Comscore Tracker

5 Olahan Tahu Khas Jawa Barat, Rasanya Sulit Ditolak!

Cek, ada makanan kesukaanmu? #LokalIDN 

Jawa Barat dikenal sebagai salah satu wilayah dengan jumlah pilihan kulinernya yang melimpah. Hidangan khasnya pun mempunyai rasa yang nikmat dan sedap. Salah satunya adalah olahan tahunya. 

Beragam makanan tersebut dapat dinikmati dan pastinya sukses bikin lidah bergoyang. Jika berencana liburan ke Tanah Pasundan, pastikan kamu mencicipi aneka jenis olahan tahunya berikut ini.

1. Gehu

5 Olahan Tahu Khas Jawa Barat, Rasanya Sulit Ditolak!gehu (instagram.com/ocha_chupid)

Gehu adalah singkatan dari tauge tahu yang merupakan tahu goreng tepung yang mempunyai isian tauge atau kecambah. Kudapan khas Jawa Barat ini juga dicampurkan dengan bihun, wortel dan kol. Bagi pencinta pedas, maka wajib mencoba hidangan ini.

Banyak orang yang menyebutnya gehu jelotot karena memberikan sensasi seakan membuat mata melotot pada berbagai tingkat kepedasannya.

Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu menyiapkan uang mulai dari Rp2.000-4.000.

2. Tahu sumedang

5 Olahan Tahu Khas Jawa Barat, Rasanya Sulit Ditolak!tahu sumedang (instagram.com/jktfoodbang)

Tahu sumedang mempunyai cita rasa yang gurih dengan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Hidangan ini dibuat dari kedelai yang direndam terlebih dahulu selama 4 – 6 jam untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Untuk memperkuat rasa, kamu dapat menghidangkannya dengan tambahan cabai rawit atau saus sambal. Tak hanya menjadi camilan, makanan ini juga bisa menjadi oleh-oleh khas Jawa Barat yang populer.

Baca Juga: Resep Membuat Tahu Gejrot, Kuliner Khas Cirebon yang Menggoyang Lidah

3. Tahu gejrot

5 Olahan Tahu Khas Jawa Barat, Rasanya Sulit Ditolak!tahu gejrot (instagram.com/alinech)

Jawa Barat memang surganya bagi mereka yang suka pedas. Kuliner lain yang tak kalah pedas adalah tahu gejrot.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana, yaitu mencampurkan kecap manis, air, gula jawa dan asam jawa. Kemudian kombinasi bumbu tersebut dijadikan cocolan atau disiram diatas irisan tahu goreng.

Hidangan ini mempunyai rasa yang manis dan segar, sehingga cocok menemani waktu bersantai bersama keluarga. Jika tertarik mencobanya, kamu dapat dengan mudah menemukannya di hotel berbintang maupun pinggir jalan.

4. Tahu susu lembang

5 Olahan Tahu Khas Jawa Barat, Rasanya Sulit Ditolak!tahu susu lembang (instagram.com/its_helen92)

Tahu susu lembang dibuat dari campuran susu sehingga mempunyai cita rasa yang lebih gurih dan pastinya lembut. Tak hanya lezat, camilan ini juga bergizi. Proses pembuatannya pun terbilang masih tradisional dan tanpa bahan pengawet.

Oleh sebab itu, sajian ini hanya mampu bertahan selama 7 hari bila disimpan di kulkas. Hidangan ini bisa menjadi oleh-oleh khas Jawa Barat dan biasanya menjadi buruan para wisatawan.

5. Tahu kuningan

5 Olahan Tahu Khas Jawa Barat, Rasanya Sulit Ditolak!tahu kuningan (instagram.com/baksotetelan_eatkuy)

Seperti namanya, tahu kuningan berasal dari kota Kuningan, Jawa Barat. Tahu ini unik karena berbeda dengan tahu biasanya. Jajanan ini cenderung mempunyai tekstur lebih padat dengan cita rasa gurih dan berukuran tidak terlalu besar.

Bagi yang gemar makanan pedas, bisa menyantapnya dengan cabai rawit mentah. Karena kepopulerannya, kamu bisa mendapatkannyadi seluruh kabupaten Kuningan. Salah satu lokasi yang terkenal adalah Tahu Kopeci yang terletak di Jalan Veteran, Kuningan, Jawa Barat.

Itulah beberapa olahan tahu khas Jawa Barat yang paling populer dan favorit. Mendengar namanya saja, sukses bikin ngiler!

Baca Juga: 9 Aneka Olahan Tempe Kekinian Paling Enak, yang Mana Favoritmu?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya