Comscore Tracker

5 Kuliner Khas yang Bisa Kamu Coba saat Berkunjung ke Kirgiztan

Seperti apa ya rasanya kuliner di sana?

Kirgiztan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Negara yang beribu kota di Bishkek ini berbatasan dengan Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan, dan China.

Meskipun bukan negara yang banyak didatangi wisatawan, tetapi  Kirgiztan menyimpan keunikan tersendiri, salah satunya adalah kulinernya. Cita rasa kuliner negara  Kirgiztan banyak mendapat pengaruh dari Uzbekistan, China, Korea, bahkan Rusia.

Penasaran kuliner apa saja yang bisa kamu temukan di Kirgiztan? Yuk simak informasi berikut!

1. Kymyz

5 Kuliner Khas yang Bisa Kamu Coba saat Berkunjung ke Kirgiztanilustrasi Kymyz khas Kyrgyzstan (destinationkarakol.com)

Kymyz adalah minuman nasional  Kirgiztan. Bahan utama pembuatan kymyz adalah susu kuda yang diproses dengan cara fermentasi.

Zaman dahulu, kymyz hanya dapat ditemui di daerah pegunungan. Namun, saat ini sudah banyak kymyz yang dikemas dalam botol dan lebih modern bisa dibeli di supermarket di Bishkek, ibu kota  Kirgiztan. Kira-kira, bagaimana rasanya ya?

2. Beshbarmak

5 Kuliner Khas yang Bisa Kamu Coba saat Berkunjung ke Kirgiztanilustrasi Beshbarmak khas Kyrgyzstan (destinationkarakol.com)

Beshbarmak adalah hidangan nasional  Kirgiztan yang juga sekaligus diakui sebagai hidangan nasional Kazakhstan. Beshbarmak memiliki terjemahan ‘lima jari’ karena cara menikmati hidangan ini adalah tanpa menggunakan alat makan alias langsung dengan tangan.

Resep asli Beshbarmak terbuat dari daging kuda, tetapi sekarang sudah banyak dimodifikasi sehingga bisa diganti dengan daging kambing. Bahan daging tersebut dimasak hingga menghasilkan kaldu, lalu dituang di atas mie.

Hidangan ini umumnya ditemukan di daerah pegunungan, tetapi juga dapat dinikmati di beberapa restoran di daerah Karakol.

Baca Juga: 6 Street Food Paling Populer di Pakistan, Jajanan Nikmat dan Lezat!

3. Oromo

5 Kuliner Khas yang Bisa Kamu Coba saat Berkunjung ke Kirgiztanilustrasi hidangan Oromo dari Kyrgyzstan (destinationkarakol.com)

Oromo adalah makanan tradisional  Kirgiztan yang terbuat dari lapisan adonan yang diisi sayur atau daging sesuai selera. Sayuran yang digunakan biasanya berupa wortel dan kubis.

Setelah disusun berlapis, adonan digulung menjadi bentuk roulette lalu dimasak dengan alat khusus. Oromo biasanya disajikan dengan kaymak, sejenis krim asam. Tertarik mencoba?

4. Ashlyan-fu

5 Kuliner Khas yang Bisa Kamu Coba saat Berkunjung ke Kirgiztanilustrasi hidangan Ashlyan-Fu khas Karakol, Kyrgyzstan (landlopers.com/Matt Long)

Ashlyan-Fu adalah sejenis sup yang berasal dari Dungan, sebuah komunitas China muslim yang hidup di daerah Karakol, Kirgiztan. Sup ini terdiri dari dua macam mie yang terbuat dari beras dan gandum, dicampur dengan saus cabai dan cuka, lalu ditambah dengan potongan herbs. Ashlyan-Fu memiliki cita rasa yang pedas dan segar.

Hidangan ashlyan-fu biasanya dinikmati bersama dengan piroshky, sejenis roti goreng yang berisi kentang. Piroshky dapat menyeimbangkan rasa ashlyan-fu.

5. Kuurdak

5 Kuliner Khas yang Bisa Kamu Coba saat Berkunjung ke Kirgiztanilustrasi hidangan Kuurdak dari Kyrgyzstan (destinationkarakol.com)

Kuurdak adalah salah satu makanan khas tertua dari  Kirgiztan. Kuurdak terbuat dari daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kuda, atau daging unggas yang dimarinasi, lalu digoreng atau dipanggang dan dicampur dengan kentang, bawang, serta berbagai bumbu lainnya.

Kuurdak bisa dinikmati sepanjang tahun, tetapi orang Kirgiztan biasa menyantap makanan ini saat musim dingin. Bahan kuurdak yang terbuat dari daging dapat menghangatkan tubuh.

Itulah 5 kuliner yang patut kamu coba jika suatu saat berkunjung ke  Kirgiztan. Semoga bumi segera membaik dan bisa mulai berpetualang lagi!

Baca Juga: 10 Fakta Negara Tajikistan, Ada Manusia Salju Yeti yang Melegenda 

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya