Comscore Tracker

5 Olahan Nasi Khas Temanggung, Rasanya Nikmat Banget!

Perut dan lidah dijamin puas saat mencobanya #LokalIDN

Temanggung merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Wilayahnya tak hanya unggul dalam berbagai destinasi wisatanya, namun juga beragam kulinernya yang lezat pun bisa membuat para wisatawan betah berkunjung.

Salah satu hidangannya yang sukses menarik banyak pengunjung adalah olahan nasinya yang terkenal mempunyai rasa yang khas. Tak hanya nasi, menu ini juga dilengkapi dengan banyak lauk yang membuatnya makin menggiurkan.

Berikut lima olahan nasi khas Temanggung yang mempunyai rasa mantap. Kamu pasti suka!

1. Sego gono

5 Olahan Nasi Khas Temanggung, Rasanya Nikmat Banget!sego gono (instagram.com/rani_mamaalbel)

Sego gono atau biasanya disebut nasi gono, sekilas mirip dengan nasi campur atau nasi goreng yang dimasak tanpa menggunakan kecap. Cita rasa yang dihasilkan sangat kaya rasa yaitu kombinasi dari rasa yang gurih dan asin.

Sego gono dibuat dengan nasi, daun lembayung, kelapa parut, dan ikan teri. Banyak orang yang menambahkan dengan beragam lauk, seperti ayam goreng, tahu goreng, hingga telur rebus.

2. Sego urap

5 Olahan Nasi Khas Temanggung, Rasanya Nikmat Banget!sego urap (instagram.com/don_masak)

Sego urap atau nasi urap menjadi salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan saat berada di Temanggung. Satu porsinya biasanya terdiri dari nasi hangat yang diberi beragam lauk sayur-sayuran hijau dan diberi tambahan parutan kelapa.

Sego urap mempunyai cita rasa yang luar biasa, yaitu kombinasi pedas, gurih, asin, dan manis. Biasanya kerupuk, ikan asin, ayam bakar, tempe, dan tahu ditambahkan sebagai pelengkap. 

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Temanggung yang Kece Banget 

3. Nasi goreng tembakau

5 Olahan Nasi Khas Temanggung, Rasanya Nikmat Banget!nasi goreng tembakau (instagram.com/heriirfani)

Temanggung mempunyai beragam kuliner yang unik dengan rasa yang nikmat. Salah satunya adalah nasi goreng tembakau. Berbeda dengan hidangan nasi goreng pada umumnya, sajian ini dicampur dengan bubuk tembakau yang telah dihaluskan bersamaan dengan bumbu lainnya.

Dalam proses pembuatannya, biasanya menggunakan tembakau srintil. Hal tersebut dikarenakan jika dibandingkan dengan tembakau biasa, tembakau jenis ini mempunyai kualitas yang lebih baik dan harganya juga lebih mahal.

Cita rasa tembakau nikmat yang dipadukan dengan racikan bumbu pilihan tentu menambah kelezatan dan kenikmatan yang luar biasa.

4. Nasi tempong khas Temanggung

5 Olahan Nasi Khas Temanggung, Rasanya Nikmat Banget!nasi tempong khas Temanggung (instagram.com/nasitempongindra)

Nasi tempong khas Temanggung menjadi salah satu menu atau kuliner unggulan yang bisa dicoba. Karena kepopulerannya, maka wisatawan dapat menemukannya di berbagai warung makan atau restoran yang tersebar di wilayah Temanggung.

Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan lauk yang meria, seperti ayam goreng, tahu goreng, ikan asin, hingga beragam sayuran. Bagi yang suka pedas, maka bisa ditambahkan dengan sambal terasi.

5. Kupat tahu batoar

5 Olahan Nasi Khas Temanggung, Rasanya Nikmat Banget!kupat tahu batoar (instagram.com/kupattahu.batoar)

Mungkin banyak daerah di Indonesia yang mempunyai hidangan khas yang berupa kupat tahu. Salah satunya adalah kupat tahu batoar yang mempunyai cita rasa bumbu kacang yang sangat kuat.

Tak hanya ketupat, hidangan ini juga dilengkapi dengan potongan sayur, kuah kacang, bawang goreng, dan tentunya kecap. Kuah gurihnya membuatnya makin nikmat. Bagi yang suka dengan rasa pedas, maka bisa ditambahkan dengan sambal.

Temanggung mempunyai beragam olahan nasi dengan rasa yang bisa diadu. Kelezatannya tentu tak diragukan lagi. Dari berbagai kuliner di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Trivia Nasi Ulam, Nasi Campur khas Betawi yang Mulai Langka

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya