Comscore Tracker

5 Ragam Roti Khas Republik Ceko yang Bikin Lapar Terus, Coba Yuk!

Nikmatnya langsung terasa ambyar di lidah

Setiap negara umumnya mempunyai makanan yang berupa roti. Hal ini disebabkan karena roti adalah makanan sederhana yang dapat dikombinasikan dengan beragam selai, keju, mentega, dan masih banyak lagi.

Kroasia mempunyai aneka ragam roti yang siap memanjakan lidah. Roti khas negara ini juga terkadang menjadi suguhan wajib pada acara-acara tertentu. Apa sajakah ragam rotinya? Berikut ulasannya.

1. Mazanec

5 Ragam Roti Khas Republik Ceko yang Bikin Lapar Terus, Coba Yuk!mazanec (instagram.com/laskavtroube)

Mazanec merupakan roti yang sering hadir pada saat perayaan Paskah. Roti manis ini dibuat dengan adonan seperti brioche yang terbuat dari kismis, kulit lemon, dan rum. Adonan lalu diubah menjadi roti bundar besar.

Sebelum mengalami proses pemanggangan, adonan terlebih dahulu ditaburi dengan menggunakan irisan almond. Sementara itu, di bagian atasnya umumnya diukir dengan simbol salib.

Roti ini telah ada sejak abad ke-15 dan secara tradisional disajikan pada saat Sabtu Suci. Roti ini juga dapat disantap sebagai makanan penutup atau kudapan manis.

2. Makový závin

5 Ragam Roti Khas Republik Ceko yang Bikin Lapar Terus, Coba Yuk!makový závin (instagram.com/smakounadlerproteiner)

Makový závin merupakan roti yang tak hanya populer di Republik Ceko, namun juga Polandia, Hongaria, Kroasia, Serbia, dan Slovakia. Makanan ini merupakan nama Polandia untuk biji poppy roll. Pasta biji ini diletakkan di antara lapisan adonan. Selain itu, dalam pembuatannya juga memerlukan kismis, almond, madu, dan kulit jeruk untuk memperkaya rasa. 

Roti ini mempunyai tampilan yang unik ketika dipotong, dengan adonan dan isian biji poppy yang berliku-liku membentuk spiral. Ketika dihidangkan, roti ini umumnya ditaburi dengan menggunakan gula halus. Makový závin biasanya dinikmati bersama teh atau kopi.

Baca Juga: 5 Destinasi di Karlovy Vary, Kota Unik dengan Sumber Air Panas di Ceko

3. Houska

5 Ragam Roti Khas Republik Ceko yang Bikin Lapar Terus, Coba Yuk!houska (instagram.com/dana.in.kitchen)

Houska merupakan roti gulung khas Ceko yang terkenal. Roti ini sederhana dan mempunyai ukuran yang kecil. Roti terbuat dari tepung terigu biasa, air, ragi, garam, dan terkadang juga ditambahkan dengan telur.

Sebelum mengalami proses pemanggangan, adonan umumnya dikepang dan dibentuk menjadi bentuk melingkar montok menyerupai simpul. Sementara itu, sisi atasnya ditaburi garam laut kasar dan biji jintan atau poppy.

Biasanya roti ini mempunyai warna yang terang dengan bagian luar yang renyah dan bagian tengah yang ringan dan lembut. Makanan ini sering dijadikan menu sarapan yang diberi beragam olesan manis dan gurih, mentega, atau selai jeruk.

4. Jidáše

5 Ragam Roti Khas Republik Ceko yang Bikin Lapar Terus, Coba Yuk!jidáše (instagram.com/laskavtroube)

Jidáše merupakan roti yang umumnya dihidangkan pada saat Paskah. Roti ini identik dengan bentuknya yang menyerupai gulungan tali atau jerat.

Jidáše terbuat dari tepung, mentega, kuning telur, krim, gula, madu, ragi, garam, kulit lemon, dan terkadang pala. Semua bahan dicampur dengan merata hingga membentuk adonan, lalu dipanggang. Setelah semua proses selesai, roti umumnya diolesi dengan glasir yang terbuat dari madu, mentega, dan jus lemon.

Biasanya jidáše dinikmati dalam keadaan dingin. 

5. Vánočka

5 Ragam Roti Khas Republik Ceko yang Bikin Lapar Terus, Coba Yuk!vánočka (instagram.com/veronicaleroy)

Vánočka merupakan roti yang umumnya wajib ada saat Natal. Roti ini mirip dengan brioche yang dikepang.

Vánočka umumnya diberi bumbu rum dan kulit lemon. Bahan seperti kismis dan almond juga sering ditambahkan. 

Nama roti ini berasal dari bahasa Ceko, "vánoce" yang berarti Natal. Selain itu, roti ini dikatakan melambangkan bayi Yesus yang terbaring di palungan dan dibungkus dengan kain strip.

Kelima roti khas Republik Ceko tersebut dapat dijadikan inspirasi menu baru yang lezat dan pastinya menggoyang lidah. Kalian tertarik mencoba yang mana?

Baca Juga: 6 Jenis Roti Lezat Asal Inggris, Ketagihan dari Sekali Coba!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya