Comscore Tracker

6 Kudapan Khas Hongaria, Referensi Sajian Manis dan Gurih di Rumah 

Awas ketagihan! 

Hongaria adalah negara yang kaya akan kebudayaan yang unik dan menarik. Tak hanya itu, negara ini juga memiliki banyak objek wisata yang menarik dan banyak di antaranya yang merupakan peninggalan sejarah, seperti Istana Buda, Heroes Square, hingga Fisherman Bastion.

Selain itu, negara yang terletak di Eropa Timur ini memiliki beragam kuliner khas yang sukses bikin ketagihan. Salah satunya adalah kudapan lezat yang terkenal nikmat sehingga banyak wisatawan yang memburu kudapan-kudapan tersebut.

Berikut enam kudapan khas Hongaria, referensi sajian manis dan gurih di rumah.

1. Langos 

6 Kudapan Khas Hongaria, Referensi Sajian Manis dan Gurih di Rumah Instagram.com/eatsmarter_de

Langos umumnya makanan yang dikonsumsi saat sarapan. Namun juga seringnya disantap saat bersantai. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, susu, ragi, gula, dan garam, lalu kemudian digoreng.

Roti yang identik dengan bentuknya yang pipih ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit asin. Namun pembeli juga bisa mendapatkannya dengan rasa manis. Topping yang dipilih juga cukup variatif seperti kacang, cokelat, daging, atau keju parut.

2. Retes (Strudel) 

6 Kudapan Khas Hongaria, Referensi Sajian Manis dan Gurih di Rumah Instagram.com/tortenhausbh

Strudel adalah makanan sejenis kue berlapis yang memiliki varian isi. Varian isinya beraneka ragam seperti ceri, apel, hingga keju. Rasanya yang manis dan sedikit asam mempunyai daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

Kue ini mudah ditemukan di toko kue, kafe, hingga restoran yang tersebar di Hongaria karena memang kue ini menjadi favorit banyak penduduk negara ini dan sering menjadi buruan wisatawan.

3. Gelarto Rosa 

6 Kudapan Khas Hongaria, Referensi Sajian Manis dan Gurih di Rumah Instagram.com/paulina_awayfromhome

Gelarto Rosa adalah es krim yang memiliki banyak rasa yang lezat. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan penutup yang cukup populer di Hongaria. Sesuai dengan namanya, gelato rosa dibentuk cantik seperti bunga mawar yang sedang mekar. 

Salah satu toko es krim yang paling terkenal di Budapest adalah Gelarto Rosa yang berlokasi di depan St. Stephen Basilica.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan untuk Muslim di Budapest-Hongaria

4. Somloi Galuska 

6 Kudapan Khas Hongaria, Referensi Sajian Manis dan Gurih di Rumah Instagram.com/patakicukraszda

Somloi galuska adalah makanan yang populer dijadikan sebagai makanan penutup. Kue ini adalah salah satu jenis bolu yang memiliki banyak lapisan seperti kernel kenari, krim coklat, krim kocok, dan rum.

Salah satu tempat makan yang menyediakan somloi galuska paling lezat adalah Gundel Restaurant yang berlokasi di Allatkerti Ut 2, Budapest.

5. Dobos Torte 

6 Kudapan Khas Hongaria, Referensi Sajian Manis dan Gurih di Rumah Instagram.com/lenaariani81

Dobos torte adalah sejenis kue bolu yang memiliki lapisan cokelat butter cream yang dilumuri oleh karamel yang nikmat. Makanan ini dikenal sebagai hidangan paling populer dan lezat di Hongaria. 

Kuenya yang nikmat, tentu cocok menemani saat bersantai atau didampingkan dengan kopi hangat.

6. Kurtoskalacs 

6 Kudapan Khas Hongaria, Referensi Sajian Manis dan Gurih di Rumah Instagram.com/brcerturkk

Kurtoskalacs adalah camilan yang wajib aja saat musim dingin, meskipun hidangan ini ada disepanjang musim. Yang menarik, hidangan ini dipanggang di oven yang terbuka sehingga baunya yang harum sangat menggoda. 

Setelah makanan ini selesai dioven, maka pembeli dapat memilih akan ditaburi gula halus pada bagian luarnya, bisa juga bubuk kokoa, kacang walnut, atau bubuk kayu manis yang nikmat.

Kudapan di Hongaria semuanya menggugah selera. Tak ayal menjadi favorit penduduk dan incaran para wisatawan. Kudapan mana nih yang sukses bikin kamu laper?

Baca Juga: 5 Jenis Sup Khas Hongaria, Lezatnya Bikin Nambah Terus

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya