Comscore Tracker

5 Jajanan Gurih Khas Klaten yang Rasanya Bikin Melayang-layang!

Rasa enaknya bisa bikin kangen #LokalIDN

Tak hanya makanan-makanan berat, Klaten juga mempunyai banyak jajanan gurih yang tak kalah lezat. Sebagian sajian tersebut mempunyai rasa yang renyah dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Selain itu, makanan tersebut juga bisa menjadi camilan untuk menenami waktu bersantai dengan teman atau keluarga. Berikut lima jajanan dengan rasa gurih khas Klaten yang menarik untuk dicoba. Siap-siap dibuat ketagihan, ya! 

1. Keripik belut

5 Jajanan Gurih Khas Klaten yang Rasanya Bikin Melayang-layang!keripik belut (instagram.com/nindriany17)

Klaten mempunyai keripik belut yang renyah dan gurih. Tak hanya menjadi camilan, keripik ini juga seringkali menjadi oleh-oleh khas yang menjadi buruan para wisatawan.

Seperti namanya, makanan ini menjadikan belut sebagai bahan utamanya. Rasanya yang nikmat tentu siap menggoyang lidah dalam setiap gigitannya. Selain itu, belut juga dikenal kaya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Keripik ceker ayam

5 Jajanan Gurih Khas Klaten yang Rasanya Bikin Melayang-layang!keripik ceker ayam (instagram.com/oleh_oleh_malang_raya)

Keripik ceker ayam bisa menjadi menu unik yang menarik untuk dicoba. Cara pembuatannya pun tak kalah unik yaitu tulang ceker dimemarkan terlebih dahulu dengan memakai palu dan kemudian diambil tulangnya. Setelah melalui proses pengulitan, ceker ayam selanjutnya dijemur.

Sementara itu, untuk proses memasaknya diperlukan dua kali penggorengan. Langkah pertama digunakan untuk mengeringkan kulit luar. Sedangkan langkah kedua digunakan untuk bagian dalamnya. Karena proses tersebutlah yang membuat sajian ini bertekstur renyah. Agar rasanya semakin mantap, maka bisa dinikmati bersama sambal.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Klaten yang Nikmat, Bikin Lidah dan Perut Puas!

3. Slondok

5 Jajanan Gurih Khas Klaten yang Rasanya Bikin Melayang-layang!slondok (instagram.com/suapjkt)

Selanjutnya jajanan gurih yang dapat dinikmati adalah slondok. Camilan ini bisa pula menjadi oleh-oleh khas Klaten yang tak boleh dilewatkan.

Singkong adalah bahan utama yang digunakan dalam pembuatannya. Bahan ini digiling dan direbus bersama dengan campuran bumbu khusus. Setelah matang dan tercampur dengan sempurna, adonan lalu dibentuk dan dijemur hingga kering. Kemudian, slondok yang telah kering digoreng hingga matang. 

4. Kepel klaten

5 Jajanan Gurih Khas Klaten yang Rasanya Bikin Melayang-layang!kepel Klaten (instagram.com/icipicipklaten)

Kepel klaten adalah jenis kudapan yang mempunyai bentuk kepalan tangan yang masuk ke dalam jajanan tradisional.

Dalam proses pembuatannya memerlukan bahan-bahan seperti tepung gandum, bawang merah, merica, bawang putih, dan garam. Semua bahan tersebut kemudian dihaluskan dan dicampur hingga membentuk adonan. Lalu barulah digoreng hingga matang.

Untuk menambah rasa, kamu bisa menikmatinya dengan dicocol saus sambal atau saus kacang.

5. Keripik paru sapi

5 Jajanan Gurih Khas Klaten yang Rasanya Bikin Melayang-layang!keripik paru sapi (instagram.com/rajakulinersby)

Keripik paru sapi terkenal dengan rasanya yang nendang di mulut. Jajanan gurih ini terbuat dari paru sapi yang diolah hingga mempunyai tekstur yang renyah dan mudah saat digigit.

Cita rasanya yang sedikit asin, pas untuk menemani waktu bersantai. Selain itu, camilan ini juga tahan lama dan bisa dijadikan oleh-oleh. Dinikmati sebagai lauk untuk nasi pun tetap nikmat.

Kelima jajanan gurih khas Klaten di atas mempunyai cita rasa yang nikmat. Jadi, tertarik untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah?

Baca Juga: 5 Kudapan yang Wajib Dicoba di 'The Shine of Java' Alias Klaten

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya