Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Spanyol dengan Kualitas Premium, Tekstur Bervariasi!

Rasanya khas dan unik!

Spanyol merupakan salah satu negara maju yang terkenal dengan tempat wisatanya yang sudah mendunia. Selain itu, negara ini juga terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera. Salah satu yang menjadi andalannya adalah keju.

Negara ini mempunyai beragam varian keju yang bertekstur lembut dengan rasa yang unik, mulai dari rasa yang asin hingga pedas. Banyak wisatawan yang memburu keju khas negara ini karena dapat dicampurkan di berbagai makanan.

Berikut lima jenis keju khas Spanyol dengan kualitas premium, tekstur bervariasi! Penasaran?

1. Gamoneu

5 Jenis Keju Khas Spanyol dengan Kualitas Premium, Tekstur Bervariasi!Gamoneu (Instagram.com/doscheeselovers)

Gamoneu merupakan keju matang berlemak yang berasal dari susu sapi, kambing, atau domba di daerah kotamadya Cangas de Onís dan Onís di Komunitas Otonomi Asturias. Dalam proses pembuatannya, keju ini diasapi ringan dan memiliki guratan jamur hijau di tepinya.

Keju ini merupakan keju semi keras, yang memiliki warna putih sampai kuning muda. Rasanya begitu lembut dengan aroma sedikit berasap serta terdapat aroma mentega dan kacang.

2. Manchego viejo

5 Jenis Keju Khas Spanyol dengan Kualitas Premium, Tekstur Bervariasi!Manchego viejo (Instagram.com/leballonvoyageur)

Manchego viejo merupakan variasi keju Manchego yang berada dalam tahap penuaan keempat dan terakhir. Keju ini berasal dari susu domba. Domba yang digunakan merupakan domba yang berumur mulai dari satu tahun hingga dua tahun dan mereka tinggal di goa-goa alam.

Keju memiliki tekstur yang tegas dan rapuh serta mempunyai warna kuning pekat. Keju ini paling cocok dicampurkan dengan salad atau pasta. Namun juga tetap lezat dimakan secara langsung.

Baca Juga: 9 Fakta Pinchitos Morunos, Makanan Khas Spanyol yang Mirip dengan Sate

3. Queso Casín

5 Jenis Keju Khas Spanyol dengan Kualitas Premium, Tekstur Bervariasi!Queso Casín (Instagram.com/jacqueiglesias)

Queso casín merupakan keju semi-keras hingga keras yang terbuat dari susu mentah murni dari Asturiana de la Montaña, Asturiana de los Valles, dan ras sapi Frisona. Keju yang berasal dari Pegunungan Cantabrian ini secara tradisional diproduksi di dalam Taman Alam Redes di Provinsi Asturias.

Keju ini tergolong memiliki rasa yang unik karena pencampuran dari rasa mentega hingga sedikit pahit dan pedas. Keju ini dapat menjadi tambahan untuk makanan-makanan seperti kroket, gorengan, cachopos Asturian, apel panggang yang diisi, atau bahkan es krim keju yang menggoda.

4. Queso de Murcia

5 Jenis Keju Khas Spanyol dengan Kualitas Premium, Tekstur Bervariasi!Queso de Murcia (Instagram.com/laholandesamx)

Queso de murcia merupakan keju yang secara tradisional diproduksi di wilayah Murcia Spanyol. Keju ini memiliki dua variasi, yang tergantung pada lamanya proses produksi. Yang pertama keju segar yang proses pembuatannya antara 30-45 hari. Sedangkan keju matang memerlukan waktu 60 hari atau lebih lama.

Keju ini mempunyai pasta berwarna putih dan memiliki aroma wangi yang berasal dari kacang-kacangan, yogurt, dan jerami. Selain itu, keju ini mempunyai rasa susu kambing dan yogurt yang lembut.

5. Quesucos de Liébana

5 Jenis Keju Khas Spanyol dengan Kualitas Premium, Tekstur Bervariasi!Quesucos de Liébana (Instagram.com/liebana.entrecosturas)

Quesucos de liebana merupakan keju yang secara tradisional diproduksi oleh kotamadya di distrik Liébana, di Cantabria. Keju yang terbuat dari susu penuh lemak yang berasal dari sapi Tudanca ini merupakan keju semi-keras. 

Yang menjadi ciri khas keju adalah pengemasan keju ke dalam cetakan yang dapat dikeringkan sendiri yang membuat keju memiliki bentuk roda yang khas. Memerlukan waktu kurang lebih 15 hari untuk menunggu keju matang. Namun proses tak sampai disitu, setelahnya keju dapat diasapi menggunakan cabang juniper untuk mengintensifkan rasa dan memberinya aroma berasap yang dalam.

Bagi yang penasaran dengan rasanya, keju memiliki rasa mentega yang lembut dan aroma yang khas dan juga tekstur yang lembut juga.

Spanyol mempunyai beragam keju yang memiliki rasa khas dan unik. Keju ini juga bisa menambah cita rasa makanan agar menjadi lebih lezat. Siapa nih yang sudah tak sabar mencicipinya?

Baca Juga: 5 Sajian Menggugah Selera Berbahan Keju Edam, Gak Kalah Gurih!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya