Comscore Tracker

6 Hidangan Khas Yordania yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!

Cita rasa yang unik bikin kamu penasaran 

Yordania dikenal sebagai negara yang mempunyai aneka ragam kuliner khas. Telah banyak ulasan yang memperkenalkan dan menjelaskan menu hidangan andalan dari negara ini.

Penasaran apa saja ragam menu di Yordania yang sukses menggoyang lidah? Berikut 6 makanan khas Yordania yang wajib kamu nikmati saat berlibur ke sana.

1. Mansaf

6 Hidangan Khas Yordania yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!mansaf (instagram.com/thefoodieslounge)

Mansaf merupakan salah satu makanan nasional Yordania yang selalu ada di hampir perayaan dan festival yang diadakan di negara ini.

Daging pada hidangan ini bisa berupa kambing, sapi, atau ayam. Namun, sangat dianjurkan untuk menggunakan daging kambing, karena menandakan tingkat penghormatan dan nilai tertinggi.

2. Warbat

6 Hidangan Khas Yordania yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!warbat (instagram.com/simpleplainandplenty)

Warbat merupakan kue lezat yang biasanya dijadikan dessert atau camilan. Kue ini berisi krim atau custard yang direndam dalam sirup gula. Biasanya kue akan dihiasi dengan pistachio, almon, keju manis, atau kenari.

Kue yang umumnya berbentuk segitiga ini memiliki rasa yang sangat manis. Hal tersebut membuatnya dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan secangkir kopi arabika yang bertekstur kental.

3. Maqluba

6 Hidangan Khas Yordania yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!maqluba (instagram.com/hungrypaprikas)

Maqluba tak hanya terkenal di Yordania, tapi juga di Palestina, Irak, hingga Suriah. Dalam pembuatannya, makanan ini memerlukan bahan-bahan, seperti nasi, sayur-sayuran, bumbu, dan rempah-rempah.

Sayuran bisa berupa wortel, kentang, tomat, kembang kol, dan bawang bombai. Sedangkan bumbunya bisa menggunakan kunyit dan sumac

Hidangan ini bisa menggunakan tambahan daging ayam atau domba. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak secara berlapis-lapis. Selanjutnya direbus sampai tidak ada cairan yang tersisa.

Hidagan ini umumnya ditaburi dengan kacang pinus atau peterseli cincang di atasnya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Yordania yang Unik dan Menarik

4. Jameed

6 Hidangan Khas Yordania yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!jameed (instagram.com/my_gutsy_kitchen)

Jameed merupakan sebuah produk susu yang telah difermenfasi. Produk ini dibuat dengan mengeringkan yoghurt asin dan kental yang diperoleh dari susu domba atau kambing.

Yoghurt akan dibentuk bola-bola bundar sebelum dibiarkan kering selama beberapa minggu hingga mencapai konsistensi yang keras.

5. Malfuf

6 Hidangan Khas Yordania yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!malfuf (instagram.com/made_by_markha)

Malfuf merupakan makanan khas yang terbuat dari daun kubis yang telah digulung. Daun ini lalu diisi dengan daging cincang dan nasi sebelum direbus dengan saus lemon dan bawang putih. Daging dapat menggunakan domba atau sapi cincang.

Untuk menambah cita rasa, maka bawang bombai, samneh, dan rempah-rempah, seperti baharat atau allspice, kayu manis, garam, dan lada hitam bisa ditambahkan ke dalam isian. 

6. Kousa mahshi

6 Hidangan Khas Yordania yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!kousa mahshi (instagram.com/gustus_mundi)

Kousa mahshi merupakan makanan khas yang terbuat dari zukini yang telah dikupas. Kemudian bahan tersebut diisi dengan campuran nasi, sayuran, dan daging cincang.

Sayuran yang digunakan bisa berupa labu musim panas yang disebut kousa. Sementara itu, daging bisa menggunakan daging domba atau sapi.

Nasi dan daging umumnya diberi bumbu berupa samneh, bawang goreng, kacang pinus, dan rempah-rempah. Setelah semua bahan selesai dibuat, maka akan direbus di dalam air atau kaldu.

Itulah 6 makanan khas Yordania yang dapat kamu coba saat berlibur ke sana. Selain identik dan khas, beragam kuliner asal negara ini juga mempunyai cita rasa yang unik. Yuk, cobain!

Baca Juga: 9 Fakta Cokelat Jameed, Makanan Unik Yordania Dibuat dari Susu Kambing

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya