Comscore Tracker

5 Sajian Populer dari Estonia yang Menarik untuk Dicoba

Jangan sampai dilewatkan jika kamu berkunjung ke Estonia

Estonia adalah negara di kawasan Eropa Utara yang berbatasan dengan Teluk Finlandia, Laut Baltik, Latvia, Teluk Riga, Danau Peipus, dan Rusia. Meskipun tidak tersohor seperti negara Eropa lainnya, tapi pesona Estonia tidak dapat dianggap enteng.

Salah satu kekayaan Estonia terletak pada referensi kuliner yang serba lezat. Mulai dari makanan utama hingga dessert, Estonia punya pilihan kuliner beragam. Apa saja, sih, sajian populer dari Estonia? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Leivasupp

5 Sajian Populer dari Estonia yang Menarik untuk Dicobaleivasupp (instagram.com/tervisejuht.ee)

Bicara kuliner Estonia, tentu saja tidak bisa melupakan sajian ini. Leivasupp, suatu sup dengan bahan dasar roti yang manis, bertekstur creamy dan kental. Makanan ini sangat populer di Estonia, bahkan menjadi menu makan siang di berbagai sekolah.

Roti direndam dan dibuat mashed, lalu ditambah bahan lain seperti gula, jus buah, kayu manis, dan raisin. Biasanya, leivasupp dihidangkan dengan rye bread, susu, buah segar, dan kacang-kacangan. Leivasupp dapat disajikan hangat atau dingin.

2. Rosolje

5 Sajian Populer dari Estonia yang Menarik untuk Dicobarosolje, salad khas Estonia dengan warna fuchsia (instagram.com/naminamiretseptikogu)

Rosolje adalah salad yang disajikan dingin dan menjadi makanan pendamping wajib bagi orang-orang Estonia. Warna fuchsia khas rosolje berasal dari bit yang dikombinasi dengan kentang serta acar herring, dicampur dressing yang creamy dan menyegarkan.

Bagi yang suka modifikasi, rosolje bisa ditambahkan acar, bawang, telur rebus, daging asap, atau apel. Rasanya yang kaya sangat cocok untuk disantap bersama sajian sosis atau daging.

Baca Juga: 10 Restoran Seafood Terbaik di Tallinn-Estonia Versi TripAdvisor

3. Kohupiimakreem

5 Sajian Populer dari Estonia yang Menarik untuk DicobaKohupiimakreem, dessert dingin khas Estonia (instagram.com/siljaluide)

Bagi pecinta dessert dingin dan menyegarkan, Kohupiimakreem dari Estonia bisa dijadikan referensi kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Dessert yang bisa ditemukan sebagai street food ini sangat populer di Estonia.

Kohupiimakreem adalah kombinasi antara krim yang terbuat dari curd cheese dengan gula, vanila, dan whipped cream. Supaya rasanya lebih nikmat, kohupiimakreem diberi buah beri segar atau raisin sebelum dihidangkan.

4. Kiluvõileib

5 Sajian Populer dari Estonia yang Menarik untuk Dicobakiluvõileib, sandwich khas Estonia (instagram.com/rumi_to_pon)

Estonia juga memiliki sandwich khas yang disebut dengan kiluvõileib atau estonian sprat sandwich. Bahannya terdiri dari potongan rye bread yang diolesi dengan mentega atau munavoi, yaitu olesan dari bahan telur dan mentega. Di atas olesan diberi fillet ikan sprat yang telah dimarinasi, telur rebus, daun bawang, dan herbs segar.

Rasanya kaya, campuran antara gurih dari olesan dan ikan sprat, serta segar dari topping, membuat kiluvõileib disukai banyak orang. Biasanya, kiluvõileib lebih banyak dinikmati pada saat perayaan tertentu.

5. Pirukas

5 Sajian Populer dari Estonia yang Menarik untuk DicobaPirukas, jajanan khas Estonia (instagram.com/naminamiretseptikogu)

Pirukas adalah jajanan khas Estonia yang cukup populer. Bahan dasar pirukas adalah adonan dengan bentuk kantong yang diisi berbagai bahan isian seperti daging, kol, wortel, dan jamur.

Ada tiga jenis pirukas yang dapat dipilih sesuai selera, yaitu plaadipirukad, küpsetatud, dan praetud. Plaadipirukad adalah pirukas berukuran besar yang dipanggang dan diisi dengan kol, wortel, dan daging. Küpsetatud dan praetud adalah pirukas kecil dengan pilihan isian sayur atau daging.

Estonia memiliki kekayaan kuliner yang banyak dan semuanya tampak lezat. Jangan lupa, jika ada kesempatan untuk mengunjungi Estonia, sempatkan juga mencicipi berbagai kelima sajian populer khas Estonia di atas.

Baca Juga: 5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya