Comscore Tracker

5 Ragam Kue Manis Khas Yunani, Nikmatnya Mengundang Lapar!

Bikin tak berhenti mengunyah saking enaknya

Kue manis adalah salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang. Terdapat banyak alasan mengapa orang-orang banyak menyukainya, di antaranya karena kue manis dapat menjadi camilan, makanan penutup, atau bahkan menjadi suguhan diberbagai acara.

Yunani mempunyai pilihan kue manis yang dapat dinikmati sambil mengisi waktu sore dengan bersantai. Kue ini juga dapat disandingkan dengan teh manis.

Apa saja pilihan kue manis di negara ini? Berikut daftarnya.

1. Bougatsa

5 Ragam Kue Manis Khas Yunani, Nikmatnya Mengundang Lapar!bougatsa (instagram.com/xoriatiki_zimi)

Bougatsa merupakan kue manis yang terdiri dari phyllo pastry yang mempunyai lapisan yang berisi daging cincang, keju, atau puding semolina. Kue ini berhasil menjadi kue manis paling populer di Yunani.

Banyak orang yang menyajikannya sebagai menu pembuka atau makanan ringan yang dapat mengganjal lapar. Karena kepopulerannya, kue ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat makan, terutama toko kue atau kafe.

2. Galaktoboureko

5 Ragam Kue Manis Khas Yunani, Nikmatnya Mengundang Lapar!galaktoboureko (instagram.com/ildolcedialice)

Galaktoboureko merupakan makanan yang terdiri dari banyak lembaran phyllo. Kue ini lalu ditaburi dengan mentega cair dan ditambah dengan puding semolina yang menggugah selera.

Ketika mengalami proses pemanggangan lalu didinginkan dengan baik, kue ini secara tradisional disiram dengan sirup manis berbumbu jeruk. Pada saat proses ini berlangsung, lapisannya menyerap rasa dan mengubah galaktoboureko menjadi hidangan yang bertekstur lembut. Kue ini mudah ditemukan di toko kue dan kedai tradisional yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Baca Juga: 10 Ragam Appetizer yang Bisa Kamu Nikmati Saat di Yunani

3. Kalitsounia

5 Ragam Kue Manis Khas Yunani, Nikmatnya Mengundang Lapar!kalitsounia (instagram.com/cretangastronomy.gr)

Kalitsounia merupakan kue yang sering dijadikan sebagai camilan. Kue ini memiliki ukuran yang kecil dan mempunyai beragam ukuran yang berbeda. Selain manis, terkadang terdapat versi kue ini dengan rasa yang gurih.

Kue ini mengkombinasikan kue tidak beragi dan isian yang terdiri dari keju susu yang berasal dari sapi segar yang disebut mizithra.

Untuk yang versi manis, kue diperkaya dengan keju, kayu manis, dan kulit lemon. Kue ini dapat dinikmati sepanjang tahun dan sering dikonsumsi pada saat Paskah.

4. Loukoumades

5 Ragam Kue Manis Khas Yunani, Nikmatnya Mengundang Lapar!loukoumades (instagram.com/loukoumadesegy)

Loukoumades adalah kue manis yang tak hanya populer di Yunani, namun juga Turki, Siprus, dan Mesir. Kue manis ini umumnya dinikmati sebagai hidangan penutup.

Kue ini terbuat dari campuran tepung, gula, ragi, dan garam. Adonan tersebut lalu digoreng dan selanjutnya dimandikan dengan sirup atau madu.

Kue manis ini dianggap sebagai salah satu makanan penutup tertua yang tercatat dalam sejarah Yunani. Makanan ini sangat mudah ditemukan di banyak toko-toko yang tersebar di negara ini.

5. Diples

5 Ragam Kue Manis Khas Yunani, Nikmatnya Mengundang Lapar!diples (instagram.com/giorgos_tsoulis)

Diples adalah salah satu kue manis yang sering dihidangkan sebagai menu hidangan penutup. Makanan ini berupa lembaran kue tipis yang digulung, kemudian digoreng, dan disiram dengan sirup kental yang terbuat dari madu. Makanan ini bisa dibungkus menjadi beragam bentuk. 

Diples sering ditaburi dengan menggunakan kacang atau kayu manis. Kue ini paling difavoritkan oleh penduduk pulau Peloponnese. Mereka biasanya menyiapkan diples untuk acara-acara khusus.

Kue manis dapat menjadi makanan yang serbaguna dan cocok dijadikan suguhan di berbagai acara. Makanan ini juga dapat menjadi teman minum teh yang terbaik. Berminat mencobanya?

Baca Juga: 10 Ragam Olahan Pastry yang Wajib Kamu Cicipi di Yunani 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya