Comscore Tracker

Tidak Hanya Apfelstrudel, Ini 5 Dessert Terkenal dari Austria

Austria dikenal sebagai surganya dessert lho!

Austria memiliki banyak ragam kuliner yang memanjakan lidah. Salah satu yang paling terkenal hingga ke seluruh dunia adalah Apfelstrudel.

Namun, sebenarnya dessert menarik dari Austria bukan hanya itu saja. Masih banyak dessert lain yang juga harus kamu coba agar tidak menyesal karena melewatkan kelezatannya.

Apa saja sih dessert terkenal dari Austria? Yuk cek daftarnya di bawah ini!

1. Sachertorte

Tidak Hanya Apfelstrudel, Ini 5 Dessert Terkenal dari AustriaSachertorte, kue cokelat khas Austria (instagram.com/dutchess_nl)

Sachertorte adalah kue cokelat populer dari Austria. Diciptakan pada tahun 1832 oleh Franz Sacher, versi asli kue ini hanya dapat dijumpai di Hotel Sacher.

Elemen sachertorte terdiri dari sponge cake berlapis yang dilapis tipis dengan selai apricot kualitas tinggi, serta diberi topping berupa icing coklat. Sachertorte disajikan dengan unsweetened whipped cream sebagai pelengkap.

 

2. Mozartkugel

Tidak Hanya Apfelstrudel, Ini 5 Dessert Terkenal dari AustriaMozartkugel, dessert khas Austria (instagram.com/originalmozartkugel)

Mozartkugel adalah oleh-oleh khas dari Salzburg, Austria. Paul Fürst adalah tokoh yang menciptakan makanan ini pada tahun 1890 untuk menghormati Wolfgang Mozart. Mozartkugel pertama yang dibuat oleh Fürst memiliki rasa pistachio.

Karena Fürst tidak mematenkan mozartkugel, akhirnya muncul produk serupa di pasaran. Namun, produk mozartkugel asli karya Fürst ini hanya yang dibungkus dengan menggunakan silver foil.

 

Baca Juga: 5 Ragam Pastry Khas Austria yang Siap Manjakan Lidahmu, Rasanya Lezat!

3. Apfelstrudel

Tidak Hanya Apfelstrudel, Ini 5 Dessert Terkenal dari AustriaApfelstrudel, dessert khas Austria yang sudah mendunia (instagram.com/cirasveggies)

Apfelstrudel atau apple strudel adalah dessert khas Austria yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak ditemukan toko kue yang menjual dessert ini.

Apfelstrudel dibuat dari lapisan adonan tipis yang diisi dengan isian apel dengan rasa manis yang lezat. Terkadang isian apel juga ditambahkan dengan raisin, kayu manis, rum, dan kacang almond atau walnut.

 

4. Krapfen

Tidak Hanya Apfelstrudel, Ini 5 Dessert Terkenal dari AustriaKrapfen, dessert khas Austria (instagram.com/nelcassettodellacucina)

Krapfen adalah dessert yang diduga menjadi donat versi Eropa pertama yang muncul. Krapfen terbuat dari adonan yang digoreng hingga warna keemasan sehingga teksturnya bisa kering di bagian luar dan lembut di bagian dalam.

Krapfen bisa dibuat versi polos atau dengan isian selai, vanila, atau chocolate custards. Baik versi polos maupun isian, krapfen biasanya selalu diberi taburan gula halus atau coklat.

 

5. Linzer Augen

Tidak Hanya Apfelstrudel, Ini 5 Dessert Terkenal dari AustriaLinzer Augen, dessert khas Austria (instagram.com/exp.cook)

Linzer augen adalah dessert khas Austria dan memiliki ukuran lebih kecil dari dessert serupa yang disebut Linzer Torte. Biasanya, linzer augen dinikmati saat perayaan Natal.

Linzer augen terbuat dari dua kue kering yang direkatkan dengan selai redcurrant. Kue kering yang digunakan umumnya berbentuk bulat, di mana salah satunya berlubang di tengah. Sebelum disajikan, linzer augen diberi taburan gula halus.

Wah, dessert dari Austria ternyata banyak yang menarik, ya! Jangan lupa, kalau ada waktu untuk berkunjung ke sana, sempatkan mencicipi dessert tersebut.

 

Baca Juga: 10 Varian Cake Khas Austria, Cocok untuk Teman Minum Kopi

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya