Comscore Tracker

6 Sup Manis Khas Skandinavia yang Rasanya 'Ambyar' di Mulut!

Bikin lidahmu tergelitik pengen mencoba #IDNTimesFood

Sup mungkin bagi sebagian orang merupakan hidangan yang wajib disantap pada musim-musim tertentu. Khususnya di negara-negara Skandinavia, seperti Islandia, Swedia, Finlandia, Denmark, dan Norwegia yang terkenal sangat dingin saat musimnya tiba. Oleh karena itu, penduduk di negara-negara tersebut memerlukan hidangan yang berupa sup untuk menghangatkan tubuh.

Tapi ternyata sup ini tak hanya cocok jadi sajian di momen winter, lho. Sebab, sup khas negara Skandinavia punya banyak variasi. Di antaranya, bisa dinikmati sebagai kuliner dingin di kala panas terik.

Berikut enam sup manis khas Skandinavia yang akan menggelitik lidahmu!

1. Nyponsoppa 

6 Sup Manis Khas Skandinavia yang Rasanya 'Ambyar' di Mulut!nyponsoppa (Instagram.com/foraged.by.fern)

Nyponsoppa merupakan sup sederhana asal Swedia yang menggunakan mawar sebagai bahan utamanya. Sup ini paling baik disiapkan dengan buah mawar segar yang dimasak dan dihaluskan bersama gula dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh.

Sup ini dapat dinikmati hangat atau dingin. Sup ini bisa dihidangkan sebagai makanan pembuka dengan sedikit ditambahkan kemanisannya atau makanan penutup yang lembut.

2. Koldskål 

6 Sup Manis Khas Skandinavia yang Rasanya 'Ambyar' di Mulut!koldskål (Instagram.com/amandabugge)

Koldskål merupakan makanan penutup buttermilk Denmark yang populer. Sup manis ini juga kadang-kadang dinikmati sebagai minuman krim. Hidangan ini menggabungkan buttermilk dengan yogurt, gula, jus lemon, esens vanila, dan telur.

Sup ini selalu dihidangkan dalam keadaan dingin. Sup juga terutama dinikmati sebagai suguhan musim panas yang menyegarkan mulut.

Baca Juga: 5 Hidangan dengan Acar Mentimun yang Bikin Sajian Terasa Makin Segar

3. Fruktsoppa 

6 Sup Manis Khas Skandinavia yang Rasanya 'Ambyar' di Mulut!fruktsoppa (Instagram.com/sannastankar)

Fruktsoppa merupakan sup buah manis yang secara tradisional disiapkan selama liburan dan untuk berbagai perayaan di Swedia. Sup ini juga sering dihidangkan pada saat prasmanan Natal di Swedia. Hidangan ini mirip dengan kolak buah yang terdiri dari kombinasi buah-buahan kering. Buah tersebut bisa menggunakan plum, aprikot, dan kismis, irisan apel asam, irisan lemon, air, kayu manis, tapioka, dan gula.

Setelah matang, sup dituangkan ke dalam mangkuk dan biasanya disajikan dingin. Namun juga bisa disajikan hangat, pada suhu kamar, atau dibekukan, tergantung pada musim. 

4. Blåbärssoppa

6 Sup Manis Khas Skandinavia yang Rasanya 'Ambyar' di Mulut!blåbärssoppa (Instagram.com/jankes.seelenschmaus)

Blåbärssoppa merupakan sup yang biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut. Makanan ini disiapkan dengan kombinasi bilberry segar atau blueberry, tepung jagung, gula, dan air.

Sup juga dapat dihidangkan dalam keadaan panas atau dingin, tergantung musim. Sup juga sering dianggap sebagai obat kesehatan.

5. Trondheimssodd 

6 Sup Manis Khas Skandinavia yang Rasanya 'Ambyar' di Mulut!trondheimssodd (Instagram.com/dicedanddished)

Trondheimssodd merupakan sup manis tradisional Norwegia yang berasal dari wilayah Trondheim. Sup ini umumnya terbuat dari kombinasi air, gula, garam, tepung, kayu manis, krim kocok, kismis, dan nasi. Cara memasakknya yaitu, beras, kismis, dan kayu manis dimasukkan ke dalam air dan direbus sampai nasi benar-benar matang.

Kemudian, bahan-bahan tersebut ditambahkan ke panci bersamaan dengan tepung yang diaduk ke dalam krim. Sup direbus selama beberapa menit sampai mengental. Selanjutnya, sup dimaniskan dengan gula dan dibumbui dengan beberapa butir garam sebelum siap dihidangkan.

6. Sot Suppe 

6 Sup Manis Khas Skandinavia yang Rasanya 'Ambyar' di Mulut!sot suppe (Instagram.com/langtnordliv)

Sot suppe merupakan sup yang mempunyai rasa manis yang berasal dari Norwegia. Sup lezat ini terbuat dari kombinasi buah-buahan kering, rempah-rempah, dan tapioka mutiara. Bahan pembuatannya yaitu, plum, kismis, dan campuran buah kering dicampur dengan gula, air atau jus apel, tapioka, kayu manis, kulit lemon, jus jeruk, dan jus lemon.

Kombinasi tersebut direbus perlahan sampai tapioka menjadi bening dan tekstur buahnya lembut. Setelah proses selesai, sup manis dapat disajikan panas atau dingin. Sup bisa ditambahkan dengan krim kental, keju cottage, atau yogurt untuk menambah rasa. 

Keenam asal negara Skandinavia ini bisa dihidangkan dalam keadaan dingin atau hangat. Bagaimana, setelah membaca ada yang ingin kamu coba?

Baca Juga: 5 Ragam Roti Alpukat yang Bikin Hidangan Makin Sedap

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya