Comscore Tracker

5 Makanan Khas Salatiga yang Rasanya Nendang Abis!

Sekali coba, kamu pasti suka #LokalIDN

Saat berwisata ke Salatiga, jangan hanya menikmati keindahan alamnya saja. Kamu juga bisa sekaligus mencicipi aneka ragam kulinernya yang terkenal nikmat. Hidangan-hidangan ini dibuat dengan racikan bumbu yang menghasilkan cita rasa yang nendang di mulut.

Hidangan berkuah hingga non berkuah pun siap memanjakan lidah. Apa saja makanan khas Salatiga yang sukses bikin penasaran ini? Berikut daftarnya.

1. Sate sapi suruh

5 Makanan Khas Salatiga yang Rasanya Nendang Abis!sate sapi suruh (instagram.com/bookpacker)

Sepertinya namanya, sate ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Potongan dagingnya cukup besar dalam setiap tusuknya sehingga setiap porsi yang disantap cukup memuaskan.

Dagingnya juga empuk, tidak berbau amis, dan pengolahannya pun lebih mudah. Kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan kecap manis, irisan bawang merah, serta jeruk nipis.

Sate sapi suruh biasanya ditambahkan dengan nasi atau lontong. Namun, langsung disantap pun tetap nikmat.

2. Gecok kambing

5 Makanan Khas Salatiga yang Rasanya Nendang Abis!gecok kambing (instagram.com/nuwnick)

Hidangan yang tak kalah enak selanjutnya adalah gecok kambing. Makanan ini merupakan salah satu hidangan khas Salatiga yang cukup populer.

Gecok kambing sekilas mirip dengan tongseng dan mempunyai rasa yang khas dari kuah yang dihasilkan dari racikan rempah-rempah.

Tekstur dari kuahnya agak kasar karena kelapa sangrai. Sedangkan rasa dari ladanya yang tajam melengkapi rasa khas daging kambing.

Umumnya gecok kambing dimasak dalam satu kuali besar. Proses ini membuat rasa dagingnya kaya bumbu dengan daging yang empuk.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Terkenal di Salatiga untuk Kulineran Bersama Keluarga

3. Ronde sekoteng

5 Makanan Khas Salatiga yang Rasanya Nendang Abis!ronde sekoteng (instagram.com/caseiro_bdg)

Ronde sekoteng biasanya dikonsumsi saat musim hujan dan udara dingin yang bertujuan untuk menghangatkan tubuh.

Ronde adalah bulatan berbentuk bola yang terbuat dari tepung beras yang berisi gula merah dan dinikmati di dalam air jahe hangat bersamaan dengan kolang kaling dan kacang tanah.

Sementara itu, sekoteng merupakan minuman dari air jahe yang umumnya disajikan dengan isian kacang hijau, kacang tanah dan irisan roti tawar. Makanan ini kaya rasa dan yang pastinya menjadi buruan wisatawan. 

4. Bakmi djowo

5 Makanan Khas Salatiga yang Rasanya Nendang Abis!bakmi djowo (instagram.com/balekanoman)

Kuliner khas lainnya yang menjadi favorit para wisatawan adalah bakmi djowo. Minya kenyal dan lebar serta kaya rasa karena dikombinasikan dengan racikan bumbu rempah yang pas. Proses pembuatannya pun masih sangat tradisional dengan menggunakan tungku dan kayu bakar.

Biasanya mi juga ditambahkan aneka sayuran, seperti kubis dan sawi. Setelah proses selesai, hidangan ini biasanya dilengkapi dengan tomat, mentimun, serta ditaburi dengan bawang goreng.

5. Soto esto

5 Makanan Khas Salatiga yang Rasanya Nendang Abis!soto esto (instagram.com/salatigadelicious)

Soto esto menjadi menu yang pas karena bisa menghangatkan tubuh ditengah-tengah cuaca yang dingin di Salatiga. Sajian ini mempunyai kuah kaldu bening kekuningan yang dikombinasikan dengan santan. 

Seporsinya berisi nasi soto, mi beras, irisan ayam, dan kerupuk kerak yang dibuat dari nasi yang dikeringkan. Jika diinginkan, penikmatnya bisa menambah lauk seperti sate kerang, sate telur puyuh, dan sate ati.

Salatiga memiliki beragam kuliner yang siap membuat lidah senang. Banyak pilihan yang akan membuatmu kalap. Bikin jadi gagal diet, nih!

Baca Juga: 10 Pesona Desa Tingkir Lor, Wisata Edukasi Favorit di Salatiga

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya