Comscore Tracker

5 Olahan Ayam Khas Prancis, Paduan Rasa Creamy yang Lezat!

Karena Prancis tak hanya terkenal dengan escargot saja

Prancis adalah salah satu negara yang menjadi destinasi wisata favorit pelancong dunia. Saat berada di sana, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah menikmati ragam kuliner khasnya.

Salah satu hidangan yang menarik perhatian adalah makanan yang berbahan dasar daging ayam. Jika kamu penyuka olahan ayam dan akan menjadikan Prancis destinasi wisata kuliner selanjutnya, maka daftar olahan di bawah ini patut kamu coba.

1. Poulet basquaise

5 Olahan Ayam Khas Prancis, Paduan Rasa Creamy yang Lezat!poulet basquaise (instagram.com/satitchen)

Poulet basquaise merupakan hidangan yang terdiri dari potongan ayam yang direbus dalam piperade yang terbuat dari manisan saus paprika merah dan hijau, tomat, bawang bombay, bawang putih, minyak zaitun, white wine, bunga garni. Hidangan ini  memerlukan bumbu seperti merica biasa dan merica espelette.

Poulet basquaise umumnya berwarna merah yang menggoda dan biasa disantap dengan nasi atau dengan pasta.

2. Coq au riesling

5 Olahan Ayam Khas Prancis, Paduan Rasa Creamy yang Lezat!coq au riesling (instagram.com/spectatorlife)

Coq au riesling merupakan hidangan yang terdiri dari paha ayam, bacon, dan jamur. Semua bahan direbus dalam white wine, jamur, dan krim sehingga menjadikan daging ayamnya mempunyai tekstur lembut dengan rasa yang menggugah selera.

Makanan ini umumnya dihidangkan bersama nasi hangat atau diletakkan di atas pasta al dente. Roti juga dapat digunakan untuk menyerap saus. Sementara itu, beberapa orang memasangkan hidangan ini dengan salad hijau zesty.

Baca Juga: 5 Makanan Rebusan Khas Prancis yang Kaya Rasa, Nikmatnya Nyata!

3. Gaston gérard chicken

5 Olahan Ayam Khas Prancis, Paduan Rasa Creamy yang Lezat!gaston gérard chicken (instagram.com/souled.pepper)

Gaston gérard chicken merupakan makanan yang terdiri dari ayam yang ditumis dengan mentega atau minyak. Kemudian bahan tersebut dikombinasikan dengan saus yang terbuat dari white wine burgundy, krim kental, keju parut, dan mustard dijon.

Makanan ini umumnya dipasangkan bersama dengan segelas white wine yang dianggap sebagai penyempurna hidangan.

Gaston gérard chicken juga bisa disajikan bersama dengan kentang goreng, roti, atau bahkan pasta. Beberapa orang menjadikannya isian dari burger.

4. Poulet au cidre

5 Olahan Ayam Khas Prancis, Paduan Rasa Creamy yang Lezat!poulet au cidre (instagram.com/mrsmartinezcooks)

Poulet au cidre merupakan makanan yang terbuat dari campuran dada ayam, bawang, apel, mentega, krim, dan pala. Cara pembuatannya yaitu bawang dan apel ditumis dengan mentega, kemudian ayamnya dicokelatkan dan dikombinasikan dengan sari buah apel.

Semua bahan tersebut lalu direbus sampai sarinya berkurang. Lalu krim ditambahkan sehingga saus mengembangkan konsistensi yang tepat. Untuk menambah cita rasa, maka makanan ini diberi bumbu yang terdiri dari pala, garam, dan merica.

Cara penyajian hidangan ini adalah dengan cara menutupi ayam dengan saus apel dan bawang yang lembut.

5. Poulet au vinaigre

5 Olahan Ayam Khas Prancis, Paduan Rasa Creamy yang Lezat!poulet au vinaigre (instagram.com/anninamakingmemories)

Poulet au vinaigre merupakan makanan yang berupa ayam dalam saus cuka krim. Dalam pembuatannya, memerlukan bahan seperti potongan ayam, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, tarragon, tomat, krim, kaldu ayam, white wine, dan cuka red wine.

Setelah siap, ayam kemudian diletakkan ke piring dan ayam akan disiram dengan saus. Makanan ini biasanya dihiasi dengan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay yang akan memperkaya rasa. 

Dari visualnya saja, terlihat olahan ayam di atas sungguh menggugah selera ya! Kira-kira, olahan ayam mana yang ingin kamu coba?

Baca Juga: 11 Olahan Ayam Paling Enak di Asia Tenggara, Ada Ayam Penyet!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya