Comscore Tracker

5 Makanan Khas Latvia Berbahan Dasar Daging, Nikmat dan Bikin Ngiler!

Rasa autentiknya melekat di lidah!

Latvia adalah salah satu negara yang sebagian besar penduduknya menyukai olahan daging dari berbagai hewan, seperti babi, sapi, domba, hingga kambing. Mereka mengolahnya dengan berbagai cara dan dicampur dengan beragam bumbu untuk menambah kelezatan. Oleh karena itu, rasa dari daging tersebut juga bervariasi, ada yang gurih, renyah, hingga asin.

Olahan daging ini juga terkadang mempunyai kandungan lemak yang tinggi, namun mereka tetap menyandingkannya dengan berbagai sayuran sehat.

Berikut lima makanan khas Latvia berbahan dasar daging, nikmat dan bikin ngiler!

1. Speck

5 Makanan Khas Latvia Berbahan Dasar Daging, Nikmat dan Bikin Ngiler!Instagram.com/serena_apranzounpanino

Speck adalah makanan berat yang berupa daging asap yang berasal dari perut babi. Kandungan lemak dari makanan ini sangatlah tinggi, namun tetap saja makanan ini menjadi favorit banyak orang sejak zaman dahulu.

Makanan ini tergolong sederhana karena cukup diberikan campuran kacang polong dan juga daun bawang. Meskipun sederhana, namun tetap memiliki rasa yang lezat dan bikin ketagihan.

2. Karbonade

5 Makanan Khas Latvia Berbahan Dasar Daging, Nikmat dan Bikin Ngiler!Instagram.com/24kitchen_nl

Karbonade adalah daging babi yang mengalami proses penggorengan, tak ayal membuatnya renyah dan gurih. Makanan akan ditambahkan sup jamur kental untuk menambah cita rasa pada hidangan. 

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain daging babi yang diiris tipis, telur, tepung, minyak sayur untuk menggoreng, garam, merica, mentega, bawang bombai dan bawang putih yang dicincang, lemon, hingga adas.

Baca Juga: 9 Hidangan Khas Negara Latvia yang Sayang Dilewatkan, Wajib Coba! 

3. Asinsdesa

5 Makanan Khas Latvia Berbahan Dasar Daging, Nikmat dan Bikin Ngiler!Instagram.com/madame_zefirinsh

Asinsdesa atau sosis darah yang mempunyai ukuran cukup besar. Sosis ini berasal dari usus hewan yang kemudian diisi dengan darah dan daging babi. Selanjutnya makanan ini dimatangkan dengan cara direbus yang membuat isinya menjadi mengeras. 

Sebenarnya sosis ini bisa menggunakan darah dan daging hewan lain, seperti sapi atau domba, namun hasilnya kurang enak.

4. Aukstā Gaļa

5 Makanan Khas Latvia Berbahan Dasar Daging, Nikmat dan Bikin Ngiler!Instagram.com/anechka_busjatinka

Aukstā gaļa atau dalam bahasa Indonesia berarti daging dingin dalam jeli atau juga dikenal sebagai aspic merupakan makanan yang bisa dicampurkan dengan makanan apapun karena rasanya yang enak dan teksturnya yang sangat ringan.

Makanan ini bisa dijadikan makanan utama, sarapan, atau hanya sekadar camilan. Untuk menambah cita rasa, juga bisa ditambahkan dengan lobak atau mustard.

5. Kotletes

5 Makanan Khas Latvia Berbahan Dasar Daging, Nikmat dan Bikin Ngiler!Instagram.com/katecuisine

Kotletes atau dalam bahasa Indonesia berarti roti daging cincang menjadi salah satu makanan populer di negara ini. Makanan ini dapat berupa daging bulat, isian burger, atau isian sandwich yang lezat.

Banyak ragam atau versi dari makanan ini, namun satu hal yang tak pernah berubah adalah rasa daging cincang yang gurih di luar namun juicy di dalam.

Banyak penduduk Latvia yang menyukai olahan daging. Oleh karena itu mereka menyajikannya dalam bentuk yang mulai dari sederhana hingga cara pembuatannya yang cukup rumit. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Daging Domba Khas Islandia, Patut Dicoba!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya