Comscore Tracker

6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!

Sehat dan memanjakan lidah

Salah satu makanan yang menjadi andalan di negara Turki adalah salad. Negara ini mempunyai banyak salad yang sudah tak diragukan lagi dari segi rasanya.

Selain menyehatkan, sejumlah salad khas Turki ini masuk ke dalam jajaran salad paling populer di Asia, lho. Makanan ini juga dapat menjadi hidangan pembuka yang menggugah selera.

Berikut 6 ragam salad unik khas Turki yang menjadi appetizer enak dan bergizi. Kamu pernah coba?

1. Patlıcan salatası

6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!Patlıcan salatası (instagram.com/adventuresinturkishcooking)

Patlıcan salatası merupakan salad khas Turki yang menjadikan terong panggang sebagai bahan utama pembuatan salad. Tak hanya terong, salad ini juga membutuhkah bahan-bahan lain, seperti paprika merah, bawang bombai, tomat, jus lemon, minyak zaitun, dan bawang putih.

2. Piyaz

6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!Piyaz (instagram.com/vine.london)

Piyaz merupakan salad tradisional Turki yang mempunyai rasa yang khas yang memerlukan kacang kering, peterseli, bawang, dan sumac sebagai bahan pembuatannya. Di Antalya, salad ini mengandung saus yang kaya akan rasa dan yang bertekstur lembut yang terdiri dari tahini, jus lemon, dan cuka.

3. Semizotu salatası

6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!Semizotu salatası (instagram.com/cookingwithfunda)

Semizotu salatası merupakan salad yang cukup unik di Turki karena menggunakan krokot sebagai bahan utamanya. Krokot sendiri adalah tumbuhan liar yang mengandung asam lemak Omega-3 yang memiliki rasa asam dan sedikit asin serta mempunyai tekstur yang lengket di dalam daun hijaunya.

Baca Juga: 7 Salad Khas Yunani Ini Yummy Abis, Bikin Mulut Segar!

4. Çoban salatası

6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!Çoban salatası (instagram.com/pause_with_dee)

Çoban salatası mempunyai sebutan lain, yaitu shepherd's salad. Salad tradisional Turki ini cukup populer sehingga mudah ditemukan di seluruh penjuru negeri.

Hidangan ini makin populer saat musim panas tiba. Makanan sehat ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan, seperti tomat cincang, mentimun, bawang bombai, paprika hijau, jus lemon, minyak zaitun, dan peterseli.

5. Zeytin salatası

6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!Zeytin salatası (instagram.com/aslinin_tarif_defteri)

Zeytin salatası merupakan makanan tradisional Turki yang dibuat dengan memecahkan zaitun hijau Turki asli dalam mangkuk tembaga, satu per satu. Hidangan yang berasal dari Hatay ini kemudian dibumbui dengan minyak zaitun dan sirup delima.

Salad ini populer menjadi hidangan pembuka sebelum menyantap makanan utama. Salad ini juga bisa disajikan sebagai sarapan yang sehat.

6. Kısır

6 Ragam Salad Unik Khas Turki, Appetizer yang Enak dan Bergizi!Kısır (instagram.com/zeynomutfakk)

Kısır merupakan salad yang membutuhkan bahan-bahan, seperti andum bulgur tipis, tomat, mint, bawang putih, peterseli, dan jus lemon atau sirup delima asam dalam pembuatannya. Salad klasik ini juga sering ditambahkan serpihan cabai merah agar mempunyai rasa yang lebih pedas.

Turki mempunyai beragam salad yang menggugah selera. Hidangan tersebut tentu juga menjadi kebanggan negara satu ini. Kamu sendiri sudah pernah mencoba yang mana saja, nih?

Baca Juga: 5 Hidangan Salad Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya