Comscore Tracker

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! 

Bisa bikin diet makin sukses

Spanyol adalah salah satu negara yang tak hanya terkenal dengan berbagai kota cantiknya, namun juga hidangan-hidangannya yang lezat dan sukses menggoyang lidah. Banyak sajian yang bisa dinikmati, mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, hingga dessert yang identik dengan rasa yang manis.

Salah satu makanan yang cukup mencuri perhatian adalah salad asal negara ini yang unik dengan rasa yang khas. Selain menyehatkan, salad ini juga terkenal memiliki rasa yang nikmat sehingga membuat banyak wisatawan ketagihan.

Berikut tujuh sajian salad khas Spanyol dengan cita rasa autentik, menyehatkan!

1. Asadillo Manchego 

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! asadillo manchego (Instagram.com/thetalentedeater)

Asadillo manchego merupakan hidangan yang terlihat cukup sederhana namun mampu membuat siapapun ketagihan dengan rasanya yang unik dan lezat. Salad ini berasal dari La Mancha yang dibuat dari bahan-bahan seperti paprika panggang dan tomat, bawang putih, jinten, dan minyak zaitun.

Cara pembuatannya yaitu paprika sangrai dikupas dan dibiarkan hingga benar-benar dingin, sedangkan tomat sangrai ditiriskan, dikupas, dan dihancurkan untuk membuat saus sederhana. Kemudian paprika tersebut dicampur dengan saus, yang selanjutnya dibumbui dengan garam dan dikombinasikan dengan bawang putih tumbuk, jintan, dan minyak zaitun.

Umumnya, cara penyajiannya adalah berdampinga dengan beberapa potong roti.

2. Esgarrat 

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! esgarrat (Instagram.com/tomando_te_me_duermo)

Esgarrat merupakan makanan khas Spanyol yang berasal dari Valencia. Bahan-bahan pembuatannya adalah paprika merah, ikan cod, bawang putih, minyak zaitun, dan garam. Makanan ini umumnya disajikan sebagai makanan pembuka. 

Cara pembuatannya yaitu memanggang paprika dan ikan cod di atas panggangan. Selanjutnya kulit paprika dikupas dan dipotong menjadi irisan yang tidak teratur dengan tangan.

Selanjutnya ikan kod juga dipotong-potong, lalu diletakkan di atas paprika. Untuk menambah cita rasa agar semakin lezat, makanan ini dibumbui dengan bawang putih, garam, dan banyak minyak zaitun.

3. Remojón 

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! remojón (Instagram.com/alexraij)

Remojón merupakan salad khas Spanyol yang berasal dari Granada. Salad lezat ini membutuhkan bahan-bahan seperti jeruk, ikan cod garam, paprika merah, daun bawang, bawang putih, minyak zaitun, zaitun, dan anggur atau cuka sherry. Ikan cod sendiri bisa digantikan dengan tuna dan ikan teri.

Cara membuatnya yaitu ikan cod garam dipanggang dan diparut menjadi serpihan, kemudian diaduk dengan bahan-bahan irisan jeruk, daun bawang cincang, bawang putih tumbuk, dan cuka. Setelah selesai, selanjutnya salad ditambahkan dengan zaitun dan minyak.

Yang unik, salad ini seringkali dihidangkan dengan daun selada yang berfungsi sebagai sendok.

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Spanyol dengan Kualitas Premium, Tekstur Bervariasi!

4. Trempó 

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! trempó (Instagram.com/santaclarahotelpalma)

Trempó umumnya dihidangkan saat musim panas tiba. Salad yang berasal dari Mallorca ini memerlukan bahan-bahan seperti tomat, bawang, dan paprika hijau Mallorcan. Cara pembuatannya yaitu, sayuran dicincang, disiram dengan minyak zaitun, dan hanya dibumbui dengan garam. 

Umumnya, salad ini dihidangkan berdampingan dengan roti.

5. Pipirrana 

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! pipirrana (Instagram.com/exquisitobanoffee)

Pipirrana merupakan salad yang berasal dari Andalusia, namun salad ini memiliki variasi yang cukup beragam, sehingga setiap provinsi mempunyai cara pembuatan dan bahan yang berbeda. Terdapat salah satu versi yang lebih tradisional yang pembuatannya dibuat dari mentimun, bawang bombay, paprika hijau, dan tomat.

Salad ini biasanya disajikan saat musim panas yang bisa membuat badan seketika segar saat menyantapnya. Salad ini umumnya dilapisi dengan minyak zaitun, dan cuka, serta irisan roti yang sering digunakan sebagai pelengkap yang direndam di dalamnya. Untuk menambah kekayaan rasa, salad ini juga bisa ditambahkan tuna dan zaitun.

6. Xató 

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! xató (Instagram.com/thesoulfooding)

Xato merupakan salad yang berasal dari Catalonia yang terbuat dari daun endif, ikan teri, zaitun Arbequina, cod garam, dan tuna. Yang terasa menarik, salad khas Spanyol ini dibalut dengan saus eponim yang terdiri dari remah roti, bawang putih, hazelnut, almond, cuka, minyak zaitun, garam, dan paprika nyora kering.

7. Ensalada Murciana 

7 Sajian Salad Khas Spanyol dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan! ensalada murciana (Instagram.com/miguelanlatorre)

Ensalada murciana merupakan salad yang membutuhkan bahan-bahan seperti tomat, bawang, tuna atau cod, telur rebus, dan zaitun cuquillo hitam untuk pembuatannya. Cara pembuatan salad yang berasal dari Murcia ini adalah dengan memotong tomat menjadi bentuk kecil-kecil, seperti kebanyakan bahan yang digunakan dalam salad. Kemudian salad ditaburi minyak zaitun dan dibumbui dengan sedikit garam.

Ketika musim panas tiba, salad ini akan dihidangkan dalam keadaan dingin, namun saat musim dingin, salad akan disajikan dalam suhu ruangan.

Spanyol mempunyai banyak menu salad yang bisa dihidangkan. Salad ini tentu sangat menyehatkan dan juga mempunyai cita rasa yang khas. Salad yang mana nih yang sudah membuat kalian ngiler?

Baca Juga: 7 Taman Nasional di Spanyol yang Memukau dan Wajib Dikunjungi

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya