Comscore Tracker

5 Sandwich Khas Denmark yang Menggugah Selera, Unik dan Lezat!

Menggoyang lidah 

Denmark mempunyai banyak varian sandwich yang terkenal akan kelezatannya. Tak hanya lezat, sandwich ini juga selalu melibatkan sayuran sebagai bahan-bahannya. Terkadang juga terdapat sandwich yang memakai isian ikan bernutrisi tinggi. 

Sandwich ini merupakan menu yang simpel, praktis, dan tetap nikmat, sehingga membuatnya menjadi makanan favorit banyak warga Denmark.

Berikut 5 sandwich khas Denmark yang menggugah selera. Unik dan lezat, ada yang pernah kamu coba?

1. Stjerneskud

5 Sandwich Khas Denmark yang Menggugah Selera, Unik dan Lezat!stjerneskud (instagram.com/annielanglo)

Stjerneskud jika diterjemahkan mempunyai arti sebagai bintang jatuh. Sandwich ini merupakan salah satu varietas smørrebrød paling terkenal di Denmark.

Dalam pembuatannya, sandwich ini memerlukan bahan makanan laut, seperti ikan fillet goreng, udang, kaviar, dan salmon yang ditata dengan hati-hati di atas irisan roti mentega.

Sandwich ini menjadi populer di abad ke-19. Sekarang, menu ini dinikmati sebagai makan siang yang sehat dan bergizi.

2. Fiskefilet med remoulade

5 Sandwich Khas Denmark yang Menggugah Selera, Unik dan Lezat!fiskefilet med remoulade (instagram.com/yanneyanna)

Fiskefilet med remoulade merupakan sandwich yang pembuatannya memerlukan fillet ikan yang dilapisi dengan menggunakan tepung roti dan digoreng.

Selanjutnya, daging ikan tadi ditempatkan di atas sepotong roti gandum hitam atau rugbrød dengan tambahan daun selada. Ikan dalam sandwich ini bisa menggunakan jenis plaice, cod, flounder, sole, atau ikan putih apa pun.

Untuk cita rasa yang semakin mantap, maka sandwich akan diberi saus remoulade dan irisan lemon atau irisan yang dapat diperas untuk keasaman ekstra.

Baca Juga: 5 Sandwich Khas Kuba yang Bikin Ketagihan Sekali Coba!

3. Sol over gudhjem

5 Sandwich Khas Denmark yang Menggugah Selera, Unik dan Lezat!Sol over gudhjem (instagram.com/kantinesf)

Sol over gudhjem merupakan variasi dari smørrebrød Denmark yang terkenal dan mudah temukan di tempat-tempat makan di negara tersebut.

Cara penyajiannya, yaitu dengan roti gandum hitam mentega yang biasanya diberi topping menggunakan herring asap atau diasinkan. Selain itu lobak, daun bawang, cincin bawang, dan kuning telur mentah yang melambangkan matahari pun dijadikan bahan lainnya.

Dari tampilannya saja sudah menggugah selera. Sandwich lezat ini harus selalu disiapkan dan disajikan segar. 

4. Dyrlægens natmad

5 Sandwich Khas Denmark yang Menggugah Selera, Unik dan Lezat!dyrlægens natmad (instagram.com/oscarsmoster)

Dyrlægens natmad dapat diterjemahkan sebagai camilan tengah malam dokter hewan. Sandwich ini merupakan variasi populer dari smørrebrød Denmark. Secara tradisional, sandwich ini dapat ditambahkan dengan irisan bawang merah, kecambah, dan taburan peterseli atau dill.

5. Flæskestegssandwich

5 Sandwich Khas Denmark yang Menggugah Selera, Unik dan Lezat!flæskestegssandwich (instagram.com/camillemaja)

Flæskestegssandwich merupakan sandwich yang terdiri dari roti yang diisi dengan flæskesteg atau babi panggang tradisional dengan kulit yang renyah yang diiris tipis.

Agar tetap sehat, maka sandwich ini biasanya dilengkapi dengan kubis merah rebus dan acar. Untuk menambah kelezatan pada sandwich, maka juga ditambahkan dengan mustard, saus tomat, atau mayones. 

Sandwich menjadi alternatif hidangan yang simpel dan praktis. Selain itu, menu satu ini juga lezat dan bergizi. 

Baca Juga: 8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Barat

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya