Comscore Tracker

5 Ragam Olahan Nasi Khas Tokyo-Jepang, Enaknya Kebangetan!

Tak hanya nikmat, namun juga cukup mengenyangkan

Jepang, khususnya Tokyo terkenal dengan olahan nasinya yang telah mendunia. Tak hanya sushi, makanan berbahan nasi khas Tokyo ada yang menggunakan toping daging dan telur di atasnya.

Berikut lima ragam makanan berbahan dasar nasi yang diolah dengan cita rasa khas Jepang yang menghasilkan hidangan dengan rasa yang super nikmat.

1. Chirashizushi

5 Ragam Olahan Nasi Khas Tokyo-Jepang, Enaknya Kebangetan!chirashizushi (instagram.com/eatingwithstephano)

Chirashizushi menjadi salah satu varian sushi paling umum yang disiapkan di rumah tangga Jepang. Hidangan ini terdiri dari semangkuk nasi sushi yang disempurnakan dengan beragam bahan yang berlapis di atasnya atau dicampur di dalam nasi.

Terdapat dua cara tradisional untuk mempersiapkan semangkuk chirashizushi. Yang pertama adalah gaya Tokyo klasik. Gaya ini mengombinasikan dengan sashimi ikan yang ditempatkan di atas nasi. Sedangkan yang kedua adalah gaya kansai, yang mengombinasikan dengan beragam bahan mentah atau matang yang dicampur ke dalam nasi.

2. Otoro nigiri sushi

5 Ragam Olahan Nasi Khas Tokyo-Jepang, Enaknya Kebangetan!otoro nigiri sushi (instagram.com/jythehungryronin)

Otoro nigiri sushi merupakan makanan yang dibuat dengan nasi sushi yang ditekan dengan tangan. Kemudian bagian atasnya diberi dengan irisan potongan lemak tuna. Potongan tuna yang berbeda diklasifikasikan sebagai otoro yang mempunyai arti berlemak, chutoro yang berarti berlemak sedang, dan akami yang merupakan daging merah.

Olahan nasi ini kaya rasa dan tekstur lumer di mulut yang membuatnya cukup mahal. Secara tradisional, makanan ini dimakan dengan tangan dalam sekali suap.

Untuk membuatnya makin nikmat, maka dapat dikombinasikan dengan kecap, wasabi, atau acar jahe di sampingnya.

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Kansai-Jepang yang Bikin Perut Keroncongan

3. Katsudon

5 Ragam Olahan Nasi Khas Tokyo-Jepang, Enaknya Kebangetan!katsudon (instagram.com/namiasianfood)

Katsudon merupakan olahan nasi yang dihidangkan dalam mangkuk dengan tambahan bahan-bahan yang direbus di atasnya.Topping yang digunakan dalam hidangan ini biasanya adalah daging babi yang digoreng. Kemudian disiram dengan kuah serta telur.

 

4. Oyakodon

5 Ragam Olahan Nasi Khas Tokyo-Jepang, Enaknya Kebangetan!oyakodon (instagram.com/8foodlab)

Bagi orang-orang yang menyukai kombinasi ayam dan telur, maka bisa mencoba oyakodon. Hidangan ini dibuat dengan semangkuk nasi putih yang di atasnya diberi ayam, telur, dan daun bawang cincang.

Cara pembuatannya yaitu telur setengah matang dituangkan di atas nasi. Kemudian nasi yang dimasak membantu telur menjadi matang.

Hidangan ini paling sering dijadikan menu untuk makan siang. Hal ini disebabkan karena proses pembuatannya yang mudah dan cepat. Makanan ini mudah ditemukan di restoran cepat saji atau juga dapat dibeli di banyak pedagang kaki lima.

5. Tendon

5 Ragam Olahan Nasi Khas Tokyo-Jepang, Enaknya Kebangetan!tendon (instagram.com/smashpop)

Tendon merupakan hidangan yang berupa kombinasi lezat antara tempura dan donburi. Makanan ini terdiri dari seafood atau sayuran yang digoreng dan ditumis di atas nasi yang baru saja dikukus. Bahan yang paling sering digunakan dalam hidangan ini adalah ebi atau udang.

Terkadang juga dapat menggunakan terong Jepang yang disebut nasu atau juga sayuran lain yang mencakup lobak daikon dan labu kabocha. Hidangan ini umumnya disiram dengan saus tempura gurih yang terbuat dari kaldu sup dashi dan campuran kecap, mirin, dan gula yang disebut kaeshi. 

Olahan nasi asal Tokyo ini sudah bikin ngiler dari tampilannya saja. Kamu tertarik mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya