Comscore Tracker

5 Makanan Khas Estonia yang Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!

Keunikannya bikin kamu penasaran mencicipinya

Estonia adalah salah satu negara yang terletak di Eropa bagian Utara. Negara ini tak hanya terkenal dengan objek wisatanya yang memikat, namun juga berbagai hidangan khas yang sukses membuat penikmatnya ingin terus mencobanya. Pengunjung dapat mencoba berbagai hidangan, mulai dari yang gurih, asin, hingga manis. 

Banyak makanan tradisional di negara ini yang menjadi buruan para wisatawan saat berkunjung karena memiliki rasa yang khas dan sulit ditemukan di negara lain. Berikut lima makanan khas Estonia yang rasanya dijamin bikin ketagihan!

1. Mulgipuder

5 Makanan Khas Estonia yang Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!Instagram.com/koshkinaalena

Mulgipuder merupakan sejenis bubur yang populer di pedesaan. Umumnya yang memakan makanan ini adalah petani, yang mana mereka menganggap kalau makanan lezat ini merupakan makanan mewah.

Bubur ini terdiri dari jelai tumbuk dan kentang. Biasanya juga ditambahkan bacon dan tumis bawang. Makanan ini disajikan berdampingan dengan menu utama bersama dengan krim asam dan roti gandum hitam yang merupakan salah satu makanan favorit penduduk Estonia. 

Selain itu, bubur ini juga bisa menjadi lauk yang menemani berbagai sajian daging panggang.

2. Kama

5 Makanan Khas Estonia yang Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!foodforthoughtmondo.wordpress.com

Kama adalah makanan khas Estonia yang akan sulit ditemukan di tempat lain. Makanan ini merupakan campuran tepung halus tradisional asal negara ini yang bahan-bahannya terdiri dari gandum hitam, gandum panggang, oat, dan tepung kacang. Namun, oat di sini bisa diganti dengan tepung terigu. 

Untuk menambahkan kelezatan makanan ini, bisa ditambahkan dengan buttermilk yang menggoda. Umumnya hidangan ini disajikan sebagai makanan penutup, namun juga tak sedikit yang memilih makanan ini untuk sarapan. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Estonia Ini Wajib Dikunjungi, Indahnya Bukan Main!

3. Aspic

5 Makanan Khas Estonia yang Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!Instagram.com/varimketo

Aspic adalah makanan tradisonal yang bahannya dibuat menjadi gelatin yang berasal dari kaldu daging. Aspic dapat memiliki rasa yang manis yang dibuat dengan campuran gelatin komersial tanpa menggunakan kaldu yang nantinya disebut salad gelatin. 

Selain itu, sajian aspic dengan cita rasa gurih dibuat dari kaldu dingin yang berasal dari daging beku yang biasanya ditambahkan dengan potongan daging, sayur-sayuran, dan buah-buahan. 

Umumnya makanan ini selalu ada sebagai hidangan meriah pada acara besar terutama Natal dan Paskah.

4. Kiluvõileib

5 Makanan Khas Estonia yang Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!Instagram.com/finnishgovernment

Kiluvõileib adalah sejenis sandwich tradisional yang terdiri dari roti gandum hitam yang didalamnya telah ditambahkan olesan mentega dan sprat. Terkadang juga ditambahkan telur rebus dan saus di atas roti.

Sprat sendiri adalah salah satu komuditas dari laut Baltik sehingga membuat olahan ikan ini menjadi populer di Estonia dan membuatnya mudah ditemui di banyak restoran. Makanan ini juga dapat hidangkan kapan saja dan mudah ditemui di berbagai acara perayaan.

5. Rosolje

5 Makanan Khas Estonia yang Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!Instagram.com/tervisestaar

Rosolje adalah sejenis lauk-pauk tradisional yang terkenal dan populer di negara Estonia. Makanan ini biasanya terdiri dari salad kentang dan bit. Yang menarik, salad ini memiliki warna merah muda yang menggoda. Umumnya menu ini dijadikan di berbagai perayaan dan pesta.

Hidangan ini terdiri dari potongan bit merah dan kentang serta beberapa tambahan seperti acar, lobak, bawang cincang, krim asam, mayones, mustard, dan ikan haring. 

Makanan khas Estonia ini memiliki tampilan yang menggugah selera. Selain itu, makanan ini juga sering menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung karena rasanya yang lezat. Siapa nih yang sudah pengin coba berbagai makanan nikmat ini?

Baca Juga: 7 Makanan Khas Rumania Berbahan Dasar Daging, Nikmat dan Bikin Ngiler!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya