Comscore Tracker

5 Sajian Korea yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Susah Dibedakan!

Meski sama-sama enak, kamu lebih suka mana? 

Mungkin di antara kalian ada yang jadi penggemar hidangan asal Korea Selatan. Selain banyak yang cocok dengan lidah orang Indonesia, ternyata beberapa di antaranya juga mirip dengan makanan Indonesia.

Sama-sama mempunyai rasa yang lezat, berikut ini adalah beberapa sajian khas Korea Selatan yang mempunyai kemiripan dengan hidangan khas Indonesia.

Kalau disuruh milih, kamu suka yang mana nih?

1. Mandu - siomay

5 Sajian Korea yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Susah Dibedakan!mandu (instagram.com/koreaagrafood)

Mandu merupakan jenis pangsit yang terbuat dari adonan tepung dan mempunyai isian daging yang telah diberi beragam bumbu. Saat ini, hidangan tersebut disajikan pada setiap musim dingin dan perayaan tahun baru Seollal.

Adonannya dibuat dengan cara dilipat supaya isiannya dapat terbungkus dengan rapi. Selain daging, makanan ini dapat pula berisi sayuran, jamur, atau tahu. 

2. Kimchijeon - bakwan

5 Sajian Korea yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Susah Dibedakan!kimchijeon (instagram.com/confessionsofalittlepiggy)

Pencinta kimchi mungkin sudah tak asing lagi dengan kimchijeon. Variasi dari jeon ini biasanya terbuat dari irisan kimchi, adonan tepung, dan bisa juga ditambahkan dengan beberapa sayuran lainnya.

Bagi yang gemar memakan daging, dapat pula ditambahkan dengan daging. Sajian ini umumnya dihidangkan sebagai makanan pembuka, makanan ringan atau makanan pendamping.

Hidangan ini sering dianggap sebagai hidangan rakyat kelas bawah dalam budaya Korea karena siapa pun dapat membuatnya dengan mudah di rumah tanpa mengeluarkan banyak dana.

Baca Juga: 5 Makanan Korea Olahan Bulgogi, Bisa Disulap Jadi Hidangan Lain! 

3. Ramyun - mi ayam

5 Sajian Korea yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Susah Dibedakan!ramyun (instagram.com/clairine_santoso)

Bagi penggemar mi, ramyun bisa menjadi varian mi instan yang tak akan pernah membosanka. Mi kuah ala Korea ini bisa terbuat dari mi basah atau mi instan dengan rasa yang pedas. Ramyun biasanya menjadi hidangan utama yang dinikmati dalam keadaan panas.

Di Korea Selatan, merek ramyun yang paling terkenal adalah Shin Ramyun. Proses pembuatannya terbilang sangat mudah. Banyak orang yang menikmatinya bersamaan dengan kimchi sebagai hidangan pendamping.

4. Namul - urap-urap

5 Sajian Korea yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Susah Dibedakan!namul (instagram.com/quericoloquepico)

Namul merupakan hidangan yang terbuat dari sayuran, di antaranya kecambah kedelai, sayuran paku muda, dan lainnya. Semua bahan lalu direbus hanya sebentar. Setelahnya diaduk dan diberi bumbu serta minyak wijen.

Untuk bumbunya dapat berupa garam dapur, kecap asin, atau gochujang.  Makanan yang baik untuk tubuh ini umumnya dihidangkan bersamaan dengan bibimbap untuk menjadi makanan pendamping seperti layaknya kimchi

5. Gochujang - sambal

5 Sajian Korea yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Susah Dibedakan!gochujang (instagram.com/marimogo.hq)

Gochujang merupakan pasta cabai untuk masakan Korea. Sajian ini menjadikan beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi sebagai bahan utamanya.

Biasanya banyak orang Korea Selatan yang membuatnya secara tradisional, yang mana fermentasi gochujang dilakukan di halaman rumah yang ditempatkan di dalam tempayan tembikar dengan ukuran yang besar.

Ciri khas dari makanan ini adalah rasanya yang pedas sedikit manis meskipun dengan warna yang sangat merah. Namun, semakin lama sajian ini difermentasi, konon rasa yang dihasilkan juga menjadi lebih pedas.

Walaupun memiliki kemiripan, namun dari segi rasa tentu tidak sama persis. Bagi yang penasaran, kamu bisa banget membuatnya di rumah dengan cara memesan bahan-bahannya di toko online. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Kering

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya