Comscore Tracker

5 Makanan Berkuah Khas Banjarmasin, Lezat dan Bikin Hangat Badan

Di sini kamu tak hanya bisa mencicipi soto banjar saja

Saat berkunjung ke Banjarmasin, jangan hanya mencoba kulinernya yang berupa soto banjar. Kamu juga bisa mencicipi hidangan berkuah lainnya yang tak kalah nikmat. Makanan-makanan ini terbuat dari bahan, bumbu, serta rempah pilihan, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan disempurnakan dengan aromanya yang menggoda.

Makin dibikin penasaran dengan beragam makanan berkuah khas Banjarmasin? Berikut ini daftarnya.

1. Soto banjar

5 Makanan Berkuah Khas Banjarmasin, Lezat dan Bikin Hangat Badansoto banjar (instagram.com/soto_banjar_kahuripan)

Soto banjar menjadi salah satu hidangan khas Banjarmasin yang sangat terkenal. Kamu bahkan tak perlu langsung ke sana untuk merasakan kelezatannya, karena makanan ini mudah ditemukan di banyak daerah yang tersebar di Indonesia.

Soto banjar terbuat dari suwiran daging ayam dengan aromanya yang harum yang dihasilkan dari rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Umumnya di dalam kuahnya juga sedikit ditambahkan susu.

Untuk membuatnya makin maknyus, maka diberi pelengkap seperti perkedel, sate, telur rebus, dan ketupat.

2. Gangan paliat

5 Makanan Berkuah Khas Banjarmasin, Lezat dan Bikin Hangat Badangangan paliat (instagram.com/myfood.mydrink)

Gangan paliat merupakan makanan berkuah yang terbuat dari ikan baung, ikan tauman, ikan patin, atau udang. Kemudian seafood tersebut disiram dengan kuah santan.

Sekilas hidangan ini mirip dengan opor. Hanya saja perbedaannya terletak pada campuran santan dan kunyit yang digunakan agar lebih kental. Makanan ini mempunyai cita rasa yang gurih dan lezat. Biasanya dihidangkan bersama dengan nasi hangat.

Baca Juga: 5 Resep Kue Basah Khas Banjarmasin, Cocok Jadi Menu Takjil!

3. Lontong orari

5 Makanan Berkuah Khas Banjarmasin, Lezat dan Bikin Hangat Badanlontong orari (instagram.com/rindusakinah)

Lontong orari terdiri dari dua lontong dengan ukuran besar yang berbentuk lebar dan pipih. Selanjutnya disiram dengan kuah nangka dan dilengkapi dengan lauk seperti ikan Haruna, ayam, atau telur rebus.

Hidangan ini mempunyai citarasa yang khas, gurih, dan pedas karena umumnya dberi tambahan sambal. Berbeda dengan lontong sayur pada umumnya, lontong orari biasanya dijual hingga malam hari.

4. Sop mutiara

5 Makanan Berkuah Khas Banjarmasin, Lezat dan Bikin Hangat Badansop mutiara (instagram.com/foo.ga)

Menu selanjutnya yang tak kalah nikmat adalah sop mutiara. Makanan ini terbuat dari kombinasi bakso, kuah susu, wortel, bawang merah, dan bawang putih serta berbagai bahan lainnya. Terkadang banyak orang yang menambahkannya dengan sosis atau ayam.

Hidangan ini berbeda dari sop pada umumnya karena mempunyai cita rasa yang unik serta autentik sehingga seringkali menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin.

5. Ketupat kandangan

5 Makanan Berkuah Khas Banjarmasin, Lezat dan Bikin Hangat Badanketupat kandangan (instagram.com/zuliner)

Ketupat kandangan merupakan hidangan yang berupa ketupat dengan kuah. Makanan ini unik karena menjadikan ikan haruan atau ikan gabus sebagai menu pelengkapnya, namun ikan haruannya terlebih dahulu dipanggang.

Selanjutnya ikan tersebut dimasak bersamaan dengan santan dan bumbu khas lainnya seperti kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga. Setelah jadi, kemudian disiram di atas ketupat. Rasa kuahnya gurih dan ditambah dengan perasan jeruk nipis, tentu menghasilkan rasa yang tiada tara.

Tak hanya lezat, hidangan khas Banjarmasin di atas mempunyai kuah hangat yang bikin tubuh rileks. Dari kelima makanan tersebut, manakah yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: 10 Wisata Banjarmasin yang Bikin Liburan Makin Berkesan 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya