Comscore Tracker

5 Jenis Sup di Belarusia yang Lezat dan Populer, Bikin Ketagihan!

Unik dan menggugah selera

Belarusia adalah salah satu Eropa yang terkenal akan wisata alamnya yang memukau. Wisatawan berkunjung kesana tak hanya mengunjungi tempat pariwisata. Namun mereka juga mencicip kulinernya yang terkenal istimewa mulai dari sup, kue manis, olahan daging, hingga minuman segar yang khas.

Salah satu hidangan yang cukup mencuri perhatian adalah sup. Banyak sup asal negara ini yang lezat dan juga mampu membuat siapapun ingin terus mencobanya. Kebanyakan dari sup ini juga dapat menyehatkan tubuh karena terdapat banyak sayuran.

Berikut lima jenis sup di Belarusia yang lezat dan populer yang berhasil bikin ketagihan!

1. Żurek

5 Jenis Sup di Belarusia yang Lezat dan Populer, Bikin Ketagihan!Instagram.com/nathaliegotuje

Żurek adalah sup tradisional Polandia yang juga sangat populer di Belarusia. Sup ini mempunyai rasa asam yang khas yang berasal dari ragi asam. Bisa juga rasa asamnya dari fermentasi roti dan tepung gandum hitam.

Sup ini berisi daging seperti sosis, bacon, atau ham, dan untuk tambahan sayuran biasanya menggunakan kentang dan jamur. Setiap daerah mempunyai versi hidangan tersendiri, terkadang ada yang disajikan ke dalam roti yang berbentuk mangkuk dan ada pula yang langsung menggunakan mangkuk kaca. 

Żurek secara tradisional disiapkan dan dikonsumsi selama Paskah.

2. Poliŭka

5 Jenis Sup di Belarusia yang Lezat dan Populer, Bikin Ketagihan!Instagram.com/mpmammam

Poliŭka klasik dibuat dari ikan atau ketika sebelum Paskah menggunakan jamur. Kemudian direbus dalam kaldu dengan jelai atau millet, kvass (minuman gandum hitam yang difermentasi), jus bit, atau susu mentega.

Seiring perkembangan zaman, resep populernya biasanya menggunakan beragan jenis jamur yang direbus dengan wortel, kentang, bawang bombay, adas, dan labu kuning atau bubur tomat. Sup ini umumnya dihiasi dengan adas segar dan krim asam sebelum dihidangkan.

Baca Juga: Bak Negeri Dongeng, Ini 5 Kastil yang Bisa Kamu Temukan di Belarusia 

3. Khaladnik

5 Jenis Sup di Belarusia yang Lezat dan Populer, Bikin Ketagihan!Instagram.com/athomeworldtraveler

Khaladnik merupakan sup yang menjadikan bit sebagai bahan utamanya. Kemudian bit direbus dan ditambahkan dengan kefir, mentimun, daun bawang, dan adas.

Untuk menambah cita rasa, sup dihidangkan dengan sesendok krim asam, taburan dill cincang, dan seringkali telur rebus di atasnya.

Sup dingin ini menjadi menu favorit pada musim panas yang bisa menyegarkan tubuh. Sup yang memiliki warna merah muda yang khas juga semakin menarik.

4. Machanka

5 Jenis Sup di Belarusia yang Lezat dan Populer, Bikin Ketagihan!Instagram.com/worldtotable

Machanka menjadikan bahan-bahan seperti sosis, kaldu, dan pancake kental sebagai bahan utamanya yang lalu dicelupkan ke dalam kaldu yang sudah jadi. Hidangan khas yang lezat ini umumnya dihidangkan pada saat Maslenitsa yaitu hari libur asal pagan yang masih dirayakan hingga saat ini di Belarus, Rusia, dan Ukraina.

5. Ščaŭje

5 Jenis Sup di Belarusia yang Lezat dan Populer, Bikin Ketagihan!greatbritishchefs.com

Ščaŭje merupakan sup sorrel Belarusia Tradisional. Sup ini menggunakan kentang dan krim asam sebagai bahan utamanya yang kemudian ditambahkan dengan telur rebus.

Bahan-bahan tambahan untuk membuat sup semakin nikmat adalah iga asap, wortel, sorrel segar, peterseli, bawang merah dan bawang putih, mentega, tepung, garam, merica, dan rempah-rempah. Sup ini tak hanya lezat, namun juga terkenal menyehatkan. 

Belarusia mempunyai beragam sup yang terkenal lezat. Banyak di antaranya juga yang baik untuk kesehatan. Tertarik mencicipi?

Baca Juga: 5 Hal Menarik dari Haejangguk, Sup Pereda Mabuk dalam Kuliner Korea 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya