Comscore Tracker

5 Ragam Kuliner Khas Spanyol yang Berasal dari Moluska, Unik! 

Contohnya adalah kerang dan cumi-cumi  

Mungkin sebagian orang asing dengan kata moluska. Padahal makanan ini mungkin menjadi salah satu hidangan favorit banyak orang. Contoh dari moluska sendiri adalah kerang, cumi-cumi, hingga siput.

Ternyata Spanyol memiliki beragam makanan yang berbahan dasar moluska, lho. Hidangan tersebut cukup terkenal dan populer sebagai hidangan yang nikmat. Berikut 5 ragam kuliner khas Spanyol yang berasal dari moluska.

1. Chipirones en su tinta

5 Ragam Kuliner Khas Spanyol yang Berasal dari Moluska, Unik! chipirones en su tinta (instagram.com/pezfuegorestaurante)

Chipirones en su tinta merupakan makanan tradisional yang berasal dari wilayah Basque. Makanan ini dibuat dengan membakar dan merebus cumi-cumi utuh hingga empuk.

Kemudian cumi-cumi tadi dihidangkan dalam tumis sayuran yang dihaluskan, bawang putih, dan white wine. Semua bahan diwarnai dengan tinta cumi atau sotong.

Disarankan untuk menyiapkan hidangan ini sehari sebelumnya, agar cumi menyerap rasa saus dan menjadi lebih empuk.

2. Arròs negre

5 Ragam Kuliner Khas Spanyol yang Berasal dari Moluska, Unik! arròs negre (instagram.com/mpaletgo)

Arròs negre merupakan makanan yang berasal dari Valencia dan Catalonia. Makanan ini dibuat dengan nasi putih, cumi-cumi atau sotong, dan tinta cumi-cumi yang akan memberi warna hitam khas pada makanan.

Hidangan satu ini juga sering diperkaya dengan tambahan bawang putih, bawang bombai, kaldu ikan, paprika cubanelle, minyak zaitun, dan paprika manis.

Baca Juga: 5 Hidangan Lezat Khas Spanyol yang Bisa Dikonsumsi oleh Vegetarian

3. Almejas a la marinera

5 Ragam Kuliner Khas Spanyol yang Berasal dari Moluska, Unik! almejas a la marinera (instagram.com/amayamartorell)

Almejas a la marinera merupakan makanan tradisional yang berasal dari Sevilla. Makanan ini dibuat dengan kombinasi kerang segar, bawang, bawang putih, tomat, pimentón, minyak zaitun, peterseli, dan sherry kering atau white wine.

Almejas a la marinera dimasak sampai cangkang kerang terbuka dan sausnya memiliki konsistensi yang agak kental.

Ketika dihidangkan, makanan ini secara tradisional akan disertai dengan roti untuk disantap bersama saus yang tersisa setelah kerangnya habis.

4. Mejillones en escabeche

5 Ragam Kuliner Khas Spanyol yang Berasal dari Moluska, Unik! mejillones en escabeche (instagram.com/javierperezglez)

Mejillones en escabeche merupakan metode tradisional Spanyol untuk mengawetkan kerang. Kerang tadi akan dicampur dengan cuka, minyak zaitun, white wine, bawang merah, bawang putih, daun salam, merica, dan paprika.

Mejillones en escabeche dapat dihidangkan dalam keadaan panas atau dingin. Hidangan ini juga sering disajikan dengan irisan roti untuk menyantap saus yang tersisa.

5. Calamares encebollados

5 Ragam Kuliner Khas Spanyol yang Berasal dari Moluska, Unik! calamares encebollados (instagram.com/gastronomicon_bcn)

Calamares encebollados merupakan hidangan tradisional yang terbuat dari kombinasi cumi-cumi, bawang merah, bawang putih, minyak zaitun, daun salam, peterseli, anggur putih, dan garam.

Sebelum disajikan, biasanya calamares encebollados yang sudah matang akan ditaburi dengan peterseli cincang.

Itulah 5 makanan khas Spanyol berbahan moluska. Cukup bikin kamu ngiler untuk mencicipinya, gak?

Baca Juga: 9 Fakta Tortilla de Patata, Telur Dadar Khas Spanyol yang Lezat

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya