesan entog

5 Hidangan Berkuah Gurih Khas Cirebon yang Rasanya Mantap Abis!pedesan entog (instagram.com/kulinercirebon)

Pedesan entog menjadi salah satu hidangan yang populer di daerah pantura Jawa Barat, termasuk Cirebon. Kuliner ini begitu khas karena diolah menggunakan daun salam dan sereh. Selain itu, dagingnya pun memiliki tekstur yang empuk karena dimasak selama empat jam.

Pedesan entog kian lengkap dengan tambahan daun kemangi dan daun bawang yang membuat cita rasa rempahnya semakin terasa.

Hidangan khas Cirebon dengan kuah gurih di atas bisa kamu nikmati sambil pelesiran di kota yang menawan ini. Rasanya maknyus banget, lho!

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Cirebon Rasa Bali yang Hits Banget, Sudah ke Sini?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya