Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Purbalingga yang Terkenal akan Kelezatannya

Susah milih! Pengin makan semua! #LokalIDN

Purbalingga terkenal dengan berbagai hidangan khasnya dengan cita rasa yang sukses bikin lidah berdansa. Mulai dari sate, gorengan, hingga olahan sayuran bisa dicicipi. 

Kebanyakan hidangan ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat atau tetap nikmat saat dinikmati langsung. Berikut ini lima makanan khas Purbalingga yang siap bikin perut puas. Yuk coba!

1. Gulai melung

5 Hidangan Khas Purbalingga yang Terkenal akan Kelezatannyagulai melung (instagram.com/purbalinggakerenn)

Salah satu warung gulai melung yang populer adalah warung gulai melung Bu Hadi yang berlokasi di Dukuh Melung, Desa Larangan, Pengadegan. Gulai yang ditawarkan menggunakan bahan dasar daging kambing.

Selain itu, terdapat pilihan lainnya seperti tulang kambing, jeroan, sumsum, babat, kaki kambing, dan kepala kambing. Gulai yang dihidangkan bisa dengan ketupat. Sedangkan daging dan kuah gulai biasanya disajikan terpisah di mangkuk.

Proses memasaknya masih dengan peralatan tradisional yang mencakup tungku serta kayu bakar. Hal tersebut membuat cita rasa dari gulai lebih spesial.

2. Sate blater

5 Hidangan Khas Purbalingga yang Terkenal akan Kelezatannyasate blater (instagram.com/midavirann)

Sate blater menjadi salah satu menu sate yang cukup terkenal di Purbalingga. Makanan ini memperoleh namanya karena asal mulanya yang berasal dari Desa Blater, Kecamatan Kalimanah.

Meskipun sama-sama menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya, namun menu ini sedikit berbeda dengan sate madura atau sate ayam lainnya.

Perbedaannya berasal dari cara memasaknya, di mana sate blater ini sebelum proses pembakaran, terlebih dahulu dagingnya direndam dan direbus dengan campuran bumbu-bumbu pilihan. Selanjutnya dibakar berkali-kali sambil dilumuri bumbu yang sama.

Proses ini membuat cita rasanya terasa begitu nikmat hingga gigitan terakhir.

Baca Juga: 6 Oleh-Oleh Khas Purbalingga, Masuk List Wajib Beli Pas Pergi ke Sana 

3. Mendoan

5 Hidangan Khas Purbalingga yang Terkenal akan Kelezatannyamendoan (instagram.com/tanggalmuda.id)

Mendoan merupakan salah satu sajian paling populer di daerah Purbalingga dan sekitarnya yang terbuat dari tempe kedelai yang digoreng dengan tepung setengah matang.

Dalam proses pembuatannya, bahan yang digunakan adalah tempe khusus yang mempunyai bentuk tipis. Setelahnya tempe ini dimasukkan ke dalam tepung yang telah dibumbui dengan garam, ketumbar, dan daun bawang. Lalu digoreng sebentar hingga masih terasa lunak.

4. Buntil

5 Hidangan Khas Purbalingga yang Terkenal akan Kelezatannyabuntil (instagram.com/claudiathe70)

Bagi pencinta sayuran, bisa menjadikan buntil sebagai menu pilihan. Makanan ini menjadi hidangan khas yang sering diburu oleh wisatawan.

Sajian ini terbuat dari kukusan daun pepaya atau daun singkong yang berisi parutan kelapa yang dikombinasikan dengan ikan teri, diberi bumbu bawang, cabai, lengkuas, asam, garam, dan bumbu lainnya.

Setelahnya buntil disiram dengan kuah pedas yang dibuat dengan santan dan cabai merah yang bisa dibiarkan utuh atau dipotong. Hidangan ini paling nikmat saat disajikan dalam keadaan hangat dan disantap dengan nasi.

5. Nopia

5 Hidangan Khas Purbalingga yang Terkenal akan Kelezatannyanopia (instagram.com/rumahummigrosir)

Nopia menjadi salah satu jajanan yang umumnya dijadikan oleh-oleh khas Purbalingga. Kue ini mempunyai kulit yang dibuat dari adonan tepung terigu dan bahan pilihan lainnya. Sementara itu untuk isiannya sangat bervariasi mencakup gula merah, keju, susu, dan masih banyak lagi.

Nopia berbentuk setengah bulatan yang mempunyai bagian dasar yang hitam alias sedikit gosong. Untuk nopia yang lebih kecil, umumnya disebut mino atau mini nopia. Rasanya yang manis tentu membuatnya cocok dijadikan teman minum teh.

Beberapa hidangan di atas mempunyai rasa khas yang bikin ketagihan. Kamu bisa menyantap sepuasnya bila berkunjung ke Purbalingga. Awas kalap!

Baca Juga: Informasi Wisata Taman Bunga Kutabawa Purbalingga: Lokasi dan Tips

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya