Comscore Tracker

5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!

Bisa jadi referensi menu hidangan yang sehat di rumah!

Mungkin banyak orang yang tak menyukai sayuran karena berpikir bahwa makanan tersebut tidak terlalu lezat. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa Italia ternyata mempunyai sup sayur yang terkenal akan kelezatannya?

Sup sayur tersebut tak hanya menggoyang lidah, namun sudah pasti baik untuk tubuh. Berikut lima sup sayur lezat khas Italia, makan sayur jadi gak bosan!

1. Pasta e Ceci

5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!pasta e ceci (Instagram.com/pigletsinwiglets)

Pasta e ceci merupakan sup bertekstur kental yang menggunakan pasta dan buncis sebagai bahan utamanya. Semua jenis pasta dapat digunakan dalam sup. Makanan ini umumnya disiapkan dengan soffrito bawang dan seledri yang direbus dalam kaldu buncis, sementara pasta ditambahkan selanjutnya.

Menu klasik yang menenangkan ini secara tradisional dihidangkan pada hari Jumat di seluruh Italia.

2. Vellutata di Zucca

5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!vellutata di zucca (Instagram.com/agriturismopoderepeciano)

Vellutata di zucca merupakan sup labu yang umumnya terbuat dari kombinasi labu cincang dan kupas, kentang, kaldu sayuran, dan minyak zaitun. Bahan-bahan tersebut dimasak hingga empuk, lalu diblender hingga kuah menjadi lembut seperti beludru.

Sup bisa diperkaya dengan sedikit krim, dan hanya dibumbui dengan sedikit garam dan merica. 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!

3. Minestra di Ceci

5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!minestra di ceci (Instagram.com/g.real18)

Minestra di ceci merupakan sup yang menjadikan buncis sebagai bahan utamanya. Sup yang menenangkan ini terbuat dari buncis yang umumnya  dikombinasikan dengan bahan-bahan seperti daging, ikan, dan berbagai sayuran.

Ciri khas menu ini adalah teksturnya yang padat dan rasa kuat yang terkonsentrasi di kaldu, yang dicapai dengan penambahan bawang putih, rosemary, dan minyak zaitun. 

4. Fagiolata

5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!fagiolata (Instagram.com/da_zia_rosetta)

Fagiolata merupakan sup kental yang dibuat dengan berbagai jenis kacang, yang masing-masing berkontribusi pada rasa dan tekstur akhir hidangan. Sup ini terbuat dari kacang merah, kacang hitam, borlotti, dan cannellini yang direbus perlahan. Sup kemudian dibumbui dengan garam, merica, dan minyak zaitun.

Saat ini, sup dihidangkan dengan roti panggang. Hal tersebut membuat sup akan merendam roti, sehingga membuatnya lezat dan lembut.

5. Carabaccia

5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!carabaccia (Instagram.com/elisabettapend)

Carabaccia merupakan sup bawang yang berasal dari wilayah Tuscany. Sup ini terdiri dari bawang merah yang diiris tipis, kacang almond untuk pengental, kayu manis, garam, merica, dan minyak zaitun. Kemudian dikombinasikan dengan roti panggang, kaldu sayuran, keju parut seperti pecorino atau parmigiano-reggiano, cuka anggur.

Madu atau gula juga ditambahkan untuk mengeluarkan rasa manis dan asamnya. Terkadang juga diletakkan telur goreng atau rebus di atasnya.

Sup sayur khas Italia ini tentu akan membuat menu sayuran di rumah menjadi lebih bewarna. Selain menyehatkan, sup ini juga lezat.

Baca Juga: 6 Sup Manis asal Asia Tenggara yang Rasanya Ambyar di Mulut!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya