Comscore Tracker

5 Jenis Sosis Khas Spanyol yang pasti Bikin Ketagihan Sekali Coba 

Nikmatnya bakalan bikin kamu lupa diri!

Sosis merupakan salah satu makanan yang paling serbaguna. Makanan ini dapat dijadikan camilan atau tambahan makanan lainnya seperti burger, sandwich, roti, atau kentang goreng.

Spanyol adalah negara yang mempunyai jenis sosis yang terkenal nikmat. Sosis asal negara ini terbuat dari bahan pilihan yang kaya akan rempah yang tentu menggugah selera.

Berikut lima jenis sosis asal Spanyol yang membuat hidangan lain makin mantap. 

1. Chistorra

5 Jenis Sosis Khas Spanyol yang pasti Bikin Ketagihan Sekali Coba chistorra (instagram.com/la_burguesia_gourmet)

Chistorra merupakan sosis yang dibuat dengan bahan-bahan seperti daging babi, baik dari perut atau rahangnya. Kemudian bagian daging ini terkadang dicampur dengan daging sapi cincang. Bahan tersebut biasanya dibumbui dengan bawang putih, garam, dan paprika. Warna merah khasnya berasal dari paprika.

Sebelum dihidangkan, sosis ini dapat digoreng atau dipanggang. Chistorra sering dikombinasikan dengan beragam menu lain, seperti burger, roti, kentang, daging, hingga telur.

2. Chorizo

5 Jenis Sosis Khas Spanyol yang pasti Bikin Ketagihan Sekali Coba chorizo (instagram.com/odysseusbog)

Chorizo merupakan sosis yang terbuat dari daging babi cincang dan lemak. Kemudian bahan tersebut dibumbui dengan paprika, namun dapat juga ditambahkan dengan bawang putih. Kombinasi semua bahan ini lalu dimasukkan ke dalam casing alami.

Chorizo mempunyai warna merah. Hal ini disebabkan karena penggunaan bahan paprika khusus yang bernama pimenton. Sosis ini mempunyai kombinasi rasa yang gurih dan pedas. 

Baca Juga: 5 Ragam Rebusan Khas Spanyol yang Bikin Lidah Bergoyang

3. Morcilla de Burgos

5 Jenis Sosis Khas Spanyol yang pasti Bikin Ketagihan Sekali Coba morcilla de burgos (instagram.com/josedediosquevedo)

Morcilla de burgos merupakan sosis darah yang dibuat secara tradisional di provinsi Burgos. Sosis ini menjadi salah satu dari banyak ragam sosis darah atau puding hitam yang terdapat di seluruh dunia.

Morcilla de burgos tidak menggunakan daging apa pun dalam proses pembuatannya, melainkan dibuat dengan memotong dan menumis bawang bombay dengan mentega, kemudian mencampurkannya dengan nasi, lemak babi, darah, dan rempah-rempah. Kombinasi bahan ini lalu digunakan untuk mengisi casing sosis sebelum dimasak.

4. Botifarra

5 Jenis Sosis Khas Spanyol yang pasti Bikin Ketagihan Sekali Coba botifarra (instagram.com/canbatet_olot)

Botifarra merupakan sosis yang terbuat dari daging babi dan banyak rempah-rempah dan bumbu. Beberapa jenis sosis ini terkadang terbuat dari bahan-bahan yang tidak biasa yang mencakup truffle, telur, nasi, dan babat dalam campurannya.

Sosis ini umumnya tidak dimasak, namun dapat juga direbus ketika disiapkan dalam hidangan yang dikenal sebagai escudella i carn d'olla, yaitu makanan tradisional Catalan yang terdiri dari sayuran rebus, daging, dan kacang-kacangan.

5. Longaniza

5 Jenis Sosis Khas Spanyol yang pasti Bikin Ketagihan Sekali Coba longaniza (instagram.com/my.dominican.kitchen)

Longaniza merupakan sosis sedap yang dalam pembuatannya memerlukan bahan seperti daging babi yang diberi bumbu kayu manis, adas manis, bawang putih, pala, paprika, dan cuka. Sosis ini memiliki ciri-ciri seperti bentuknya yang panjang dan tipis.

Longaniza sering dinikmati dengan cara diiris dan disantap bersamaan dengan roti. Sosis ini juga tetap enak ketika dikonsumsi apa adanya. Longaniza tak hanya memeroleh kepopulerannya di Spanyol, namun juga di Meksiko, Puerto Riko, dan Filipina.

Ragam sosis khas Spanyol ini dapat dipasangkan dengan beragam menu. Namun, disantap tanpa tambahan apapun juga tetap lezat lho!

Baca Juga: 5 Jenis Sosis Paling Populer di Swedia, Tertarik Mencoba?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya