Comscore Tracker

5 Olahan Daging Khas Uzbekistan yang Rasanya Bikin Lidah Berdansa

Apa saja ya olahan daging khas Uzbekistan yang wajib dicoba?

Uzbekistan adalah salah satu negara yang kaya akan kulinernya. Beragam menu andalan dapat dinikmati di sini. Salah satunya adalah olahan dagingnya. 

Makanan berbahan dasar daging sangat mudah ditemukan di sini. Hidangan ini mempunyai aroma yang sedap dengan rasa yang memanjakan lidah.

Berikut 5 olahan daging khas Uzbekistan yang rasanya bikin lidah berdansa. Penasaran?

1. Dimlama

5 Olahan Daging Khas Uzbekistan yang Rasanya Bikin Lidah Berdansadimlama (instagram.com/whonoms)

Dimlama merupakan rebusan tradisional yang terbuat dari campuran daging domba atau sapi, bawang merah, kentang, wortel, paprika, tomat, bawang putih, lobak, labu, daun bawang, jintan, dan kubis. Setiap rumah biasanya mempunyai resep yang berbeda-beda.

Cara pembuatannya yaitu, pertama-tama daging domba dicokelatkan dengan bawang bombay. Lalu sayuran lainnya dilapiskan di atasnya tanpa mengaduk panci. Sementara itu, lapisan terakhir adalah kubis yang membantu 'mengunci' jus beraroma di dalam pot.

2. Plov

5 Olahan Daging Khas Uzbekistan yang Rasanya Bikin Lidah Berdansaplov (instagram.com/posylka.de)

Plov atau biasa disebut dengan pilaf atau pulao merupakan makanan berupa olahan nasi yang ditumis bersama dengan rempah-rempah di dalam minyak. Semua bahan lalu dimasak hingga menimbulkan warna kekuningan dan ditanak dengan menggunakan air kaldu. 

Hidangan ini kaya akan rempah dan mempunyai aroma yang sedap. Makanan ini tak hanya populer di Uzbekistan, namun juga mudah ditemukan di Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Selatan, Afrika Timur, dan Amerika Latin.

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Uzbekistan yang Terkenal Lezat, Rasanya Unik!

3. Tashkent Salad

5 Olahan Daging Khas Uzbekistan yang Rasanya Bikin Lidah Berdansatashkent salad (instagram.com/soroka_eats)

Tashkent salad merupakan salah tradisional yang umumnya terbuat dari campuran bawang, lobak, mayones, telur, daun bawang, minyak, ketumbar, dill, peterseli, dan daging. Daging dapat menggunakan daging kambing atau sapi.

Cara pembuatannya yaitu, dagingnya direbus dan dipotong-potong. Sementara itu, bawangnya diiris tipis dan digoreng dengan minyak. Kemudian lobak dipotong-potong, direndam dalam air dingin, dan dikeringkan.

Semua bahan yang mencakup daging, lobak, bawang goreng, garam, merica, dan mayones dicampur. Setelahnya ditaburi dengan daun bawang, diberi bumbu, dan telur rebus yang dipotong empat.

4. Manti

5 Olahan Daging Khas Uzbekistan yang Rasanya Bikin Lidah Berdansamanti (instagram.com/mr.dumplingtr)

Manti tak hanya terkenal di Uzbekistan, namun juga populer di Turki dan Armenia. Makanan ini berupa pangsit yang memiliki isian daging cincang dan bawang bombay. Untuk menambah cita rasa, pangsit umumnya diberi saus yang terdiri dari yogurt dan bawang putih.

Nama pangsit ini berasal dari mantu, yang juga berarti pangsit. Manti dapat dikonsumsi bersamaan dengan acar sebagai penyegar mulut.

5. Chuchvara

5 Olahan Daging Khas Uzbekistan yang Rasanya Bikin Lidah Berdansachuchvara (instagram.com/terracottauae)

Chuchvara merupakan pangsit tradisional yang mempunyai banyak jenis. Namun yang paling umum terbuat dari daging cincang halus yang menggunakan daging sapi atau kambing, sementara itu daging babi tidak pernah digunakan. 

Adonan dibuat dengan tepung terigu, telur, garam, dan air. Sedangkan isiannya terbuat dari daging domba atau sapi, bawang bombay, dan bumbu.

Untuk kaldunya berisi bawang bombay, wortel, tomat, dan potongan daging di atasnya. Adonan kemudian direbus ke dalam kaldu dengan campuran sayuran dan daging goreng.

Uzbekistan mempunyai beragam olahan daging yang biasanya menggunakan daging sapi atau kambing. Olahan daging ini kaya akan rasa karena terbuat dari rempah-rempah pilihan. Wah, bikin penasaran untuk mencobanya nih!

Baca Juga: Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Uzbekistan yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya