Comscore Tracker

5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Nikmatnya Nempel di Lidah!

Banyak pilihan, jadi bingung milih deh #LokalIDN

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan kulinernya, terutama yang berada di Jawa Barat. Wilayahnya mempunyai beragam hidangan khas yang sukses mencuri perhatian. Salah satunya adalah jajanan manis.

Sebagian besar sajian ini telah ada sejak lama dan berhasil mempertahankan ketenarannya. Bahkan di zaman modern ini juga diolah lebih modern dengan beragam rasa yang makin berkembang.

Penasaran dengan jajanan khas manis khas Jawa Barat? Berikut daftarnya.

1. Colenak

5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Nikmatnya Nempel di Lidah!colenak (instagram.com/daliessiangadi123)

Colenak atau dikenal juga dengan tape bakar merupakan peuyeum yang dibakar dan dimakan dengan dicocolkan pada gula merah cair yang dikombinasikan dengan serutan kelapa. Cita rasanya yang lezat dengan sensasi yang khas menjadikannya jajanan khas Jawa Barat yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Camilan ini berasal dari Bandung yang pada tahun 1930 dikenalkan oleh Aki Murdi. Penamaan sajian ini berasal dari bahasa Sunda, yang berarti dicocol enak. 

2. Surabi

5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Nikmatnya Nempel di Lidah!surabi (instagram.com/umifta)

Jajanan manis khas Jawa Barat selanjutnya ada surabi. Ini adalah sajian khas Sunda, di mana proses memasaknya terbilang masih tradisional karena surabi dibakar di atas tungku yang dibuat dari tanah liat.

Aroma dan cita rasanya yang khas tentu bisa membuat siapa pun tergoda untuk mencicipinya. Biasanya sajian ini dinikmati bersama gula merah cair dan taburan oncom yang dapat menghasilkan kombinasi rasa manis dan gurih. 

Baca Juga: 5 Sambal Khas Jawa Barat, Pedas Gurihnya Bikin Ketagihan 

3. Getuk

5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Nikmatnya Nempel di Lidah!getuk (instagram.com/erfyro)

Gethuk menjadi jajanan khas Jawa Barat yang menarik dengan beberapa pilihan warna. Tak sampai di situ, taburan kelapa parut di atasnya juga membuatnya makin terasa nikmat.

Sajian ini dibuat dari olahan singkong yang digiling halus dan dikombinasikan dengan gula pasir yang selanjutnya dibentuk memanjang. Cita rasanya yang enak berpadu dengan manisnya gula tentu bikin ketagihan sekali coba.

4. Misro

5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Nikmatnya Nempel di Lidah!misro (instagram.com/windy_kho)

Misro adalah singkatan dari "amis di jero" yang dalam bahasa Indonesia mempunyai arti manis di dalam. Makanan ini menjadikan singkong sebagai bahan utamanya. Sajian ini kemudian diberi isian gula merah yang akan lumer setelah melalui proses penggorengan.

Ketika akan menggorengnya, harus menggunakan minyak yang banyak supaya semua bagiannya dapat terendam. Hal tersebut dilakukan supaya isian gula merah di dalamnya tidak mudah pecah saat digoreng.

Rasanya yang manis dan gurih bisa menemani waktu bersantai sambil minum teh atau kopi.

5. Chocodot

5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Nikmatnya Nempel di Lidah!chocodot (instagram.com/kurnia_sugar)

Cokelat menjadi makanan manis segala usia, begitu pula chocodot. Makanan ini adalah inovasi cokelat dodol yang tidak sengaja terjatuh ke dalam adonan cokelat. Selanjutnya setelah dicicipi, ternyata mempunyai cita rasa yang lezat.

Jajanan ini hadir dengan cita rasa unik dan berbentuk bulatan kecil yang mirip dengan bakpao. Beragam pilihan rasa pun ditawarkan.

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, produk ini dikemas dengan nama yang unik seperti cokelat tahan baper, rasa sayang, cokelat obat stres, dan masih banyak lagi. 

Jajanan manis khas Jawa Barat di atas cocok untuk menemani waktu bersantai. Jangan lupa mengonsumsinya dengan segelas kopi atau teh, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Rengginang dan Renggining, Makanan Renyah Khas Jawa Barat 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya