Comscore Tracker

6 Kuliner Khas Fujian-Tiongkok yang Bikin Nambah Porsi, Yummy! 

Kamu akan dibuat ketagihan oleh rasanya

Tiongkok terkenal dengan berbagai menu kulinernya yang telah mendunia. Bahkan di antaranya sudah mudah ditemukan di negara-negara lain. Salah satu kota di negara ini yang juga mempunyai beragam kuliner khas yang terkenal menggoyang lidah adalah Fujian.

Banyak wisatawan setiap tahunnya datang ke sini untuk mencicipi kuliner khasnya. Berikut enam kuliner khas Fujian-Tiongkok yang pasti akan bikin kamu nambah berkali-kali.

1. Pepper steak

6 Kuliner Khas Fujian-Tiongkok yang Bikin Nambah Porsi, Yummy! pepper steak (Instagram.com/chilipeppermadness)

Pepper steak merupakan hidangan Tiongkok-Amerika yang terdiri dari potongan steak yang dibumbui dengan lada segar dalam jumlah yang banyak. Hidangan ini diyakini berasal dari provinsi Fujian di Tiongkok, di mana daging babi awalnya digunakan sebagai pengganti daging sapi.

Saat ini, daging sapi biasanya disiapkan dengan paprika dan irisan bawang bombay. Hidangan ini dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan utama. Seringkali juga disajikan bersama dengan nasi atau mi. 

2. Buddha melompati tembok

6 Kuliner Khas Fujian-Tiongkok yang Bikin Nambah Porsi, Yummy! Buddha melompati tembok (Instagram.com/cutieada)

Buddha melompati tembok atau Buddha jumps over the wall merupakan nama yang tak biasa untuk sebuah makanan. Hidangan khas yang berasal dari provinsi Fujian ini awalnya dibuat pada periode Dinasti Qing.

Proses memasak makanan ini sangat rumit karena membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk menyiapkannya. Bahan-bahannya pun membutuhkan lebih dari 30 bahan seperti sirip hiu, ayam, bebek, babat, urat, ham, ampela, abalon, teripang , telur merpati, jamur, kerang, rebung, dan masih banyak lagi.

Cara pembuatannya yaitu bahan mentah dimasak menjadi hidangan yang berbeda dan terpisah untuk mengembangkan rasa uniknya. Piring kemudian dilapisi dalam toples tanah liat dengan sup dan wine. Sementara itu, daun teratai digunakan untuk menutup toples. Toples tersebut akhirnya diletakkan di atas api untuk dipanaskan.

3. Hújiāo bǐng

6 Kuliner Khas Fujian-Tiongkok yang Bikin Nambah Porsi, Yummy! hújiāo bǐng (Instagram.com/hucco)

Hújiāo bǐng merupakan makanan lezat yang diyakini berasal dari Fuzhou, Fujian. Camilan ini terdiri dari roti yang diisi dengan irisan daun bawang dan daging cincang atau cincang halus. Namun lebih disukai potongan daging babi berlemak yang diasinkan.

Roti biasanya ditaburi biji wijen sebelum dipanggang di oven tanah liat. Selain di Tiongkok, roti ini juga populer di Taiwan yang secara tradisional dijual oleh pedagang kaki lima keturunan Fujian.

Baca Juga: 5 Teknik Memasak Asal China yang Unik Banget, Sudah Tahu Semua?

4. Popiah

6 Kuliner Khas Fujian-Tiongkok yang Bikin Nambah Porsi, Yummy! popiah (Instagram.com/ghostguan)

Popiah merupakan hidangan berbentuk gulungan tradisional Tiongkok. Makanan ini dibungkus dan diisi dengan berbagai bahan. Hidangan ini sering dibandingkan dengan lumpia yang lebih terkenal, namun mereka mempunyai perbedaan utama, yaitu popiah tidak pernah digoreng. Pembungkus seperti krep untuk popiah halus dan ringan, tetapi mudah dilipat untuk menyatukan semua bahan.

Isiannya sangat serbaguna, tetapi biasanya memiliki empat komponen penting, yaitu isian utama, hiasan, bumbu, dan saus. Isi utama bervariasi dari daging dan makanan laut hingga sayuran. Sedangkan untuk bumbunya, diiris tipis yang paling sering digunakan adalah mentimun, sosis Tiongkok, atau telur.

5. Saus shacha

6 Kuliner Khas Fujian-Tiongkok yang Bikin Nambah Porsi, Yummy! saus shacha (Instagram.com/bullhead.bbqsauce.usa)

Saus shacha merupakan bumbu andalan Tiongkok yang sangat populer, terutama di wilayah Fujian. Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatannya adalah bawang putih, cabai, ikan brill, udang kering, bawang merah, dan minyak kedelai.

Bahan-bahan tersebut dihaluskan, lalu digabungkan. Kemudian saus serbagunanya dapat digunakan dalam beberapa cara. Misalnya saja sebagai bumbu untuk tumisan, sebagai bahan dasar dalam berbagai sup, sebagai olesan daging, atau sebagai bahan utama dalam saus celup.

6. Nasi goreng hokkian

6 Kuliner Khas Fujian-Tiongkok yang Bikin Nambah Porsi, Yummy! nasi goreng hokkian (Instagram.com/ae86avante)

Nasi goreng hokkian merupakan hidangan nasi populer yang berasal dari provinsi Fujian. Dalam pembuatannya, nasi dan telur pertama-tama digoreng bersama. Proses selanjutnya bahan tersebut diberi kuah kental yang terbuat dari ayam, jamur kering, makanan laut, dan sayuran yang diletakkan di atasnya.

Bahan-bahan tersebut harus digoreng dengan menggunakan api besar karena bila wajan tidak cukup panas, maka nasi goreng bisa encer.

Makanan khas Fujian di atas tentu kaya rasa dan sukses menggoyang lidahmu. Selain itu, hidangan-hidangan tersebut juga mempunyai rasa yang khas yang susah bikin move on!

Baca Juga: 7 Variasi Baozi asal China Paling Populer, Roti Kukus Mengenyangkan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya