Comscore Tracker

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Enak dan jadi favorit banyak orang nih!

Lithuania adalah salah satu negara yang terkenal akan bentangan alamnya yang luar biasa menakjubkan. Selain itu, negara ini juga terkenal akan wisata kulinernya yang nikmat dan sekaligus sukses menggugah selera. Beragam makanan khas bisa dicoba, mulai dari yang rasanya manis, asin, asam, hingga gurih.

Pilihannya pun juga bervariasi, bisa menjadi menu utama, hidangan penutup, atau sekadar camilan. Banyak di antaranya yang kaya akan rempah-rempah yang tentu menambah kelezatan pada makanan.

Berikut tujuh makanan khas Lithuania yang bikin kamu ketagihan sekali coba!

1. Potato Pancakes

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!Instagram.com/danlovescooking

Kentang menjadi salah satu bahan utama yang menjadi makanan favorit bagi banyak penduduk negara ini. Banyak ragan olahan makanan yang menggunakan kentang. Umumnya pancake di seluruh penjuru dunia menjadikan tepung menjadi bahan utama pembuatannya, berbeda dengan pancake asal Lithuania ini yang menggunakan kentang.

Kentang ini diparut dan dibumbui dengan bawang dan telur. Selanjutnya digoreng ke dalam minyak panas dan dihidangkan dengan adas, daun bawang, dan krim asam. 

2. Cepelinai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!Instagram.com/foodwithpero

Cepelinai memerlukan adonan kentang mentah sebagai bahan utama. Kemudian adonan tersebut diisi daging babi dan dimasak. Umumnya makanan khas negara Lithuania ini dihidangkan bersamaan dengan siraman krim asam dan saus bacon. 

3. Grybukai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!Instagram.com/daivitos_vegan_virtuve

Grybukai adalah kue jamur yang tidak mempunyai bahan apapun dari jamur. Hanya bentuknya saja yang menyerupai jamur. Kue berbentuk kecil ini dibuat dengan berbagai rempah seperti kayu manis, cengkih, kapulaga, dan pala.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Kentang ala Lithuania, Ada Dumpling sampai Puding

4. Kepta Douna

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!Instagram.com/munchies_italia

Kepta douna adalah roti goreng yang berupa roti gandum hitam ala Lithuania yang gurih dan juga sekaligus krispi. Untuk menambah kelezatan pada roti, biasanya ditambahkan dengan garam dan bawang putih. Cara penyajiannya umumnya dicocol ke dalam saus keju yang nikmat.

5. Saltibarsciai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!Instagram.com/marijamarijamarija

Saltibarsciai merupakan makanan sejenis sup yang biasanya bewarna pink yang tentu menggugah selera. Sup kental ini juga dikenal dengan nama chilled borscth. Bahan yang diperlukan untuk pembuatan sup antara lain kefir, beetroot, telur, dan kentang. 

6. Kibinai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!Instagram.com/versockas

Kibinai mempunyai bentuk yang menyerupai pastel yang ada di Indonesia. Namun, bedanya kibinae bertekstur lebih tebal yang mirip dengan roti ukuran besar. Makanan ini umumnya berisi daging domba yang ditambahkan dengan bawang bombai. 

7. Kugelis

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!Instagram.com/odeta_samciouzrasai_

Kugelis adalah pudding yang berbahan dasar kentang yang juga dikategorikan sebagai lasagna. Makanan ini mengalami proses pemanggangan dan dihidangkan dalam keadaan hangat bersamaan dengan daging. 

Lithuania mempunyai beragam makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Beragam makanan ini juga bisa mudah ditemui di tempat-tempat makan yang tersebar di penjuru negeri Dari tampilannya saja sudah pengin mencoba ya. 

Baca Juga: 5 Fakta Republik Uzupis, Negara yang Terletak di Ibu Kota Lithuania 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya