Comscore Tracker

Mantap, 5 Makanan Khas Ciamis yang Bakal Bikin Lidahmu Bergoyang

Apa saja ya makanan khas Ciamis yang patut dicoba?

Ciamis adalah salah satu kota yang berada di Jawa Barat. Tak hanya unggul dari segi pariwisatanya yang menarik untuk dikunjungi, Ciamis juga mempunyai banyak kuliner khas yang patut dicoba, seperti camilan hingga makanan berat yang terkenal lezat. Kamu pasti dibikin ketagihan sekali coba.

Bila kamu berencana liburan ke Ciamis, jangan lupa mencicipi lima kuliner khasnya yang bikin lidah bergoyang berikut. Check it out!

1. Pindang gunung 

Mantap, 5 Makanan Khas Ciamis yang Bakal Bikin Lidahmu Bergoyangpindang gunung (instagram.com/mypangandaran)

Pindang gunung menjadi makanan yang sangat pas saat dinikmati bersamaan dengan nasi hangat. Bahan utama yang bisa digunakan adalah ikan laut seperti kakap merah atau bahkan tongkol. Aroma khas dari ikan laut dapat meningkatkan kenikmatan dari hidangan ini.

Pindang gunung disempurnakan dengan kombinasi bumbu dan rempah seperti jahe, kemiri, cabe, penyedap rasa alami, dan terasi yang akan memperkaya rasa.

Bila kamu tertarik mencicipinya, maka kamu tak usah bingung karena makanan ini sangat mudah ditemukan di rumah makan, warung kopi, dan tempat-tempat makan lainnya di sekitar Ciamis.

2. Galendo 

Mantap, 5 Makanan Khas Ciamis yang Bakal Bikin Lidahmu Bergoyanggalendo (instagram.com/galendo_id)

Galendo menjadi salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Ciamis. Selain menjadi camilan yang nikmat, sajian ini sering menjadi oleh-oleh.

Galendo mempunyai cita rasa yang manis dan gurih. Bahan utama pembuatannya adalah sari pati kelapa yang mengalami proses pengendapan. Setelah itu, proses ini menghasilkan minyak dan endapan. Selanjutnya endapan ini mengalami pengeringan hingga menjadi serbuk yang menjadi galendo.

Terdapat beberapa varian rasa yang semakin menarik minat wisatawan, seperti rasa original, susu, cokelat dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Tempat Angker di Ciamis yang Terkenal Horor, Bikin Merinding!  

3. Mie golosor

Mantap, 5 Makanan Khas Ciamis yang Bakal Bikin Lidahmu Bergoyangmie golosor (instagram.com/cilok_seblak_makdor)

Mie golosor tak hanya terkenal di Ciamis. Hidangan ini juga memperoleh ketenarannya di daerah-daerah Jawa Barat lainnya.

Mie golosor mempunyai tekstur yang cukup unik karena bentuk mie yang agak sedikit besar, namun sangat empuk dan licin. Tekstur yang demikian membuatnya sangat mudah untuk ditelan.

Tak hanya dalam bentuk mi goreng, kamu juga akan menemui mi ini dengan kuah yang gurih. Salah satu varian mi yang sering diolah adalah mi bakso yang pastinya cukup mengenyangkan dan sukses memanjakan lidah.

4. Gula kelapa

Mantap, 5 Makanan Khas Ciamis yang Bakal Bikin Lidahmu Bergoyanggula kelapa (instagram.com/murakabiminggir)

Gula kelapa menjadi makanan serbaguna yang dapat dijadikan tambahan beragam hidangan manis. Di wilayah Ciamis, proses pembuatannya masih menggunakan proses yang tradisional. Hal inilah yang membuat citarasa yang dihasilkan sangat jauh berbeda dari pembuatan gula kelapa yang telah modern.

Jenis kelapa apa saja dapat dipakai dalam pembuatannya. Namun perbedaan rasa akan muncul pada bahan kelapa yang digunakan.

5. Kecimpring 

Mantap, 5 Makanan Khas Ciamis yang Bakal Bikin Lidahmu Bergoyangkecimpring (instagram.com/mrfoodjournal)

Kecimpring adalah jajanan khas Ciamis yang bikin penasaran untuk dicoba. Camilan ini sering disebut sebagai keripik atau kerupuk singkong.

Bahan-bahan pembuatannya antara lain singkong yang diparut halus dan ditambahkan dengan bumbu dan rempah seperti bawang putih, cabai, daun bawang, serta penyedap rasa lainnya. Setelah tercampur rata membentuk adonan, kemduian dicetak tipis-tipis. Selanjutnya masuk ke tahap pengukusan. Lalu dijemur hingga benar-benar kering dan siap untuk digoreng.

Beberapa sajian Khas Ciamis di atas bakalan menjadi makanan favorit kalian. Rasanya bisa bikin kangen! 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Ciamis, Pas buat Kamu yang Butuh Refreshing

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya